Sukses

Berantas Teroris Kelompok Santoso Polda Gelar Operasi Camar Maleo

Operasi Camar Maleo 2015 berlangsung mulai 26 Januari sampai 26 Maret 2015.

Liputan6.com, Palu - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah, akan menggelar operasi dengan sandi 'Camar Maleo 2015'. Operasi yang melibatkan ribuan personel Polri dilakukan untuk memberantas kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso di Kabupaten Poso.

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto mengatakan, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya aksi terorisme dan kegiatan kelompok radikal di wilayah Sulteng, khususnya Poso, dalam tiga tahun terakhir terus meningkat.

Bahkan, lanjut dia, kelompok tersebut masih melakukan berbagai aksi kekerasan dan teror terhadap anggota Polri maupun warga.

"Untuk itu dalam rangka penegakan hukum, Polda yang bekerjasama dengan Mabes Polri menggelar operasi 'Camar Maleo 2015'. Dalam operasi ini dilibatkan ribuan personel yang terdiri dari 600 personel Brimob Kelapa Dua, dan 400 personel dari jajaran Polda Sulteng, seperti Polres Poso, Parigi Moutong, Tojo Unauna, Morowali, dan Sigi," terang Hari.

Operasi Camar Maleo 2015 berlangsung mulai 26 Januari sampai 26 Maret 2015. Personel nantinya disebar ke beberapa titik strategis di hutan pegunungan Poso, yang diduga sebagai tempat persembunyian kelompok pimpinan Santoso.

Menurut Hari, tujuan inti operasi untuk mengejar dan menangkap 20 orang kelompok teroris yang telah masuk DPO tindak pidana terorisme, dan pelaku lain yang terlibat di wilayah Poso.
 
"Dalam melaksanakan kegiatan imbangan, dimungkinkan terdapat beberapa kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, seperti pemeriksaan di jalan umum," tandas Hari. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.