Sukses

Apa yang Bikin Presiden Jokowi Tersenyum Saat Perayaan HUT ke-78 TNI di Jakarta?

Dalam parade Defile HUT ke-78 TNI, dihadirkan kendaraan Musik Militer Mobile. Kehadiran mobil musik ini pun sempat menarik perhatian Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi (Joko Widodo) menjadi inspektur upacara dalam perayaan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diadakan di Monumen Nasional (Monas), Kamis (5/10/2023). TNI menggelar parade pasukan dan alutsista di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat secara besar-besaran.

Dalam kesempatan itu Jokowi sempat menaiki tank untuk mengecek kesiapan pasukan. Berdasarkan pantauan tim News Liputan6.com, Jokowi terlihat mengenakan peci dan setelan jas hitam. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berdiri di atas tank BMP-3F Korps Marinir.

Dalam parade Defile HUT ke-78 TNI, tahun ini TNI AD (Angkatan Darat) menghadirkan kendaraan Musik Militer Mobile. Kendaraan ini digunakan untuk meningkatkan moril para Prajurit TNI. Mobil Musik Militer ini diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kehadiran mobil musik ini pun sempat menarik perhatian Presiden Jokowi. Dalam video yang diunggah akun Instagram @jak101fm pada Kamis (5/10/2023), tampak ekspresi Presiden Jokowi yang terkejut sampai kemudian tersenyum lebar saat melihat Mobil Musik Militer Mobile dari TNI AD berjalan di tengah parade alutsista TNI.

"Gemes banget, Pak Jokowi dari heran jadi tertawa! di Parade Defile HUT TNI ke-78, tahun ini TNI AD menghadirkan kendaraan Musik Militer Mobile. Kendaraan ini digunakan sebagai pendukung Moril buat para Prajurit TNI, biar bisa happy~ Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 TNI!” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Mendengar para prajurit TNI bernyanyi di atas mobil tersebut dengan musik, Presiden Jokowi terlihat terhibur mendengar para prajurit TNI bernyanyi. Lagu yang mereka bawakan adalah lagu yang diciptakan oleh Putri Ariani yang berhasil menjadi juara keempat di ajang America’s Got Talent 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lagu untuk TNI dari Putri Ariani

Beberapa waktu lalu saat Putri yang mendapatkan Golden Buzzer di ajang pencarian bakat tersebut sempat diundang ke Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dalam kesempatan itu, Putri diminta untuk membuat sebuah lagu secara spontan dengan menggunakan organ.

Lalu terciptalah lagu tersebut dengan lirik, "Presiden Ngopi, Pak Kasad Ngopi, Pak Kapolri Ngopi, Panglima Juga Ngopi." Video ekspresi Presiden Jokowi terhibur dengan penampilan prajurit TNI bernyanyi di Mobil Musik Militer Mobile tersebut juga membuat banyak warganet terhibur.

"Tahan bangat ya pak jokowi kalau aku udah ngakak sampe jungkir balik 😭😭😭😭😭😭,” komentar seorang warganet.

"Rusia ukraina perang kita mah goyang aja mang 😂,” ujar warganet yang lain,” tulis wargnet lainnya.

"Semua butuh hiburan.. Tapi kenapa gw dengernya "kopi" doang 🤣,” kata warganet lainnya.

"Pak jokowi dalam hati: anggaran buat beli pesawat malah buat acara kondangan😂," timpal warganet lainnya.

Dalam perayaan HUT ke-78 TNI, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Wapres KH Ma’ruf Amin beserta Ibu Wurry Estu Handayani.  Sejumlah mantan presiden dan wakil presiden juga turut hadir di perayaan HUT TNI pagi tadi.

3 dari 4 halaman

Kemeriahan HUT ke-78 TNI

Ada Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, dan ada pula mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno dan Boediono. Pada perayaan HUT TNI tahun ini tema yang diusung adalah "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju".

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini diungkap Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto kepada awak media di kawasan Monas.

Lantas, berapa jumlah personel yang ikut terlibat dalam kemeriahan HUT ke-78 TNI tahun ini? Mereka yang terlibat sebanyak 4.630 personel dan 130 Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

"Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara di atas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023. Demonstrasi di antaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel," terang Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto.

 

4 dari 4 halaman

Demo Udara

Demo udara juga akan disajikan pada HUT TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

"Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara diatas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023. Demonstrasi di antaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel," ungkap Asisten Personel (Aspers) TNI Marsda TNI Arif Widianto.

"Ada juga tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel," sambungnya.

Tak hanya menampilkan Alutsista, dalam kegiatan HUT TNI juga dilaksanakan pembagian sembako terhadap masyarakat sekitar. "Jadi tadi dari defile yang dilaksanakan, mereka akan keluar menuju ke bunderan hi dan sepanjang HI nanti juga akan ada pembagian sembako pada masyarakat sejumlah 55.000, sepanjang jalan menuju ke HI, dimana Alutsista kita menuju ke HI," ucap Arif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini