Sukses

Copet Ponsel Saat Gerhana Matahari, Ilham Dihakimi Massa

Si pelaku memanfaatkan kelengahan korbannya saat tengah sibuk mengamati gerhana.

Liputan6.com, Jakarta - Membludaknya pengunjung di Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat karena warga ingin menyaksikan gerhana matahari total (GMT) ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan aksi kejahatan. Seperti dilakukan oleh Ilham Rizky, pemuda asal Kramat Pulo, Senen.

Lelaki berbadan kurus itu nekat mencopet telepon genggam milik salah seorang pengunjung. Alhasil ia pun, dikeroyok masa saat kepergok menjalankan aksi.

"Tadi pas orang-orang lagi lihat gerhana, pelaku mencopet handphone korbannya," kata seorang petugas kepolisian Polsek Menteng yang enggan disebut namanya di Planetarium Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Petugas itu menuturkan, si pelaku memanfaatkan kelengahan korbannya saat tengah sibuk mengamati gerhana matahari. Tetapi aksi keburu kepergok sang pemilik ponsel, meski telepon genggam tak bisa didapati karena sudah berpindah tangan.

"Kemungkinan sudah dioper ke temannya," lanjut petugas tersebut.

Setelah sempat mendapat dihakimi massa dengan bogem mentah, Ilham Rizky kemudian diamankan di Pos Keamanan di kompleks TIM. Hanya saja, ia berkelit ketika petugas menginterogasi.

"Saya bukan copet om. Saya tahu-tahu dikeroyok. Kalau saya nyopet mana barang buktinya," ucap Ilham berkelit di hadapan petugas.

Tetapi petugas tidak percaya begitu saja dengan pengakuan pelaku. Sebab, korban memergoki langsung pelaku tengah merogoh kantong celana.

"Tetap lah dia (pelaku) kami bawa ke Polsek," tandas petugas itu.

Tak berselang lama sekitar pukul 08.45 WIB, sejumlah polisi dari Polsek Menteng menjemput Ilham. Ia pun langsung digelandang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya saat orang-orang tengah asyik menikmati gerhana matahari total.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini