Sukses

Roti Pocong Viral di Malaysia, Patung Pocong Bikin Jantungan Jadi Daya Tarik

Tidak hanya warganet Malaysia, warganet Indonesia juga mengaku kaget dengan patung pocong yang dipasang di depan kios roti pocong tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap penjual sebaiknya punya sesuatu yang unik untuk menarik pembeli. Hal itu pula yang ditawarkan Yusri Bahrin, seorang pedagang roti pocong di sebuah pasar malam di Malaysia.

Arti pocong dalam bahasa Melayu tak beda dengan makna di Indonesia, yakni merujuk pada hantu pocong yang bentuknya mirip mayat berkain kafan. Yusri bahkan memasang patung pocong di depan kiosnya.

Mengutip AsiaOne, Minggu (24/3/2024), ia mempromosikan usahanya lewat unggahan video di TikTok. Ia menunjukkan kiosnya yang berlokasi di bazaar Ramadan di Seremban. Klip itu menjadi viral hingga diputar lebih dari 1,5 juta kali saat berita ini dituliskan. Warganet yang tidak hanya berasal dari Malaysia ramai berkomentar.

"JANTUNG GUA ASTAGFIRULLAH, MINTA MAAF GAA!!" tulis seorang warganet.

"MENJERIT AKU SIANG II TERKEJUT BANG ASTAGHFIRULLAHALAZIM 😭😭😭DHLA PUASA," imbuh yang lain.

"sederhana tapi aku kaget," tulis warganet berbeda.

Lalu, apa yang dimaksud dengan roti pocong bikinan Yusri? Pada dasarnya, itu terbuat dari adonan roti canai yang diisi dengan daging ayam atau daging dan dibungkus dengan telur sebelum dipanggang di penggorengan agar dapat tekstur renyah di luar.

Wujudnya mirip dengan roti sarang burung, tapi Yusri membungkus kedua ujungnya dengan erat hingga menyerupai tampilan pocong. Roti pocong itu dijual 10 ringgit per buah (sekitar Rp33 ribu). 

Roti pocong itu memiliki berbagai varian rasa, ada saus keju, pocong lada hitam, jamur pocong, dan pocong bolognese. Bahkan, ada yang bernama Pocong Lemas (RM15) alias pocong tenggelam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-mula Roti Pocong

 

Dalam video yang diunggah September 2023, Yusri menjelaskan bagaimana ia memulai bisnis roti pocong. Bisnis tersebut rupanya bukan bisnis makanan minuman pertama yang ditekuninya.

Bisnis restoran yang pertama digelutinya terpaksa ditutup karena Covid. Ia lalu terpikir untuk membuat bisnis makanan sarapan karena dinilai pesaingnya tak sebanyak usaha restoran biasa.

"Yang jualan (sarapan) kebanyakan orang tua karena harus bangun pagi," kata dia.

Awal berjualan, ia menjajakan roti sarang biasa. Kemudian, rekan bisnisnya yang bernama Firdaus menawarkan ide untuk menjual roti pocong. Tak disangka penjualannya bagus hingga banyak pelanggan yang datang. Namun, ramainya pembeli mendatangkan masalah karena lahan parkir yang terbatas.

Ia kemudian diajak untuk mengikuti festival kuliner. Sejak itu, bisnis roti pocong Yusri berkeliling dari satu festival kuliner ke festival kuliner lainnya. Jajanan viral tersebut kini terjual di seluruh Malaysia, dari Ipoh hingga Johor. Bukan hanya di Malaysia, pocong juga jadi sumber inspirasi menu kuliner di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Kue Kuburan Pocong

Adalah seorang warganet membagikan video yang mereka kue berbentuk pocong melalui akun TikTok @sarakapril. "Kue kuburan pocong," tulisnya dalam keterangan video, beberapa waktu lalu. Dalam unggahan itu, wanita bernama Sarah ini bukan hanya menunjukkan kue unik itu, tapi juga cara pembuatannya.

Ia menyebutkan bahwa pocong di kue tersebut dibuat dari ginger bread cookies atau kue jahe. Ia mencampurkan bahan-bahan ke dalam wadah seperti gula, margarin, telur, tepung cokelat dan lainnya.  Adonan yang sudah jadi itu kemudian dibentuk menyerupai jenazah di dalam kain kafan.

Agar bentuknya kokoh, Sarah juga menusukkan tusuk sate ke adonan yang sudah dibentuk itu. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan kain kafan yang terbuat dari fondant.

Agar lebih mirip, wanita ini juga menambahkan sejumlah detail pada kain kafan kue pocong tersebut. Tak sekadar mirip, Sarah membuat kuenya terlihat lebih realistis.

4 dari 4 halaman

Dibikin Tengah Malam

Ia mengoleskan cokelat bubuk di atas fondant untuk memberikan kesan kotor karena tanah. Selanjutnya, Sarah menyiapkan alas kue yang dilapisi buttercream.

Alas kue itu juga diberikan kue spons, dilapisi kembali dengan buttercream dan ditaburi remahan biskuit. Kue pocong itu kemudian diletakkan di atas alas yang dibentuk seperti kuburan.

Sebagai sentuhan akhir, Sarah juga menambahkan kelopak bunga yang terbuat dari fondant serta nisan sebagai pemanis. Video kue pocong ini menarik banyak perhatian dan sempat viral. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Ada yang mengaku merinding dan takut memakannya karena mirip dengan aslinya. "Ngeri ya pas makan kuenya malem-malem," komentar seorang warganet. Komentar itu langsung dibalas oleh Sarah. "Aku bikinnya tengah malem," tulisnya.

"Keren, cocok nih dikirim buat ulang tahun mantan," timpal warganet lainnya. Video tersebut sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali dan disukai lebih dari 516 ribu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.