Sukses

Kunci Perdamaian ala Wapres JK

Bila ada kelompok ekstremis yang mengatasnamakan agama, lantas seenaknya membunuh dan menciptakan konflik.

Liputan6.com, Jakarta ‎Konflik sosial di Indonesia tidak separah dengan negara-negara lain di dunia. Salah satu kunci pentingnya adalah Indonesia berusaha menjaga keadilan dalam bidang ekonomi dan politik bagi kelompok minoritas.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat‎ menjadi pembicara di Forum Global Resolusi Konflik di Asia Tenggara di Hotel Dharmawangsa, Kamis 12 Februari 2015.

"Kuncinya, kita menerima minoritas. Mayoritas dan minoritas hidup berdampingan. Jangan sampai mereka merasa tidak adil dalam ekonomi dan politik," jelas JK.

JK yang menjadi tokoh kunci perdamaian di Aceh menjelaskan ‎konflik yang terjadi di daerah istimewa itu  karena adanya ketimpangan ekonomi. Saat JK menjadi juru damai, banyak tokoh masyarakat Aceh yang melihat kekayaan alam daerahnya begitu banyak tapi tak dapat digunakan.

"‎Konflik di Aceh terjadi karena ketidakstabilan ekonomi dan ketidakstabilan politik. Musibah tsunami jadi momen untuk mendamaikan situasi," tutur JK‎.

ISIS

Terkait fenomena ISIS negara Irak dan Suriah, menurut ‎JK, karena perbatasan yang kurang ketat. "Tidak ada batasan yang jelas, jadi dapat dimasuki dengan mudah," tegas JK‎.

Bila ada kelompok ekstremis yang mengatasnamakan agama, lanjut JK, lantas seenaknya membunuh dan menciptakan konflik. Hal itu bisa terjadi karena ada pemahaman yang salah. Kelompok demikian biasanya menjual surga dengan murah. Padahal pemahaman yang benar, tidak ada satu agama pun yang memperbolehkan umatnya membunuh.

"‎Tidak ada agama apa pun, baik Islam maupun Kristen yang mengizinkan umatnya membunuh orang lain. Dan apabila Anda membunuh, sudah pasti akan masuk neraka, bukan masuk surga," pungkas JK.

‎Forum ini ini dihadiri oleh 60 peserta, dari berbagai negara seperti Myanmar, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura, Vietnam, Laos, Inggris, dan Australia. Konferensi yang diadakan pada 10-12 Februari ini digelar guna mempelajari berbagai pengalaman dalam penyelesaian konflik dan menciptakan perdamaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

Video Terkini