Sukses

Sidang PK Ba'asyir, Sekolah di Cilacap Diliburkan

Namun, guru wajib masuk untuk bersiap bantu petugas amankan sidang Ba'asyir.

Liputan6.com, Cilacap - Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah I Cilacap meliburkan kegiatan belajar mengajarnya saat pelaksanaan sidang peninjauan kembali (PK) Abu Bakar Ba'asyir yang digelar Selasa 12 Januari 2016. Sterilisasi akan mulai dilakukan tengah malam nanti.

"Murid-murid sudah kami beritahu bahwa besok sekolah libur karena mulai tengah malam nanti akan ada kegiatan sterilisasi di area PN Cilacap," kata  Kepala Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah I Cilacap, Khaerul Anwar, di Cilacap, Senin (11/1/2016).

Ia mengatakan, pengumuman itu diberitahukan secara lisan oleh bagian bimmas Polres Cilacap. Kepolisian juga akan melakukan apel pasukan di sekitar wilayah pengadilan negeri.

Meski begitu, kata Khaerul, saat ini masih menunggu surat resmi dari kepolisian. "Untuk sementara memang belum ada surat resmi dari pihak yang berwenang, namun kami masih menunggu," kata dia.

Libur sekolah, kata dia, hanya berlaku pada 900-an pelajar SMP Muhammadiyah I Cilacap. Sedangkan untuk guru, akan tetap masuk seperti biasa.

"Guru akan masuk, karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan pihak berwajib bisa diperbantukan," kata Khaerul.

Ratusan pengikut Ba'asyir  mulai berdatangan ke Cilacap sejak Minggu kemarin. Kebanyakan datang dari Solo.

Sementara, Humas Pengadilan Negeri Cilacap, Catur Prasetyo mengatakan, menurut jadwal sidang Baasyir akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

"Tetapi kami masih menunggu tim jaksa dari Kejaksaan Jakarta Selatan dan juga tim pengacara yang sebenarnya berasal dari Jakarta," kata Catur.

PN Cilacap pun saat ini tengah mempersiapkan ruang sidang yang akan digunakan untuk sidangkan Ba'asyir. Ruang Wijayakusuma dipilih pihak pengadilan karena memiliki kapasitas 100 orang.

"Nanti akan ada tenda di luar dan juga proyektor serta sound system untuk pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam. Selain itu, metal detektor juga sudah disiapkan untuk persidangan kali ini," kata Catur.

Dari informasi yang dihimpun, Kepolisian Resor (Polres) Cilacap menurunkan sebanyak 560 personel dari unsur Brimob dan polres Cilacap. Untuk penyelenggaraan sidang Baasyir, juga dilakukan pengalihan arus lalu lintas yang berada di depan pengadilan negeri, Jalan Letjen Soeprapto Cilacap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini