Sukses

Jadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Akan Cek Lapangan Tiap Senin

Liputan6.com, Jakarta - Di awal kepemimpinannya sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian berkomitmen akan segera menerapkan 8 Quick Wins yang dititahkan Presiden Joko Widodo kepada Polri dan 10 Kebijakan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti terkait peningkatan kinerja Kepolisian.

Ia menilai, Polda Metro Jaya sebagai barometer kepolisian daerah-daerah, harus dapat memberikan kesan yang baik tentang polisi di mata masyarakat. Untuk mewujudkannya, Tito mengundang seluruh pejabat di Polda Metro Jaya beserta jajarannya mengikuti arahan Kapolda di Balai Pertemuan Metro Jaya.

"Arahan ini adalah commander wish. Keinginan dan harapan komandan. Sesuai dengan jabatan baru saya sebagai Kapolda Metro Jaya yang berisi kebijakan-kebijakan," tutur Tito di depan BPMJ usai memimpin arahan, Senin 15 Juni 2015 sore.

Tito mengatakan, akan melanjutkan program-program Kapolda sebelumnya, Irjen Pol Unggung Cahyono yaitu mengaktifkan 11 Satuan Tugas (Satgas) yang masing-masing fokus menangani isu-isu metropolitan.

Di antaranya Satgas Premanisme, Satgas Kemacetan Jalanan, Satgas Anti Korupsi, Satgas Illegal Fishing, Satgas Kejahatan Jalanan, dan Satgas Pengawasan Internal.

"Satgas sudah dibentuk sejak zaman Pak Unggung, cuma kita akan gulirkan lebih cepat," kata Tito.

Kebijakan lainnya, yaitu setiap Senin, ia akan turun ke jalan untuk mengecek langsung kondisi di lapangan. Ia berharap kebiasaan ini dapat dilakukan para pejabat Polda dan jajaran.

"Masalah apel Senin, Kapolres harus turun ke jalan, termasuk saya. Dengan saya turun ke jalan, mau nggak mau bawahan akan berfikir, komandannya saja turun, masak bawahannya nggak turun," tandas mantan Kapolda Papua ini.

Tito resmi berkantor di Polda Metro Jaya sejak Jumat 12 Juni 2015. Ia adalah salah satu Perwira Tinggi Polri yang namanya tertera dalam surat telegram mutasi dari Kapolri bernomor ST/1242/VI/2015 yang dipublikasikan pada Jumat 5 Juni 2015.

Dalam surat itu, Tito yang semula menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaa Umum dan Pengembangan (Asrena) ditugaskan untuk mengambil alih komando Polda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Unggung Cahyono. (Ali/Mvi)