Sukses

Ancaman Kutu Busuk Menjangkiti Wilayah Asia, Pembasmi Hama Profesional Harus Turun Tangan

Ancaman terhadap kutu busuk terjadi di Asia. Momen ini menjadi kesempatan pembunuh hama profesional untuk mengatasi banyaknya permintaan mengatasi ancaman kutu busuk tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kekhawatiran akan wabah kutu busuk yang besar telah terlihat jelas di kawasan Asia-Pasifik selama berminggu-minggu. Hal itu diperkuat oleh liputan media mengenai wabah di Perancis pada awal tahun 2023 dan wabah hama ini yang lebih kecil baru terjadi di Korea Selatan.

Mengutip dari laman Japan Times, Sabtu (9/12/2023) kasus-kasus tersebut ikut ditambah dengan peningkatan jumlah perjalanan pasca-pandemi yang memicu ketakutan. Kuat dugaan penumpang pesawat secara tidak sengaja akan menyebarkan wabah kutu busuk di tempat lain.

Di Hong Kong, laporan baru-baru ini tentang penampakan kutu busuk di kereta bandara menyebabkan liputan berita yang heboh selama beberapa hari. Begitu juga di Seoul, Korea Selatan, tim pekerja yang mengenakan pakaian hazmat putih telah menyebar ke seluruh bandara untuk mencari kemungkinan serangan virus.

Sejauh ini, tidak ada wabah kutu busuk besar yang dilaporkan di Asia pada musim gugur ini. Namun beberapa penduduk dan pemerintah kota sudah mempekerjakan perusahaan pengendalian hama atau membeli persediaan pengendalian hama begitu saja.

Pembasmi hama mengatakan mereka baik-baik saja dengan hal itu. "Kutu busuk selalu ada, namun minat konsumen terhadap pengendalian hama meningkat akhir-akhir ini sebagai akibat dari liputan media," kata Darian Ee, direktur Ikari, sebuah perusahaan pengendalian hama di Singapura yang mengalami peningkatan sebesar 10-15 persen. Dalam bisnis sejak wabah di Perancis, kutu busuk menjadi perhatian utama. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekhawatiran Wabah Meningkat Cepat

Tentu saja, serangan kutu busuk bukanlah hal baru yang hanya terjadi di Asia. Hama penghisap darah merupakan ciri umum kehidupan perkotaan di seluruh dunia, termasuk di Kota New York.

Namun jika Paris adalah ibu kota dunia yang tidak resmi dalam hal kekhawatiran kutu busuk dan mungkin disusul oleh London, maka kota-kota besar di Asia seperti Seoul, Hong Kong, dan Singapura akan meningkat dengan cepat di peringkat teratas.

Di Korea Selatan, dimana hanya segelintir kasus yang dilaporkan selama satu dekade terakhir, laporan terbaru telah membuat masyarakat dan media berita sangat waspada. Sejauh ini, setidaknya ada 13 kasus terkonfirmasi dan beberapa lusin kasus suspek di seluruh negeri. Jumlah tersebut cukup bagi pemerintah untuk meluncurkan kampanye pencegahan dan disinfeksi selama empat minggu di asrama, bus, kereta api, dan tempat umum lainnya.

“Kecemasan masyarakat tidak dapat dihindari karena laporan terus berdatangan,” Park Ku-yeon, yang bertanggung jawab atas kampanye tersebut, mengatakan kepada pejabat lain baru-baru ini. 

 

3 dari 4 halaman

Keuntungan Bagi Pembasmi Hama

Hal lain yang tidak bisa dihindari adalah keuntungan bagi pembasmi hama. Bloomberg News melaporkan bulan ini bahwa harga saham beberapa perusahaan pengendalian hama di Korea Selatan telah meningkat sebesar 30 persen atau lebih setelah adanya laporan berita tentang kutu busuk.

Yonhap, kantor berita Korea Selatan, melaporkan bahwa penjualan insektisida kutu busuk di salah satu mal online meningkat lebih dari 800 persen selama minggu pertama bulan November dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ketika perjalanan kembali normal setelah pandemi, tidak dapat dihindari bahwa wisatawan internasional akan membantu menyebarkan kutu busuk di seluruh dunia, kata Chow-Yang Lee, seorang profesor entomologi perkotaan di Universitas California, Riverside. Dia mengatakan dia tidak ragu bahwa akan ada peningkatan serangan kutu busuk di Asia Pasifik seperti yang terjadi di Eropa.

"Bayangkan saja jika seseorang check-in ke sebuah hotel di Bangkok yang terdapat kutu busuk, kutu busuk tersebut menumpang di bagasi dan orang tersebut kemudian check-in ke hotel lain di Singapura," ujarnya sambil menambahkan bahwa, "Serangga tersebut akan diangkut ke lokasi baru, tinggalkan bagasi dan memulai infestasi di lokasi baru ini."

Salah satu tempat yang paling mengkhawatirkan di kawasan ini adalah Hong Kong. Pihak berwenang membagikan selebaran peringatan kutu busuk kepada penumpang di bandara internasionalnya, dan Departemen Kebersihan Makanan dan Lingkungan mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu lalu bahwa mereka berupaya mengurangi kemungkinan penularan kutu busuk dari luar negeri ke komunitas lokal.

 

4 dari 4 halaman

Serangga Penghisap Terpopuler Kedua Setelah Nyamuk

Namun seorang profesor biologi di universitas setempat, Chiu Siu-wai, merasa terdorong untuk mengingatkan stasiun penyiaran lokal baru-baru ini bahwa kutu busuk, yang tumbuh subur di sudut-sudut hangat dan gelap yang banyak terdapat di tempat subtropis seperti Hong Kong, sudah menjadi perusak kota. serangga penghisap darah terpopuler kedua setelah nyamuk.

Seseorang harus membunuh mereka. Francisco Pazos, direktur NoBedBugs HK, mengatakan bahwa bulan ini bisnisnya meningkat dua kali lipat dari biasanya, dengan lebih dari 400 pekerjaan pemusnahan. Dia mengaitkan peningkatan tersebut terutama karena peningkatan sosialisasi pascapandemi, dan juga karena kecemasan.

"Semakin banyak orang di Hong Kong yang panik setelah melihat laporan berita," katanya.

Dinamika serupa juga terjadi di Taiwan, di mana Kementerian Lingkungan Hidup memperingatkan warganya minggu lalu untuk mencari kutu busuk di furnitur bekas dan memeriksa koper mereka setelah kembali dari perjalanan internasional.

Lin Chien-liang, juru bicara Johnson Group, sebuah perusahaan pengendalian hama di New Taipei City, mengatakan bisnisnya meningkat dua kali lipat sejak musim panas. Dia mengatakan hal itu sebagian karena pulau tersebut mencabut pembatasan perjalanan terakhir di era Covid pada Oktober 2022.

Namun tidak sepenuhnya, beberapa orang hanya merasa cemas. Lin mengatakan pelanggan terkadang meminta pemusnahan berulang bahkan setelah pemusnahan awal berhasil menghilangkan kutu busuk di rumah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.