Sukses

Menikmati Nasi Megono dan Bubur Jangan Rp3 Ribuan dengan Pemandangan Kereta Api Lewat di Yogyakarta

Yogyakarta masih menjadi satu destinasi kuliner pilihan yang tetap melestarikan makanan tradisionalnya. Bukan hanya gudeg atau bakpia, masih banyak kuliner lain di Yogyakarta yang menarik, seperti nasi megono dan bubur jangan.

Liputan6.com, Jakarta - Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi kuliner pilihan yang tetap melestarikan makanan tradisionalnya. Bukan hanya gudeg atau bakpia, Yogyakarta masih punya banyak pilihan kuliner lain di Yogyakarta yang menarik sambil bisa menikmati suasanya kotanya.

Salah satu rekomendasi dibagikan seorang pelancong saat bersepeda di seputaran Yogyakarta. "Niat bangun pagi buat nyobain nasi megono tiga ribuan (rupiah) dengan view kereta api," ungkapnya di awal video melalui akun TikTok @jogjamain, diunggah pada 29 November 2023.

Ia menyambung, "Ini ada di daerah Jogja barat, tepatnya di Sedayu."

Tampak kesibukan penjualnya, seorang ibu berkerudung yang berdagang di bawah pohon dekat dari pematang sawah. Nama jualan dan alamat lengkapnya adalah Nasi Megono Sor Ringin, Jl Sawah Mulyo, Karanglo, Sedayu Bantul.

Dekat dari tempat sang ibu berjualan, ada pemandangan yang sangat menyenangkan mata pendatang, khususnya orang kota, yakni sawah yang menghijau. Pemandangan itu seolah obat sabar menunggu antrean dilayani. Di sekitarnya, beberapa pembeli sedang makan di tempat.

Sebuah kereta pun lewat, jaraknya sekitar 500 meter dari lokasi sang ibu berjualan. Menurut informasi, tempat ini buka sejak pukul 5.30 hingga dagangannya habis.

"Ternyata ini khas dari daerah Karanglo, biasanya megono sini buat pas panen raya. Jadi beda ya sama Pekalongan," sambung sang pembuat video.

Nasi megono di tempat itu terdiri dari nasi diberi parutan kelapa dan sedikit nangka muda, serta ikan asin. Si pembuat video menjelaskan bukan hanya nasi megono yang patut dicoba, sang penjual juga punya menu bubur jangan yang tak kalah enak.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Saling Membandingkan Nasi Megono dari Daerah Lain

Si ibu juga menyediakan aneka gorengan yang selalu hangat karena baru digoreng. "Untuk rasanya sih enak, tapi bukan yang spesial. Malah suasananya yang buat makin spesial," ungkapnya lagi.

Konten yang disukai oleh lebih dari 26 ribu pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar. Di antaranya, mereka membandingkan perbedaan nasi megono Pekalongan dengan nasi megono Karanglo. Ada pula yang membandingkan dengan nasi megono dari Wonosobo serta Klaten.

"Di daerah Klaten juga ada sego megono, harganya Rp3 ribuan," ungkap salah satu warganet.

"Megono Wonosobo tetep yang paling enak+ tempe kemul kuningnya," komentar warganet.

"Wah sering beli nih," kata yang lain.

"Sedayu meresahkan. Akeh pangan murah (banyak makanan murah)," sambung warganet lainnya.

"Walah ini belakang kampus mercu kan ya?" Tanya warganet memastikan.

"Mabok sego gono pas KKN," tulis warganet sembari curhat.

"Di sini kalo siang jualan dawet. Sedayu belakang kelurahan," yang lain memberi informasi.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner di Yogyakarta

Mengutip dari laman Hot Liputan6.com, Minggu, 21 Januari 2024, Jogja setiap harinya ramai oleh wisatawan dari berbagai tempat. Hal ini disebabkan karena keelokan wisata yang kental dengan nilai budayanya.

Wisata alam, budaya, serta tentunya kuliner yang khas bisa kamu temukan di wilayah  yang hanya memiliki luas 3186 km2 ini. Ragam kuliner Yogyakarta seperti gudeg, sate klatak, soto, sampai angkringan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Wisata kuliner Jogja yang terkenal memiliki rasa yang menggugah selera. Setiap harinya tempat-tempat ini rami pengunjung. Tidak hanya menawarkan rasa yang enak, kuliner Jogja juga memberikan harga yang murah di kantong. Tak heran kebanyakn wisata kuliner ini sudah melegenda di telinga para wisatawan.

Salah satunya yang cukup terkenal adalah sate klatak. Sate ini tak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya. Tapi, tak seperti sate pada biasanya yang ditusuk menggunakan bambu, tusukan sate klatak menggunakan jeruji besi dari velg sepeda.

Sate Klatak Pak Pong berlokasi di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Sate Klatak Pak Pong juga terkenal dengan murahnya, cuma Rp 12.000 saja. Sate Klatak Pak Pong buka pukul 9 pagi hingga 11.30 malam.

4 dari 4 halaman

Angkringan di Yogyakarta

Ada pula kuliner angkringan khas Yogyakarta yang murah meriah. Angkringan merupakan kuliner yang dijajakan dengan sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan.

Salah satu angkringan di Jogja yang cukup terkenal yaitu Angkringan KR. Angkringan ini berada di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Tepatnya didepan kantor Kedaulatan Rakyat. Angkringan ini menyediakan makanan seperti nasi kucing, aneka sate, minuman hangat dan es serta gorengan. Harganya mulai Rp 1.000 saja. Angkringan KR buka mulai pukul 4 sore sampai 5 dini hari.

Warung angkringan lainnya adalah Angkringan Lik Man terkenal dengan kopi jos yang dimilikinya. Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, atau tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada akhir pekan.

Kopi joss merupakan kuliner yang populer di Jogja. Kopi joss ini begitu istimewa karena disajikan dengan arang panas di dalam segelas kopinya. Kopi joss milik Lik Man sendiri sudah ada sejak 1967. Kamu bisa mengunjungi Angkringan Lik Man mulai dari pukul 2 sore hingga 3 dini hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.