Sukses

Manfaatkan Cuti Bersama Nyepi 2024, Sejumlah Hotel Tawarkan Paket Staycation di Bali

Cuti bersama Nyepi 2024 jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Nyepi pada tahun ini jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Melansir Antara, Minggu, 3 Maret 2024, rangkaian Nyepi dimulai dengan pelaksanaan upacara mecaru Tawur Agung atau penyucian alam semesta dan dilanjutkan dengan parade mengarak ogoh-ogoh alias boneka berwujud menyeramkan pada Minggu sore, 10 Maret 2024.

Filosofi ogoh-ogoh itu menggambarkan sifat buruk manusia yang harus dimusnahkan menyambut tahun baru Saka. Pada hari H Nyepi, umat Hindu menjalankan catur brata penyepian.

Itu adalah menghindari empat kegiatan, yakni amati karya atau tidak bekerja/beraktivitas, amati lelungaan atau tidak bepergian, amati lelanguan atau tidak bersenang-senang, dan amati geni atau tidak menyalakan api/lampu. Sehari setelah Nyepi disebut Ngembak Geni yang menandai berakhirnya catur brata penyepian.

Pada saat bersamaan, libur panjang berlaku di pertengahan Maret karena ada cuti bersama pada Selasa, 12 Maret 2024. Dengan begitu, ada kesempatan berlibur empat hari yang bisa dimanfaatkan, yakni dari 9--12 Maret 2024. Kesempatan itu pun dimanfaatkan sejumlah hotel di Bali dengan menawarkan paket staycation alias menginap di hotel.

Salah satunya Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali. Hotel ini menawarkan kesempatan bersantai bersama keluarga di dekat tepi Pantai Mengiat. Saat Nyepi tiba, tamu bisa berdiam di Deluxe Room yang kapasitasnya cukup besar untuk Anda dan keluarga.

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Anda bisa memesan kamar untuk 10 Maret 2024 hingga 12 Maret 2024 dengan harga kamar mulai Rp1,75 juta per kamar per malam. Paket Nyepi di Bali itu berlaku untuk dua orang dewasa dan dua anak di bawah 6 tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penawaran Paket Staycation di Saat Nyepi

Paket ini sudah termasuk sarapan harian gratis, makan malam mewah pada 11 Maret 2024, dan diskon 15 persen untuk setiap perawatan SPA. Selain itu, ada diskon 10 persen untuk makanan dan minuman (tidak termasuk layanan In-Room Dining).

Paket staycation saat Nyepi juga ditawarkan Renaissance Bali Nusa Dua Resort lewat paket menginap Renew and Rejuvenate. Selama menginap, Anda akan dihidangkan sarapan pagi bervariasi baik bercita rasa lokal maupun internasional. Selain itu, Anda akan menerima kredit F&B senilai Rp750.000 per hari. 

Penawaran tersebut bisa didapatkan dengan membayar Rp2.650.000++ per kamar per malam, dengan jangka waktu menginap minimum selama dua malam. Paket Renew and Rejuvenate ini berlaku pada 10--12 Maret 2024.

Penawaran serupa juga ditawarkan Hotel Jimbaran Puri yang kental dengan budaya Bali. Hotel ini terletak hanya 15 menit dari Bandara Ngurah Rai. 

Di hotel ini, para tamu dapat menyelami kekayaan warisan budaya Bali dengan perayaan bertema Ajeg Bali. Para tamu akan diundang untuk memulai perjalanan pesta budaya sambil meluangkan waktu untuk berefleksi, memulihkan tenaga, dan merayakan salah satu hari paling sakral di Bali, Hari Raya Nyepi.

3 dari 4 halaman

Paket Menginap Minimal 2 Malam

 

Anda bisa merayakan Nyepi dengan BBQ ala Bali pada 11 Maret 2024 mulai pukul 17.00 hingga 20.00 WITA. Anda akan dimanjakan dengan hidangan yang menyajikan beragam makanan laut dan daging segar yang dipanggang, dilengkapi dengan pilihan makanan pendamping tradisional Bali. 

Para tamu yang ingin menginap di kamar hotelnya juga dapat menikmati kenyamanan layanan kamar 24 jam pada 11 Maret 2024, memastikan pengalaman Nyepi yang santai dan memanjakan.

Sementara itu, General Manager ITDC the Nusa Dua I Made Agus Dwiatmika menyatakan bahwa hotel di kawasan pengelolaan the Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali mulai menawarkan paket Hari Raya Nyepi periode 10--12 Maret 2024. "Hotel diberikan kebebasan untuk bundling paket Nyepi," kata dia di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis, 29 Februari 2024, dikutip dari Antara.

Paket yang ditawarkan meliputi menginap minimal dua malam, makan malam, dan makan siang. Sedangkan, aktivitas selama Nyepi hanya diperkenankan di dalam kawasan hotel dan tidak berkeliling kawasan the Nusa Dua saat hari H Nyepi, yakni 11 Maret 2024.

"Biasanya tidak ada aktivitas, tamu sudah disiapkan makanan di dalam tanpa perlu keluar hotel. Tidak boleh keluar di kawasan the Nusa Dua," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Target Okupansi

 

Agus menargetkan tingkat keterisian kamar hotel di kawasan mewah itu mencapai di atas 50 persen, dari rata-rata okupansi saat ini mencapai hingga 70 persen. Agus menjelaskan kebanyakan tamu yang menginap pada pelaksanaan tahun sebelumnya adalah WNI yang tidak menjalankan Nyepi dan juga warga negara asing.

"Melihat animo ketersediaan kamar, animonya tinggi karena makin hari makin sedikit ketersediaan kamarnya," ucapnya.

Pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu memilih berdiam diri di rumah dan beribadah tanpa beraktivitas lain, termasuk ke luar rumah. Untuk menjaga kekhusyukan, akses internet, saluran tv, hingga jaringan atm juga akan dimatikan untuk sementara. Semua kegiatan di Bali ditiadakan, seperti tempat makan, pusat perbelanjaan, hingga bandara ditutup. Tetapi, rumah sakit tetap beroperasi seperti biasa.

Para pecalang akan berjaga memastikan Nyepi berjalan sesuai aturan. Mereka yang melanggar akan dikenai sanksi adat. Pelanggar akan diwajibkan untuk 'ngayah' atau bersih-bersih di sekitar Pura. Sanksi bagi pelanggar Catur Brata saat perayaan Nyepi juga mengacu pada Tridana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini