Sukses

Wiranto: Hanura Akan Bergerak Bersama TemanAhok Mengumpulkan KTP

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto optimistis relawan pendukung Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam TemanAhok berhasil mengumpulkan dukungan 1 juta kartu tanda penduduk (KTP). Jumlah itu diperlukan sebagai syarat bagi calon independen untuk maju dalam Pilkada DKI 2017.

"Kalau tidak yakin kita tidak dukung," kata Wiranto dalam deklarasi dukungan Hanura bagi Ahok di Kantor DPP Hanura, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2016).

Dia menegaskan, Hanura tidak peduli dengan istilah calon independen atau bukan. Hanura juga tidak mempersoalkan apakah akan disebut sebagai partai pengusung atau pendukung.

"Kami tidak peduli itu. Yang penting marilah bersama-sama mendukung calon yang sudah diorientasikan mampu memimpin Jakarta," Wiranto menegaskan.

Selain itu, keputusan Hanura mendukung Ahok menurut dia karena sudah ada penelitian dari lembaga survei terhadap mantan Bupati Belitung Timur itu. Hanura juga telah memonitor keinginan rakyat melalui keterangan para pengurus dari tingkat kecamatan, kota hingga provinsi.

"Kami mendengarkan aspirasi dari bawah. Jadi dukungan ini bukan keinginan Pak Wiranto atau DPP Hanura. Sebagai partai yang berorientasi pada hati nurani rakyat, Hanura tidak ingin mengingkari aspirasi rakyat," ujar Wiranto.

Janji Membantu TemanAhok

Di sisi lain, DKI Jakarta adalah provinsi yang istimewa dan khusus karena menjadi ibu kota negara. Menurut dia, di negara mana pun, pasti ingin menjadikan ibu kota sebagai etalase negara.

"Indonesia juga tidak ingin kalah dengan negara lain. Namun di DKI Jakarta penduduknya sangat beragam, maka tentu kriteria Gubernur DKI berbeda dengan kota lain, belum tentu gubernur daerah lain bisa sukses pimpin Jakarta," papar Wiranto.

Dengan demikian, lanjut dia, jika sudah ada calon seperti Ahok yang telah terbukti mampu memimpin Jakarta, maka tidak ada alasan Hanura mendukung calon lain. Hanura pun bakal aktif membantu TemanAhok mengejar target pengumpulan KTP. Dia berjanji mengerahkan semua elemen Hanura di Ibu Kota.

"Kami punya organisasi sayap, ada 6 organisasi pemuda, yang akan bergerak bersama TemanAhok untuk mengumpulkan KTP dan tanda tangan," mantan Panglima ABRI itu menandaskan.

Hanura merupakan partai kedua yang resmi mendeklarasikan diri mendukung Ahok pada Pilkada 2017, setelah sebelumnya Partai Nasdem menyatakan hal serupa. Menurut Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, keputusan dukungan ini diambil setelah melalui proses menyerap aspirasi dari tingkat bawah.

Wiranto juga menegaskan, Hanura tidak mendapatkan apa pun atas dukungan ini. Dia menekankan bahwa atas dukungan ini, Hanura mengharapkan masyarakat DKI Jakarta ke depan bisa mendapatkan sebuah kelebihan berupa kenyamanan dan keamanan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.