Sukses

'Simfoni Negeri di Atas Awan' Ada di Kabupaten Ini

Liputan6.com, Jakarta Berbagai kegiatan seni dan budaya akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo selama 2 bulan lebih pada 19 Juni - 23 Agustus 2014 dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo ke-189.

Mengawali peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo, Pemkab memulai dengan kegiatan serah terima panji dan kirab budaya dan Pengambilan Air Tujuh Sumber --7 mata air yang memiliki makna berbeda-beda. Ziarah makam pendiri Kabupaten Wonosobo, Ritual Berat Sengkala, dan Prosesi Boyong Kedathon tepat pada hari jadi kabupaten Wonosobo 24 Juli 2014.

Dataran Tinggi Dieng sebagai daerah yang sarat seni, budaya, dan pemandangan alamnya menjadi salah satu tempat khusus untuk perayaan hari jadi Kabupaten Wonosobo. Selama satu hari satu malam akan digelar kegiatan dengan tajuk "Simfoni Negeri di Atas Awan".

Dalam acara "Simfoni Negeri di Atas Awan" akan diselenggarakan kirab budaya, ritual cukur rambut gembel yang menjadi ikon Kabupaten Wonosobo, seni pertunjukan kolosal "Opera Mahakarya Dieng". Lalu, ada pagelaran musik, sport, otomotif, seni fotografi, dan adventure yang bertaraf internasional.

Dan yang tak kalah seru dan sudah menjadi acara tahunan sebagai ajang adu kreativitas masyarakat Wonosobo yakni "Festival Balon Udara". Balon udara tradisional yang terbuat dari kertas pilus di Wonosobo dan sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu.

Setelah sukses pada awal penyelenggaraannya tahun 2012, Kabupaten Wonosobo kembali melaksanakan "Wonosobo Costum Carnaval". Terakhir dan menjadi acara puncak hari jadi kabupaten sekaligus memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Wonosobo menggelar resepsi hari jadi Wonosobo yang diisi hiburan konser musik dengan artis Ibukota.

Pelestarian nilai budaya sangat terlihat dalam peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo ke-189 karena merupakan fokus Kabupaten Wonosobo untuk menjadi Kota Investasi, Wisata, Adipura, dan Bunga di Indonesia.

Selengkapnya jadwal dan kegiatan selama Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-189 :

  1. Serah Terima Panji dan Kirab Budaya : 19 Juni2014
  2. Pengambilan Air Tujuh Sumber : 21-22 Juni 2014
  3. Ziarah Makam Pendiri Kabupaten Wonosobo : 21-22 Juli 2014
  4. Doa Keselamatan dan Prosesi Ritual Berat Sengkala : 23 Juli 2014
  5. Prosesi Boyong Kedathon Hari Jadi : 24 Juli 2014
  6. Pesta Rakyat : 4 Agustus 2014
  7. Simfoni Negeri di Atas Awan : 9 Agustus 2014
      - Kirab Budaya
      - Ritual Cukur Rambut Gembel
      - Opera Mahakarya Dieng
      - Internasional Dieng Acoustik Festival
      - Internasional Dieng Fun Bike, Parade Harley Davidson dan Mobil Modifikasi.
      - Dieng Internasional Photography
      - Dieng International Camping and Adventure
  8. Festival Balon Udara : 10 Agustus 2014
  9. Wonosobo Custum Carnaval Festival Kesenian dan Musik : 10 Agustus 2014
10. Ketoprak Mbeling : 17 Agustus 2014
11. Resepsi Hari Jadi Wonosobo dan HUT Kemerdekaan RI : 23 Agustus 2014

(Sumber: www.wonosobokab.go.id)