Sukses

Prabu, Pahlawan Kebersihan Kota Bandung

Prabu merupakan singkatan dari Pahlawan Urang Bandung. Tugas pokoknya adalah turut menegakkan Perda K3 tentang kebersihan.

Liputan6.com, Bandung - Ada pemandangan berbeda di kawasan kompleks perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat. Mulai Rabu kemarin, 3 Desember, di gerbang kompleks ada sosok asing berpakaian ala pahlawan dalam komik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (4/12/2014), namanya adalah Prabu. Dia memang tak bisa terbang seperti Superman atau berjumpalitan dari gedung ke gedung layaknya Spiderman, tetapi jangan kecil hati karena Prabu sangat sadar kebersihan.

Prabu merupakan singkatan dari Pahlawan Urang Bandung. Ia ditugasi untuk memeriksa kendaraan yang masuk ke kawasan kantor Pemkot Bandung. Jika ada mobil yang tidak dilengkapi tempat sampah, Prabu akan menegur dan memberinya nasihat.

Tugas pokok Prabu adalah turut menegakkan Peraturan Daerah (Perda) K3 tentang kebersihan. Caranya memotivasi agar warga Bandung taat aturan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Prabu berbadan kekar ini bukan satu-satunya pahlawan kebersihan, semua warga Bandung yang peduli kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah pahlawan.

Jika saat di Bandung kendaraan Anda diberhentikan oleh Prabu, Anda tak perlu kaget. Tenang saja, apalagi bila mobil Anda sudah dilengkapi tempat sampah.

Hanya sekadar info, jika selepas masa sosialisasi tentang Perda Kebersihan, mobil Anda tidak dilengkapi tempat sampah dan dibawa ke Bandung, bersiaplah untuk didenda Rp 250 ribu. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini