Sukses

Megawati Resmikan Patung Bung Karno di Solo

Peresmian patung itu ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita bunga oleh Megawati.

Liputan6.com, Solo - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di Solo, Jawa Tengah. Patung yang berdiri di depan Kantor DPC PDIP Solo itu untuk mengenang semangat perjuangan Presiden RI pertama itu.

Pantauan Jumat (13/2/2015), Megawati tiba di lokasi kantor DPC Kota Solo, sekitar pukul 13.50 WIB. Kedatangan itu sempat molor dari jadwal pukul 10.00 WIB.

Putri Presiden Sukarno itu datang dengan didampingi Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPD Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, dan Ketua DPC Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Peresmian patung itu ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita bunga oleh Megawati.

Patung Bung Karno tersebut merupakan yang pertama di Solo. Patung serupa juga pernah diresmikan di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Kantor DPC PDIP Solo yang paling ramai dan aktif. Kalau bercerita tentang perjuangan PDIP di Solo bisa satu hari satu malam," ujar Megawati dalam sambutannya di Kantor DPC PDIP Solo yang disambut tepuk tangan para kader.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Heru Sujatmoko mengatakan, peresmian patung Bung Karno di depan Kantor DPC PDIP Solo disambut dengan bangga dan penuh rasa syukur. Sebab, peresmian patung Sang Proklamator itu dihadiri langsung salah satu putrinya, Megawati Soekarnoputri.

"Akhirnya hari ini terwujud untuk meresmikan patung Bung Karno. Terlebih di tengah-tengah acara peresmian ini ada Ibu Mega," papar dia.

Menurut Heru, keberadaan patung Bung Karno di Solo memiliki arti yang sangat penting. Sebab, Kota Bengawan ini menjadi ibukota Jawa Tengah bagi PDIP.

"Kalau ibukota PDIP di Jawa Tengah itu ya Solo. Sedangkan ibukota untuk pemerintah Provinsi Jawa Tengah ya di Semarang," ujar Heru. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini