Sukses

Profil Hoa Minzy, Penyanyi Vietnam yang Kesal Kalah Teriak dari Suporter Indonesia di SEA Games 2023

Tidak hanya dikenal sebagai seorang penyanyi dan artis, Hoa Minzy juga merupakan salah satu talenta di Vietnam dengan nama asli Nguyen Thi Hoa. Ia lahir pada tanggal 31 Mei 1995 di Bach Ninh, Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya sedang ramai membicarakan seorang video yang viral tentang seorang suporter perempuan asal Vietnam yang tengah menonton SEA Games 2023. Dalam video yang dibagikan @tupham25888 di TikTok pada 11 Mei 2023 tersebut, terlihat perempuan bernama Hoa Minzy tersebut merasa kesal karena suara sorakan suporter Indonesia yang lebih menggelegar daripada suara suporter Vietnam.

Video tersebut telah menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet, terutama di Indonesia, karena reaksi kesal suporter itu terlihat sangat menggemaskan. Ternyata, Hoa Minzy adalah seorang artis terkenal di Vietnam.

Hoa Minzy diketahui tengah menonton pertandingan pencak silat dalam babak semifinal SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Ia mengenakan pakaian merah dengan topi mortir berwarna hijau khas Vietnam.

Potret wajah kesalnya dalam video tersebut menjadi viral di media sosial, dan banyak yang merasa terkesan dengan kegemasan wajahnya yang kesal. Warganet pun beramai-ramai mengungkapkan bahwa semakin Hoa Minzy berteriak, suara sorakan suporter Indonesia semakin keras.

Tidak hanya dikenal sebagai seorang penyanyi dan artis, Hoa Minzy juga merupakan salah satu talenta di Vietnam dengan nama asli Nguyen Thi Hoa. Ia lahir pada tanggal 31 Mei 1995 di Bach Ninh, Vietnam.

Sejak usia muda, Hoa Minzy sudah menyukai musik. Ia merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ia bahkan berani meminta izin kepada orangtuanya untuk pergi ke Hanoi demi mencari pekerjaan di bidang musik yang sangat ia cintai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juara Star Academy Vietnam Musim Pertama

Karier bermusiknya semakin berkembang dan sukses setelah ia berhasil memenangkan kompetisi Star Academy Vietnam. Hoa Minzy dikenal oleh publik sebagai penyanyi muda dengan suara yang kuat dan penuh karakter.

Bergabung dengan Star Academy Vietnam 2014, Hòa Minzy membuat kesan kuat pada para juri dan penonton dengan kemampuannya menyanyi, menari, dan mengubah gaya yang berbeda. Lagu "Làng Quan Họ quê tôi" (Làng Quan Họ kampung halamanku) berhasil dibawakan dengan sukses olehnya pada malam final. Unggul atas banyak pesaing berat, Hòa Minzy keluar sebagai juara setelah tiga bulan kompetisi.

Pada 18 Juni 2014, Hòa Minzy dinobatkan sebagai Juara Star Academy Vietnam musim pertama dengan rating penonton 51,16 persen. Pada saat penobatan, Hòa Minzy dengan bahagia berkata, "Pemenang bukanlah yang terbaik, tetapi orang yang dapat melakukan segalanya sebagai respons terhadap perasaan semua orang terhadapnya, sepanjang waktu."

"Sebelum saya masuk Star Academy dan sampai sekarang, saya bukanlah orang yang sempurna. Tetapi saya menyadari kekurangan saya untuk melanjutkan jalur musik," tambahnya. Setelah kompetisi, dia resmi memasuki jalur kegiatan seni profesional.

3 dari 4 halaman

Terkenal sebagai Aktris dan Pembawa Acara

Selain menyanyi, Hoa Minzy juga memiliki bakat dalam dunia televisi. Ia tidak hanya memiliki wajah cantik, tetapi juga dikenal sebagai sosok yang energik dan mahir dalam berimprovisasi.

Tidak hanya menunjukkan bakat di bidang musik, Hòa Minzy juga merupakan bintang TV yang dikagumi oleh banyak orang. Selain itu, Hòa Minzy mencoba yang terbaik dalam berbagai peran seperti aktris atau pembawa acara. Pada 2020, dia memiliki seorang anak laki-laki berusia satu tahun dengan kekasih lamanya. Pada 2022, diumumkan bahwa Hoà dan pacar lamanya telah putus.

Pada November 2014, Hòa Minzy merilis video musik debut "Thư chưa gửi anh" (Suratku belum dikirim kepadanya), lagu yang sebelumnya ditulis oleh komposer Nguyễn Hải Phong untuknya, ini adalah lagu baru pertama yang ditulisnya setelah dua tahun berhenti menulis. Single debut Hòa Minzy mendapat tanggapan positif dari penonton.

Pada tanggal 25 Desember 2014, Hòa Minzy merilis lagu Audio MV "Gửi" (Mengirimkannya) dengan melodi yang lembut, romantis, dan banyak emosi.

4 dari 4 halaman

Pernah Didenda Akibat Sebar Berita Hoaks

Artis terkenal Vietnam ini diduga pernah menyebarkan informasi palsu. Hoa Minzy didenda oleh Pemerintah Vietnam karena menyebarkan berita palsu tentang pandemi virus Covid-19. Dia harus membayar denda sebesar 7,5 juta Vietnam Dong atau Rp 4,7 juta.

Pada Juli 2020, Minzy membagikan sebuah unggahan di semua media sosialnya. Isinya adalah peringatan dari Deputi Perdana Menteri, Vu Duc Dam, mengenai bahaya bepergian selama Covid-19.

Unggahan tersebut juga mengingatkan agar semua orang tetap di rumah karena jumlah kasus positif Covid-19 di Vietnam meningkat dari 75 menjadi 100--500 kasus. Namun informasi tersebut tidak pernah dibagikan oleh Pemerintah Vietnam.

Setelah menyadari bahwa posnya salah, Minzy segera membuat klarifikasi di Facebook dan menghapusnya. Namun Pemerintah Vietnam tetap memberinya denda karena dianggap melanggar peraturan.

Di Vietnam, setiap orang yang memposting berita palsu di media sosial akan didenda hingga 15 juta Vietnam Dong. Sebelum Minzy, penyanyi Dam Vinh Hung dan aktor Cat Puong juga didenda 10 juta Vietnam Dong karena menyebarkan pos palsu tentang Covid-19.

"Saya bukan orang yang menulis berita palsu tersebut. Namun saya hanya menyebarkannya," tulis Minzy di akun Facebook dan Instagramnya.

"Namun setelah saya melihat klarifikasinya, saya segera menghapusnya. Sebagai seorang artis, saya memiliki tanggung jawab untuk memberikan berita yang akurat kepada pengikut saya," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini