Sukses

Chef Arnold Bagikan Perkiraan Skema Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Bisa Dapat Makanan Bergizi?

Chef Arnold mencoba membuat skema program makan siang gratis yang anggarannya direncanakan senilai Rp15 ribu per anak.

Liputan6.com, Jakarta - Chef Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal dengan nama Chef Arnold membuat unggahan soal program makan siang gratis yang digagas oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sampai saat ini belum ada infornasi seperti apa skema makanan dan apa saja yang akan disajikan di menu makan siang gratis tersebut.

Untuk itu, Chef Arnold mencoba membuat skema program makan siang gratis yang anggarannya direncanakan senilai Rp15 ribu per anak. Pria yang dikenal sebagai salah seornag juri program memasak ini bertanya kepada warganet apakah lebih memilih dalam bentuk voucer atau makanan jadi.

"Untuk program makan siang gratis Rp15.000 lebih pilih penukaran voucher atau ready meal? Dua skema tersebut pasti ada pros dan cons-nya di awal program nanti tak jabarin," tulisnya dalam cuitan di akun Twitternya, @/ArnoldPoernomo pada Kamis, 29 Februari 2024.

Skema program makan siang gratis yang dibuat oleh pria asal Surabaya itu ramai mendapat sorotan publik. Beragam komentar dilontarkan oleh warganet.Dari beragam komentar, salah seorang warganet menyoroti jumlah anggaran yang sudah direncanakan untuk program tersebut.

"Rp15 ribu," komentar warganet sambil menambahkan emotikon menangis. Ada juga warganet yang mempertanyakana apakah dengan harga Rp15 ribu bisa mendapatkan makanan yang bergizi.

Komentar tersebut pun mendapat perhatian dari Chef Arnold. Ia menjabarkan biaya yang akan digelontorkan untuk anak-anak sekolahan selama per minggu dan bulannya. "Rp15.000 per anak dengan kategori kurang mampu. Rp15 ribu x 7 hari= Rp105 ribu per anak. Rp105 ribu x 1 bulan= Rp420 ribu per anak," jawab Chef Arnold.

Ayah satu anak itu pun mengujarkan bila dari uang Rp15 ribu tersebut akan banyak jenis makanan yang kaya akan gizi yang bisa dipilih. "Akan banyak opsi gizi dan makanan yang bisa diolah," sambungnya. Komentar yang dilontarkan oleh Chef Arnold ini pun sontak saja menuai sorotan dari warganet. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Makan Siang Gratis di Jepang

"Yang menengah menangis enggak kebagian yang bawah terbantu, yang atas sudah mampu," ujar seorang warganet.

"Kalemin aja Chef. Pada enggak nyampai otaknya para pembenci Chef . Akan selalu ada celah untuk ngelihat salah," kata warganet yang lain.

"Goreng terus Chef sampai mateng," timpal warganet yang lain.

"Pertanyaannya apakah 15rb itu bersih? Gk dipotong biaya masak, packing, logistik blom lagi nnti ada oknum yg nakal nilep anggaran. Chef arnold macam gk tau aja budaya di Indonesia kayak gimana,” tanya warganet lainnya.

"Pada ngeraguin, tapi emang programnya pro kontra... dan negara lain seperti jepang cukup berhasil dengan program tersebut, jadii mari ditunggu aja,” kata warganet lainnya.

Pemerintah mulai melakukan uji coba penerapan makan siang gratis di sekolah. Acara ni bahkan dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.Simulasi program makan siang gratis dengan anggaran Rp 15.000 per anak ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada Kamis, 28 Februari 2024, melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Dalam acara simulasi tersebut , terdapat empat menu makan siang gratis yang tersedia di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Masing-masing menu tersebut disajikan dengan tabel kandungan gizi dan dibanderol Rp 15.000.

3 dari 4 halaman

Menu Makan Siang Gratis

Menu makan siang gratis pertama ialah nasi ayam tepung. Di dalamnya terdapat lauk pauk berupa ayam tepung, perkedel tahu, sayur capcay dan dilengkapi buah pisang.Untuk menu kedua berupa nasi semur telur ayam. Lauk pauk menu ini terdiri dari semur telur ayam, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan dilengkapi buah pisang.

Sementara menu ketiga simulasi program makan gratis berupa gado-gado. Untuk lauk tambahan gado-gado berupa telur ayam rebus dan dilengkapi buah pisang.Sedangkan untuk menu keempat berupa siomay. Menu siomay simulasi makan gratis Prabowo-Gibran ini dilengkapi oleh telur rebus dan buah pisang.

Sebagai informasi, kandungan kalori masing masing menu simulasi makan siang gratis Prabowo-Gibran Rp15.000 tersebut berkisar 560-an sampai 590-an per porsi.Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengikuti agenda simulasi program makan siang gratis yang diusung pasangan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menko Airlangga mengatakan bahwa adanya simulasi makan siang gratis ini dapat memberikan multiplier effect atau efek berganda bagi ekonomi setempat. Menyusul, adanya keterlibatan UMKM hingga pedagang sekitar.

"Dari simulasi ini kita ingin melihat bolts and nuts (mur dan baut) dari program makan siang ini. Plus yang kita ingin lihat itu bagaimana mekanisme atau SOP antara sekolah dan UMKM. Nah, multiplier effect-nya seperti apa," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Gizi Anak-anak

Airlangga menambahkan, simulasi program makan siang gratis tersebut juga memunculkan kesadaran bahwa literasi gizi menjadi penting bagi siswa sekolah. Prinsip ini sejalan dengan tujuan program makan siang gratis di sekolah yakni untuk meningkatkan gizi anak-anak.

"Dari simulasi ini bisa dilihat berapa biaya yang pas, dan menu apa saja yang disediakan, jenis protein apa saja yang bisa digunakan. Berbagai protein dicoba. Ketahanan pangan lokal juga menjadi penting sehingga asupan yang tersedia merupakan asupan yang berasal dari lokal," urainya.

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, mengatakan, kegiatan tersebut telah menjadi tugasnya Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian guna memastikan program itu dapat berjalan baik di lapangan jika nanti sudah diterapkan secara menyeluruh.

Susiwijono tak menampik bahwa program makan siang gratis yang diusung pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan disiapkan dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Artinya, sudah menjadi tugas Menko Perekonomian untuk memastikan ke depan bagaimana mengenai keputusan program tersebut, untuk kemudian kemudian melaporkannya ke Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.