Sukses

Rakernas PDIP Diklaim Telan Dana Rp 2,6 Miliar

Rakernas IV PDIP akan dihelat di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah pada 19-21 September 2014

Liputan6.com, Semarang - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan dihelat di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah pada 19-21 September 2014 diklaim hanya menelan biaya Rp 2,5 miliar - Rp 2,6 miliar. Dana sebesar itu untuk membiayai kehadiran sekitar 1.600 kader PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia.

Menurut Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, 1.600 kader tersebut terdiri dari struktur partai, ditambah gubernur, bupati, walikota yang diusung partai berlambang banteng itu.

"Dari DPD itu ketua, sekretaris, bendahara dari 34 provinsi. Dari DPC 500 orang kali dua. Ya, total bisa mencapai 1.600 orang," kata Heru di Kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang, Kamis (18/9/2014).

Dalam agenda acara, rakernas akan dibuka pukul 14.00 WIB dengan upacara lalu pengarahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Selain itu, akan dihadirkan pula Jokowi yang dijadwalkan memberi sambutan pada malam harinya.

"Harapan kami, (Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi) bisa datang pada waktu pembukaan. Sepertinya beliau akan ceramah malam," kata Heru yang juga Wakil Gubernur Jateng itu.

Rencananya diundang pula perwakilan dari parpol koalisi pengusung Jokowi-Jusuf Kalla. Bahkan hampir bisa dipastikan 2 parpol dari Koalisi Merah Putih akan turut hadir karena sudah menerima undangan.

"Kemarin saya di DPP ada dua parpol yang sudah terkomunikasi mau hadir. Surat undangan sudah dikirim," kata Heru tanpa menjelaskan dua parpol dimaksud.

Disinggung soal biaya, Heru menyebutnya termasuk kecil jika dinilai dari skala agenda partai. "Mungkin Rp 2,5 miliar sampai Rp 2,6 miliar. Itu gotong royong. Terutama dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat PDIP)," beber Heru.

Paspampres Mulai Sterilkan Lokasi Rakernas

Sementara berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kamis malam, aparat kepolisian dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mulai mensterilkan lokasi Rakernas IV PDIP di Marina Convention Center, Semarang. Hal itu dilakukan sebagai persiapan rencana kedatangan Presiden terpilih Jokowi.

Sebelumnya dikabarkan ratusan satgas PDI Perjuangan akan mengamankan jalannya rakernas. Menurut Ketua Koordinator Keamanan Rakernas PDIP, Bona Ventura, pengamanan sudah dimulai pada Kamis 18 September 2014 di sekitar lokasi rapat kerja. Selain satgas dari PDIP, ada bantuan pengamanan dari Banteng Muda Indonesia dan Taruna Merah Putih.

"Mungkin nanti malam (Kamis) kalau ini (persiapan) selesai atau mungkin besok (Jumat) pagi. Ada 14 hotel untuk menginap para tamu (Rakernas PDIP)," ungkap Bona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.