Sukses

Wajib Kamu Coba! Ini 5 Kreasi Olahan Nasi Goreng yang Anti Mainstream

Nasi goreng merupakan hidangan khas Indonesia yang telah menjadi favorit di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Nasi goreng merupakan hidangan khas Indonesia yang telah menjadi favorit di seluruh dunia. Kombinasi sempurna antara nasi yang digoreng dengan bumbu-bumbu khas memberikan cita rasa yang lezat dan menggoda selera.

Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia kuliner, tidak mengherankan jika nasi goreng juga mengalami evolusi. Para penggemar makanan kini berlomba-lomba untuk menciptakan versi nasi goreng yang berbeda dan unik. Mulai dari penambahan bahan-bahan baru, hingga kombinasi rasa yang tidak biasa, nasi goreng anti mainstream menjadi daya tarik baru bagi para penikmat kuliner.

Dengan paduan rasa yang unik dan keberanian dalam menggabungkan berbagai bahan tersebut, hidangan ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Nah, mau tahu apa saja nasi goreng yang anti mainstream saat ini?

1. Nasi Goreng Merah

Seperti namanya, nasi goreng merah ini memiliki warna merah merona yang menggiurkan. Dilansir dari berbagai sumber, nasi goreng merah berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Warna merah yang khas pada nasi goreng ini bukan berasal dari beras merah atau pun pewarna. Tetapi, warna merahnya berasal dari saus tomat dengan ditambah resep khas Makassar.

Olahan nasi goreng merah ini juga diturunkan langsung oleh leluhur mereka. Cara pembuatan nasi goreng merah sama dengan pembuatan nasi goreng pada umumnya yang menggunakan rempah-rempah khas Indonesia seperti merica, bawang putih, garam, cabai merah dan saus tomat yang menjadikannya unik.

Meski warnanya merah bukan berarti memiliki cita rasa yang sangat pedas. Nasi goreng merah ini bercita rasa gurih, manis dan sedikit pedas dengan kenikmatan aroma saus tomatnya yang khas.

Nasi goreng merah ini biasanya disajikan dengan taburan suwiran daging ayam, udang dan potongan sayur. Tak lupa juga diberi pelengkap bawang goreng dan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar ketika disantap.

2. Nasi Goreng Buah Naga

Siapa yang baru tahu, ternyata ada olahan kreasi nasi goreng yang dipadukan dengan buah naga, lho? Yup, nasi goreng buah naga ini terbilang sangat anti mainstream karena berbeda dengan nasi goreng berwarna kecokelatan yang sudah biasa kita makan.

Nasi goreng buah naga adalah hidangan yang unik dan menyegarkan karena terdapat sentuhan buah naga yang manis dan berair. Dilansir dari berbagai sumber, cara membuat nasi goreng buah naga ini terbilang mudah, kamu hanya perlu menyiapkan nasi putih, bumbu serta buah naga yang sudah dihaluskan.

Setelah itu semua dilakukan, kamu tinggal goreng semua bahan tersebut dan sajikan dengan pelengkap sesuai dengan selera.

3. Nasi Goreng Cumi

Nasi goreng lainnya yang tak kalah unik adalah nasi goreng yang menggunakan cairan tinta dari cumi sehingga menjadikannya berwarna hitam pekat. Memiliki cita rasa yang pedas dan gurih sehingga menimbulkan sensasi segar sekaligus lezat ketika disantap.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat nasi goreng cumi hitam adalah nasi putih, bawang putih, bawang bombay, merica, garam, gula, cumi yang sudah diolah. Lalu, masukkan nasi, cumi dan bumbu yang sudah halus ke dalam wajan, tambahkan penyedap seperti garam dan gula sesuai selera.

Hidangkan dengan pelengkap bawang goreng dan mentimun dan nasi goreng cumi hitam pun siap di santap.

4. Nasi Goreng Kluwek

Nasi goreng hitam tidak melulu di padukan dengan tinta cumi tapi bisa juga menggunakan rempah indonesia yaitu, Kluwek. Kluwek umumnya sering dijadikan sebagai bumbu utama rawon. Sehingga warna kuah rawon berwarna coklat kehitaman.

Begitu juga saat diterapkan pada nasi goreng, walaupun warnanya tidak akan sepekat seperti nasi goreng hitam yang menggunakan tinta cumi. Untuk membuat nasi goreng kluwek, kamu memerlukan bahan-bahan seperti nasi putih, bawang putih, sawi hijau, garam, 5 gram kluwek, kecap manis, minyak wijen.

Cara membuat nasi goreng kluwek yang pertama-tama adalah panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan sawi hijau, lalu aduk hingga layu. Kemudian masukan nasi putih, garam, kluwek, kecap manis dan minyak wijen.

Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah matang, angkat dan sajikan nasi goreng dengan taburan bawang goreng serta bahan pelengkap sesuai selera.

5. Nasi Goreng Kopi

 

Makan nasi goreng ditemani kopi itu sudah biasa. Tapi gimana jadinya kalau kopi dicampur dengan nasi goreng? Kreasi olahan nasi goreng satu ini memang sangat unik dan anti mainstream yang pastinya bisa bikin kamu merasakan sensasi berbeda ketika memakannya.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat nasi goreng kopi ini tentunya nasi putih dan biji kopi robusta lalu kemudian masak dengan bumbu-bumbu rumahan yang biasa kamu pakai untuk membuat nasi goreng, jangan lupa sajikan dengan pelengkap sesuai selera masing-masing.

Nah itu dia 5 kreasi olahan nasi goreng yang unik dan anti mainstream. Sangat menarik dan menggugah selera untuk dicoba, bukan? Kamu juga bisa memasaknya langsung di rumah dengan resep yang sudah kami bagikan, selamat menikmati!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini