Sukses

Terungkap Surat Cinta Cak Imin untuk Istrinya Rustini Murtadho Saat Masih Pacaran, Panggilannya Bikin Warganet Heran

Jangan bayangkan selembar kertas penuh dekorasi romantis yang bahkan disemprot parfum, karena Cak Imin terlihat menuliskan surat untuk istrinya, Rustini Murtadho, dalam beberapa lembar kertas seminar jurnalistik.

Liputan6.com, Jakarta - "Imin 1991" sempat jadi trending di X pada Kamis siang (8/2/2024) setelah surat cinta calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk istrinya, Rustini Murtadho, saat masih pacaran tersebar di jagat maya. Yang mengunggah, tidak lain tidak bukan, adalah putri mereka Rahma Arifa.

Rara, sapaan akrabnya, berbagi momen kebersamaan kedua orangtua melalui sederet potret di unggahan TikTok-nya, Selasa, 6 Februari 2024. Ia menulis, "8 April 1991 masih ✨sahabat✨ kwwowkwkwk." Ungkapan itu ternyata merujuk pada surat cinta tertanggal, "Yogya, 8 April 1991," pemberian Cak Imin.

Jangan bayangkan selembar kertas penuh dekorasi romantis yang bahkan disemprot parfum, karena Cak Imin terlihat menuliskannya dalam beberapa lembar kertas berketerangan, "Seminar Sehari Jurnalistik dan Perubahan Sosial di Indonesia Kritik dan Pertanggungjawaban Tempo."

Merujuk kertas tersebut, acara yang dimaksud digelar di kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada 13 Maret 1991. Sebagai pembuka, Cak Imin tampak menyapa Rustini dengan sebutan, "Sahabat Rustini." Isi suratnya menyinggung bahwa saat itu, mereka sedang sama-sama merayakan momen Lebaran.

Cak Imin pun menyebut bahwa Rustini mungkin saja terkejut dengan "surat tak terduga" yang ia kirimkan. Ia bahkan meminta perempuan yang kemudian dinikahinya pada tahun 1995 itu untuk tidak memberi tahu siapa-siapa terkait surat tersebut.

"Ini demi sahabat (Rustini), demi saya, demikian ... demi kebaikan kita semua se-Yogyakarta," begitu bunyi salah satu penggalan isi surat tulisan tangan cawapres yang berpasangan dengan calon presiden Anies Baswedan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imin 1991

Masih di surat yang sama, Cak Imin juga mengungkap bahwa ia sebenarnya ingin langsung mengobol dengan Rustini. "Tapi, tampaknya kultur yang hendak kita bangun di tubuh pergerakan menuntut kita tidak bisa dengan leluasa berkomunikasi," kata dia memberi alasan.

Bila dilihat di ujung kertas, surat itu sebenarnya tampak belum selesai. Namun, Rara hanya membagikan dua lembar "surat cinta" penuh kenangan di masa kedua orangtuanya masih pacaran. Unggahan ini pun mendapat ragam komentar warganet.

"Selama ini Dilan 1991 (judul film romansa dari novel laris karya Pidi Baiq) ternyata Cak Imin 🗿," kata salah satu warganet, sementara yang lain berkomentar, "FYI, sahabat itu panggilan keakraban anak PMII ya ges yaa.. Biasanya tuh di organisasi kalau punya status pacaran diem-diem gitu."

"Sahabat, ini ungkapan cinta atau bicara arah pergerakan organisasi 😭," tulis pengguna berbeda, yang dibalas warganet lainnya, "Satu surat buat keduanya kak 😭."

Ada juga yang berkomentar, "Suratnya bilang jangn dikasih tau siapa pun, tapi sekarang satu Indonesia udah baca 🤣🤣." "Biar Rara nanti yang tanggung jawab sama Cak Imin😂😂😂," jawab yang lain.

3 dari 4 halaman

Pinjam Uang untuk Melamar

Rustini Murtadho sebenarnya kerap menemani Cak Imin di segala aktivitas politik dan birokrasi. Dalam catatan profilnya, dikutip dari Merdeka.com, Kamis (8/2/2024), Rustini lahir di Jakarta, 27 Mei 1970. Ia merupakan mahasiswa Pendidikan ilmu Agama IAIN Yogyakarta, atau sekarang UIN Yogyakarta, selain juga dikenal sebagai aktivis PMII.

Demi melamar Rustini, Cak Imin sampai meminjam uang pada Taufik Kiemas karena saat itu ia tidak punya cukup uang. Pernikahan keduanya dikaruniai tiga orang anak: Mega Safira, Rahma Arifa, dan Egalita Azzahra.

Tidak Cak Imin dan Rustini, momen bucin Anies Baswedan dan istrinya, Fery Farhati, juga sempat jadi sorotan. Fery seolah tidak mau kalah dari para pendukung muda suaminya saat ia kedapatan berpose bersama filter wajah calon presiden (capres) nomor urut 01 tersebut.

Sederet potret itu dibagikan anak sulung mereka, Mutiara Baswedan, di akun TikTok-nya, pertengahan bulan lalu, menulis, "Cie cie," sebagai keterangan unggahan. Di filter online photobooth tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini kedapatan mengenakan kaus putih di bawah kemeja denim yang tidak dikancing.

4 dari 4 halaman

Tampil Serasi

Menyerasikan penampilan dengan sang suami, Fery terlihat memakai tunik berwarna biru senada, dilengkapi hijab segi empat abu muda yang serasi dengan kain tenun yang disampirkan di bahu kanannya. Posenya pun beragam, mulai dari membentuk simbol hati memakai tangan, seolah memegang bahu sang suami, sampai seakan ingin mengecup pipinya.

Sederet gaya kiyowo ibu berusia 52 tahun ini pun didukung lagu Making a Lover oleh SS501. Saat ditelisik lebih lanjut, filter berjudul "photobooth park aniseu" ini merupakan buatan akun TikTok @raisa61699. "Ibu padahal bisa foto langsung sama park ahn nice (Pak Anies)😭," kata salah satu pengguna TikTok, sementara yang lain menulis, "Bu... Pak Anis kan udah sama ibu."

Ada juga pengguna TikTok yang menulis, "Ibuuu.. Photobooth ini buat kita-kita. Ibu mah foto langsung ama orgnya ajaa.. 😆😁." "Itu filter buat yang gak bisa ketemu langsung sama pak anis buuu 😭," sahut yang lain menyepakati.

Sebagai catatan, "Park Anh Nice" memang sudah jadi plesetan nama capres Anies Baswedan di kalangan pendukungnya yang juga penggemar K-pop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini