Sukses

Mewahnya Lamaran Anak Hotman Paris Hutapea di Hotel Bintang 5, Beri Seserahan Bergepok-Gepok Uang dan Tas Branded

Putra bungsu Hotman Paris Hutapea, Fritz Junior Hutapea, baru saja melangsungkan lamaran dan menjalani upacara sangjit dengan kekasihnya, Chen Giovani Soetanto.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga pengacara kondang Hotman Paris Hutapea kini tengah berbahagia. Putra bungsunya, Fritz Junior Hutapea, baru saja melangsungkan lamaran dan menjalani upacara sangjit dengan kekasihnya, Chen Giovani Soetanto.

Acara lamaran itu dilangsungkan secara mewah dan spesial di Hotel Mulia Bali. Pengacara kondang itu memamerkan acara lamaran tersebut melalui beberapa unggahan di akun Instagram miliknya, mulai dari rangkaian prosesi hingga dekorasi acara.

Namun bukan hanya dekorasinya yang menawan, barang-barang yang jadi seserahan pertunangan tersebut juga menarik perhatian. Salah satunya kotak berisi bergepok-gepok uang tebal yang disebut Hotman Paris sebagai angpau atau angpao.

"Uang angpau tunangan sanjit di Hotel Mulia Bali," tulis Hotman Paris sebagai keterangan unggahannya pada 8 Juli 2023. Gepokan itu berisi pecahan uang Rp100 ribu yang diserahkan Hotman Paris untuk calon besannya.

Satu gepok uang ditaksir berjumlah Rp10 juta dan dari yang terlihat di foto setidaknya uang tersebut berjumlah hampir Rp1 miliar. Sangjit sendiri merupakan prosesi seserahan adat Tionghoa yang dilakukan pada saat proses lamaran sebelum acara pernikahan berlangsung.

Melihat unggahan tersebut warganet ramai-ramai bereaksi. Mereka salah fokus dengan banyaknya jumlah uang di dalam kotak itu.Tidak sedikit pula yang sontak berkeinginan menjadi menantu Hotman Paris selanjutnya.

"Angpau nya aja 100 juta...belum berlian nya...blm tas tas ber merk yg berjajar sama sepatu nya...masya allah semoga kelak anak ku bisa dapat lamaran seperti ini...aamiin...🤲🤲,” komentar seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Jadi Menantu Hotman Paris

"Ya Allah pengin jadi mantu Bang Hotman," timpal warganet lainnya.

"Bang Hot jangan di pamerin uang tunangan anak nanti banyak mau pinjam duit online🤣🤣🤣🤣🤣,” komentar warganet lainnya.

"Serius nyimak gambar sambil komat kamit ngitungin gepokkan na 😂😂, semoga rejeki na nular buat keluarga ku. Aamiin,” tulis warganet lainnya.

Tak hanya berupa uang, Fritz juga memberikan seserahan sejumlah barang mewah seperti tas, sepatu, peralatan makeup, serta kosmetik branded. Di antaranya terlihat ada tas Dior Lady D-Joy, tas Chanel Mini Rectangle Flap, tas Hermes Oz Mule, Hermes Kelly, Hermes Jige Clutch, dan parfum Twilly d’Hermes yang harganya bisa mencapai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah.

Di dalam unggahannya, Hotman Paris juga memajang foto keluarganya. Ia dan sang istri tampak mengapit putra bungsunya yang akan bertunangan. Tampak pula anak kedua dan anak pertamanya yang ikut foto bersama.

Di foto itu, Hotman dan anak laki-lakinya kompak mengenakan setelan jas warna gelap. Sedangkan, istri Hotman dan anak perempuannya memakai busana adat Tionghoa warna merah muda.

3 dari 4 halaman

Seserahan dalam Tradisi Sangit

Bagi masyarakat keturunan Tionghoa seperti halnya keluarga calon menantu Hotman Paris, mereka menjalankan prosesi sangjit sebagai bagian dari langkah menuju gerbang pernikahan. Prosesi sangjit serupa dengan prosesi seserahan dalam adat Jawa. 

Dilansir dari laman weddingku.com, prosesi sangjit dilakukan setelah lamaran dan dilakukan di antara satu bulan hingga satu minggu sebelum tanggal pernikahan. Acara ini biasanya diadakan di siang hari, yakni antara pukul 10.00 hingga 13.00, kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Dalam prosesi sangjit, calon mempelai pria datang bersama keluarganya dan memberikan hadiah untuk diserahkan kepada pihak mempelai wanita beserta keluarganya. Hadiahnya terdiri dari 12 nampan yang setiap jenis barangnya memiliki makna tersendiri. Nampan tersebut berisi buah, kue, kain busana dan perhiasan.

Melansir laman cihc.nl, di antara 12 nampan tersebut, ada dua hadiah yang tidak tergantikan. Salah satunya adalah uang susu yang dibungkus dalam angpau merah. Uang susu harus diberikan sebagai tanda terima kasih kepada ibu dari calon mempelai wanita karena telah melahirkan dan membesarkan putrinya.

4 dari 4 halaman

Lamaran untuk Calon Mempelai Wanita

Satu hadiah lagi yang tidak bisa digantikan adalah lilin liong, yakni sepasang lilin merah besar yang diikat dengan pita merah. Lilin yang membawa simbol perlindungan dari pengaruh negatif ini harus dinyalakan di altar saat upacara pernikahan nantinya.

Seperti halnya lamaran yang dilakukan keluarga Hotman Paris, hadiah dari pihak keluarga calon mempelai pria selalu diterima oleh calon mempelai wanita. Calon mempelai wanita pun tidak tinggal diam. Mereka juga memberikan antaran balik kepada calon mempelai pria, yang berisi seserahan mempelai pria yang diambil sebagian, makanan manis, keperluan pria, dan juga sejumlah uang untuk dibagikan kepada pembawa nampan.

Calon mempelai wanita tidak boleh menerima seserahan dari tunangannya secara penuh, sebab menerimanya akan membuat hubungan calon mempelai wanita terputus dari keluarganya. Karena itulah, mereka wajib mengembalikan seserahan tersebut kepada calon mempelai pria agar keluarga pihak wanita masih bisa turut serta dalam kehidupan calon pengantin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini