Sukses

Perayaan Imlek 2024 di Atas Kereta Api, Ada Angpau sampai Kuliner Khas Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Chinese New Year on The Train," KAI Services menyiapkan ragam layanan untuk turut memeriahkan perayaan Imlek 2024. Program ini akan berlangsung di 10 nomor kereta pada 9--18 Febuari 2024. 

Secara khusus, nuansa Tahun Baru China akan dihadirkan di gerbong kereta makan melalui ragam dekorasi khas, seperti lampion dan hiasan uang. Director of Consumer Business KAI Services, Lies Permana Lestari, mengatakan di rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Sabtu (10/2/2024), "Prama atau prami kami juga akan mengenakan pakaian khas perayaan Imlek."

Tidak ketinggalan, mereka pun siap menyajikan ragam kuliner khas Tiongkok, seperti nasi ayam kungpao, kwetiau goreng, nasi ayam hainan, bakpao ayam, dan kue bulan. Tepat di hari perayaan Imlek, Sabtu, PT KAI (Persero) berkolaborasi dengan KAI Services memberi jeruk gratis, buah yang dianggap membawa hoki, pada pelanggan di lima nomor kereta api.

Sementara itu, pelanggan yang belanja minimal Rp150 ribu akan berkesempatan mengambil angpau hadiah persembahan KAI Services. Kereta api yang berpartisipasi dalam program "Chinese New Year on The Train," yakni:

  • KA Argo Bromo Anggrek: empat nomor kereta
  • KA Argo Lawu: dua nomor kereta
  • KA Argo Dwipangga: dua nomor kereta
  • KA  Argo Wilis: dua nomor kereta

Sebelumnya, KAI telah mengumumkan penambahan 10 perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh di momen libur Isra Miraj dan Imlek 2024. Menurut laporan Tim Bisnis Liputan6.com per 6 Februari 2024, KAI mengoperasikan total sebanyak 1.085 KA Jarak Jauh pada periode liburan tersebut, atau rata-rata 217 perjalanan KA Jarak Jauh per hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa penambahan frekuensi perjalanan kereta api ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Februari 2024.

"Peningkatan jumlah perjalanan kereta api merupakan bagian dari komitmen KAI meningkatkan pelayanan pada pelanggan, terutama pada masa high season, seperti long weekend ini," kata Joni dalam keterangannya.

KA Jarak Jauh yang perjalanannya bertambah, yakni empat perjalanan KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), empat perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp), dan dua perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol pp).

Berdasarkan pantauan pada Senin, 5 Februari 2024, total tiket KA Jarak Jauh yang terjual untuk periode perjalanan 7--12 Februari 2024 sebanyak 462.592 tiket atau rata-rata 92.518 tiket per hari. Jumlah tersebut masih 64 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang dijual sebanyak 722.472 tiket.

Joni mengatakan bahwa sejauh ini, rute favorit masyarakat pada periode long weekend kali ini adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan Blitar - Bandung pp.

3 dari 4 halaman

Sektor Pariwisata Raup Cuan

Libur panjang Isra Miraj dan Imlek 2024 dipandang mampu menggerakkan ekonomi nasional, dengan sektor pariwisata diprediksi jadi yang paling bisa meraup keuntungan, lapor Tim Bisnis Liputan6.com per 9 Februari 2024.

Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah, mengatakan bahwa libur panjang bisa berdampak positif ke ekonomi masyarakat. Pasalnya, sektor pariwisata dan turunannya kerap jadi tujuan liburan kebanyakan orang.

Turunan yang dimaksud, yakni kafe-kafe atau restoran di daerah-daerah. Kemudian, tempat-tempat serupa di kawasan wisata. Piter bahkan melihat potensi keuntungan lebih besar di tahun politik.

"Selain terdorong masyarakat yang memanfaatkan liburan, perekonomian semakin terdorong aktivitas kampanye di mana ada belanja yang besar dari peserta pemilu," kata dia.

Indonesia pun jadi salah satu destinasi favorit turis Tiongkok di periode libur Imlek, yang mana tahun ini berlangsung selama delapan hari. Sembilan miliar perjalanan domestik diperkirakan akan dilakukan selama waktu ini, hampir dua kali lipat dari 4,7 miliar perjalanan yang tercatat di waktu yang sama tahun lalu, menyusul pencabutan pembatasan ketat terkait pengendalian pandemi COVID-19.

4 dari 4 halaman

Potensi Kunjungan ke Indonesia

Melansir Jing Daily, 7 Februari 2024, platform perjalanan Ctrip melaporkan lonjakan pemesanan perjalanan luar negeri sebesar 540 persen tahun ini dibandingkan Tahun Baru China pada 2023. Ditambah, rata-rata biaya pemesanan meningkat 32 persen dari tahun ke tahun.

"Ini mungkin merupakan hari libur 'minggu emas,' Hari Nasional terbesar yang pernah ada," kata presiden Akademi Pariwisata China, Dai Bin.

Perjalanan dari China daratan ke Asia Tenggara tercatat melonjak 1.026 persen dibandingkan tahun lalu dalam hal pemesanan. Perjalanan udara ke wilayah tersebut melonjak 864 persen, dengan destinasi-destinasi favorit, seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia, menurut Ctrip.

Thailand telah jadi pilihan utama bagi banyak turis China, mencatat peningkatan pemesanan sebesar 101 persen. Pemesanan perjalanan untuk Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia masing-masing meningkat sebesar 499 persen, 584 persen, dan lebih dari 1.000 persen.

"Destinasi di Asia, seperti Hong Kong, Makau, Singapura, Thailand, dan Jepang secara tradisional disukai, namun minat terhadap destinasi mewah baru, seperti Dubai, Arab Saudi, dan Qatar semakin meningkat," kata profesor Pariwisata Internasional di The Universitas Politeknik Hong Kong, Profesor Haiyan Song.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini