Sukses

Ini Daratan Pertama yang Akan Disinggahi Gerhana Matahari Total

Terbatasnya sarana transportasi dan akomodasi di wilayah ini membuat Mentawai tidak menjadi destinasi utama dari wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak banyak yang tahu kalau puncak gerhana matahari total di daratan pertama di Indonesia akan mendatangi Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gerhana akan terjadi pukul 06.19 WIB, Rabu, 9 Maret 2016. Itu lebih awal satu menit dibanding pesisir barat Sumatera yang dilintasi gerhana pada pukul 06.20 WIB.

Pulau Pagai Selatan akan dilewati gerhana matahari total dengan magnitudo 1,002. Durasi totalitas atau lamanya piringan matahari tertutup oleh piringan bulan di Mentawai adalah 1 menit 51,6 detik. Durasi gerhana yang teramati diperkirakan 2 jam 6 menit.

Pagai Selatan adalah sebuah pulau di lepas pantai barat Sumatra. Pulau ini berada di selatan Pulau Pagai Utara. Gempa bumi Sumatera pada September 2007 yang terjadi di dekat pulau ini, mengakibatkan terangkatnya daerah pesisir, memperbesar pulau-pulau terdekat dan menghasilkan 6 pulau baru.

Peta Kepulauan Mentawai | Via: istimewa

Untuk menyaksikan gerhana matahari total atau fenomena langka ini, Pemkab Kepulauan Mentawai memusatkan di Macaroni Resort, Desa Silabu yang terletak di pinggir pantai. Sejumlah kegiatan pun sudah digelar sejak Selasa petang 8 Maret 2016 hingga malam ini bertajuk Festival Mentawai Total Solar Eclipse. Mulai dari pergelaran kesenian hingga santap kuliner.

Komisioner Komisi Informasi Sumbar bidang Sosialisasi, Edukasi, dan Advokasi, Yurnaldi yang ikut menghadiri festival tersebut mengatakan bahwa puluhan turis asing yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total sudah memenuhi arena festival sejak Selasa pagi.

"Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Mentawai Desti Seminora juga ikut dalam kemeriahan festival yang digelar di pinggir pantai ini," ujar Yurnaldi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa malam.

(telusurindonesia.com)

Mentawai memang kalah tenar sebagai lokasi melihat gerhana matahari total karena memang kurang dikenal dibandingkan lokasi wisata seperti Pulau Belitung di Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, terbatasnya sarana transportasi dan akomodasi di wilayah ini membuat Mentawai tidak menjadi destinasi utama dari wisatawan.

 

***Saksikan Live Streaming GMT 2016 di Liputan6.com pada tautan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.