Sukses

Mantan Bupati Dilaporkan Cabuli Anak Kandung

Kondisi kejiwaan korban yang berumur 8 tahun, saat ini labil dan trauma hingga tidak mau pergi ke sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Kekerasan seksual pada anak seakan tak pernah berhenti. Bersama sang ibu korban kekerasan seksual oleh ayah kandungnya sendiri mendatangi Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di Jakarta Timur. Itu adalah upaya terakhir yang dilakukan sang ibu demi melindungi sang anak yang masih di bawah umur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (24/5/2014), Komnas PA menjadi tempat berlindung dari ancaman yang dilakukan oleh mantan Bupati Pasaman Sumatera Barat.

Beberapa kali sang ibu dan anaknya mendapat ancaman dari mantan suami jika melaporkan kasus asusila terseut kepada polisi atau Komnas PA.

Terduga pelaku adalah mantan Bupati Pasaman, Padang, Sumatera Barat, periode 1990-2000. Ibu korban juga sudah melaporkan kasus tersebut ke Polres Jakarta Selatan, dengan menyertakan bukti visum korban.

Komnas PA siap menjadi saksi apabila keluarga korban membutuhkan bantuan saksi. Kondisi kejiwaan korban yang berumur 8 tahun, saat ini labil dan mengalami trauma hingga tidak mau pergi ke sekolah.

Kasus ini mengingatkan kita pada kekerasan seksual yang terjadi di Jakarta International School (JIS), yang akhirnya menguak sebuah tragedi kejahatan seksual di sebuah sekolah. Korban yang mengalami kekerasan seksual di bawah ancaman berubah menjadi pribadi yang penakut.

Para pelaku di JIS memang sudah ditangkap dan ditahan polisi. Namun yang tak kalah penting adalah bagaimana kita bisa melindungi dan mengembalikan trauma korban dari ingatan kejahatan seksual di masa lalu. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.