Sukses

Jelang Sidang PK Abu Bakar Ba'asyir, Cilacap Diperketat

Menjelang sidang, ratusan pengikut Ba'asyir mulai berdatangan di Cilacap.

Liputan6.com, Cilacap - Kepolisian Resor Cilacap memperketat pengamanan di Cilacap menjelang sidang peninjauan kembali (PK) Abu Bakar Ba'asyir di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Selasa 12 Januari 2016 besok.

Penjagaan juga dilakukan di Dermaga Wijayapura yang merupakan pintu masuk ke Lapas Nusakambangan, tempat Ba'asyir dipenjara saat ini.

"Pengamanan ini merupakan cipta kondisi dan antisipasi kerawanan jelang sidang peninjauan kembali," kata Kepala Kepolisian Resor Cilacap, Ajun Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya, Senin (11/1/2016).

Di Dermaga Wijayapura, polisi yang dibantu petugas Lapas memeriksa barang bawaan pembesuk. Penggeledahan badan dan pakaian pun dilakukan untuk memeriksa jika ada barang atau benda terlarang yang disembunyikan di badan atau pakaian pengunjung.

Pos Polisi Sub Sektor Nusakambangan yang berada di wilayah Lapas Nusakambangan pun meningkatkan penjagaan. Anggota Pos Nusakambangan dengan bersenjata lengkap  ditempatkan di Lapas tempat Ba'asyir ditahan.

"Petugas melakukan penjagaan bersama petugas sipir Lapas," kata Ulung.

Ia mengatakan bahwa peningkatan kegiatan pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan agar sidang PK Abu Bakar Ba'asyir berjalan aman dan lancar.

"Pengamanan ini diharapkan agar masyarakat tidak terganggu dengan adanya kegiatan ini," ujar dia.

Untuk pengamanan wilayah perairan, Satpolair Polres Cilacap menyiagakan 2 kapal patrolinya untuk menjaga wilayah perairan Nusakambangan.

Menjelang sidang, ratusan pengikut Ba'asyir mulai berdatangan di Cilacap. Gelombang kedatangan mereka mulai terlihat sejak minggu kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.