Sukses

Alasan Jokowi Kembali Aktif di Twitter

Tweet pertama Jokowi ini juga bertepatan dengan ulang tahun Presiden yang ke-54.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lebih dari 6 bulan menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo menulis tweet pertama pada akun resmi @jokowi saat sahur bersama keluarganya.

Tweet itu berbunyi, "Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw." Tweet pertama pada akun terverifikasi ini menjadi penanda Jokowi secara resmi kembali aktif di akun media sosial Twitter.

"Saya memang sudah cukup lama tidak aktif di Twitter. Di bulan suci Ramadan ini, saya terinspirasi untuk mulai aktif kembali. Selain untuk menyampaikan berbagai kegiatan dan pemikiran untuk bangsa, saya juga ingin mendapat masukan langsung dari masyarakat mengenai berbagai persoalan di lapangan yang mungkin luput dari perhatian pemerintah," ujar Jokowi melalui Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki.

Twitter, yang memiliki 302 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan lebih dari 20 juta pengguna aktif di Indonesia (per Juni 2015), menjadi salah satu platform media sosial yang dipilih Jokowi untuk berkomunikasi dengan publik. Selain Twitter, Jokowi menggunakan akun resmi Facebook terverifikasi untuk keperluan yang sama.

Penggunaan Twitter dan Facebook oleh Jokowi ini, lanjut Teten, diharapkan bisa menjawab kebutuhan transparansi komunikasi Presiden kepada masyarakat.

Menurut Teten, keberadaan akun media sosial bagi para pejabat negara dipandang penting sebagai sarana informasi dan komunikasi untuk menyampaikan berbagai program aksi kebijakan dan kemajuannya kepada masyarakat.

Tweet pertama [Jokowi](/2255894 "") ini juga bertepatan dengan ulang tahun Presiden yang ke-54. Banyak para netizen yang mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada Jokowi. ‎"Selamat ulang tahun Presiden @jokowi, teruskan pembersihan pemerintah, dan efisiensi negara agar Indonesia hebat lagi," ujar pemilik akun @aryanto_n

Para netizen juga membuat tanda pagar berupa #HBDJokowi sebagai bentuk ucapan selamat ulang tahun mantan Wali Kota Solo it‎u. (Yus/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini