Sukses

Jungkook BTS Akhirnya Mengungkap Makna Semua Tato di Tangannya

Awalnya, rangkaian tato di tangan Jungkook BTS acap kali ditutup dalam sejumlah siaran.

Liputan6.com, Jakarta - Jungkook BTS mengobati kerinduan para penggemar dengan melakukan siaran langsung di Weverse, aplikasi daring khusus penggemar K-pop, Rabu malam, 1 Februari 2023. Salah satunya, pelantun lagu My Time ini berinteraksi dengan menjelaskan makna seluruh tato di tangannya. 

Sudah lama memang sejak ARMY, sebutan penggemar BTS, penasaran dengan tato-tato di tangan Jungkook. Terlebih, rangkaian tato tersebut sempat ditutup maupun disembunyikan di sejumlah siaran.

Melansir Koreaboo, Kamis, (2/2/2023), Jungkook menyebut bahwa tulisan ARMY di telapak atas tangan kanan adalah tato pertamanya. Ia sengaja menato itu di bagian tubuh yang mudah terlihat karena sangat bangga dengan para penggemarnya.

Logo ARMY dan hati ungu juga memiliki arti yang sama di belakangnya. Ia sengaja menempatkan tato mahkota di atas "A" dari ARMY, dan "J" di jarinya untuk namanya. Idol asal Busan, Korea Selatan ini juga membuat tato emotikon favoritnya di jari tengah.

Pindah ke bagian lengan, Jungkook menunjukkan bahwa ia memiliki tato tanggal ia datang ke Seoul bersama dua ucapan bijak yang ia sukai. Tulisan tersebut dilukiskan saling menyilang, yaitu "Rather be dead than cool" dan "Make hay while the sun shines."

Pemilik nama lengkap Jeon Jungkook ini juga memiliki tato bunga kelahirannya, Bunga Harimau, di lengan bawahnya, bersama kalimat "Please love me" tertulis di belakangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tato Bagian Lengan

Berikutnya, ada tato jam besar yang menunjukkan waktu kelahiran Jungkook BTS. Dalam tatonya, tampak pula mikrofon yang diikat pada rantai jam, menandakan bahwa main vocalist BTS ini dilahirkan untuk jadi seorang penyanyi.

Kemudian, ia juga memamerkan dua tato di dekat sikunya. Salah satunya adalah ejaan Mandarin bertuliskan Hwayangyeonha (HYYH) alias "momen terindah dalam hidup," yang juga merujuk pada salah satu album ikonis BTS. Ada pula desain lain yang terinspirasi dekorasi tradisional Korea, dancheong.

Jungkook juga menjelaskan cerita di balik beberapa tatonya yang ditiban untuk menutupi tato lain. Pertama, ia memiliki tato awan dan kilat di dekat sikunya, yang awalnya merupakan desain yang berbeda.

Desain awal tato itu dibubuhkan Jungkook di AS saat syuting video musik ON. Tapi, pengalaman itu tidak menyenangkan baginya karena prosedurnya sangat menyakitkan dan lengannya jadi meradang sesudahnya.

Jadi, golden maknae BTS ini menutupinya dengan desain gambar awan, yang kemudian ia perbaiki untuk menambah warna perpaduan hitam dan hijau emerald dengan warna kuning pada bagian pinggir garis.

3 dari 4 halaman

Tato Bulletproof

Lebih lanjut Jungkook menjelaskan mengenai tato Bulletproof di lengan bagian bawah dekat tato dua tulisan yang disukainya. Ia juga memiliki desain tato mata di sana, yang dimaksudkan untuk menandakan bahwa ia harus selalu berhati-hati dengan tindakannya karena banyak orang yang mengawasinya sepanjang waktu.

Tato mata sengaja diposisikan pada sudut sedemikian rupa sehingga Jungkook tidak bisa melihatnya tanpa melipat tangannya. Namun, ia merasa gambar tersebut seperti simbol Iluminati dan akhirnya memilih menutupnya dengan sesuatu yang baru, yaitu tulisan Bulletproof, merujuk nama grupnya dalam bahasa Korea.

Sebagai penjelasan, BTS adalah singkatan dari Bangtan Sonyeodan, atau "Bulletproof Boy Scouts" dalam bahasa Korea.

Jungkook juga memperlihatkan tato tiga garis sejajar di lengannya. Itu adalah simbol Geon yang melambangkan surga dalam budaya Korea.

Menurutnya, banyak orang yang tidak menyukai tato geon miliknya, sehingga ia menimpanya dengan gambar ular. Ular dipilih Jungkook karena melambangkan pertumbuhan. Menurutnya, pertumbuhan tersebut ditandai dari ular yang berganti kulit.

4 dari 4 halaman

Tato Persahabatan

Jungkook juga punya tato kembaran dengan enam personel BTS. Tato persahabatan "7" dibubuhkan mereka setelah merilis album, Proof, tahun lalu. Sementara secara desain mirip, ketujuhnya memilih font dan tempat berbeda untuk penempatan tato itu.

Sementara RM menatonya tepat di atas pergelangan kaki, J-Hope menempatkan tato tersebut di salah satu betisnya. Jimin, di sisi lain, memiliki tato persahabatan di jarinya, sedangkan Jungkook dan Jin masing-masing memilikinya di belakang telinga dan di sisi belakang pinggang.

V mengungkap letak tato persahabatannya, yakni di dekat lutut kaki kiri, di salah satu foto. Sementara, letak tato persahabatan di tubuh Suga belum terungkap. Ia hanya pernah membantah bahwa tato tersebut berada di telapak kakinya.

Seniman tato tersebut, PolyC, dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan penggemar. Meski berjanji tidak membuat ulang tato "7," ia tetap rendah hati, berterima kasih pada BTS atas kepercayaan mereka.

Ia juga mengungkap makna tersembunyi di balik tato "7." Sementara "7" adalah referensi yang jelas untuk jumlah personel BTS, masing-masing desain tato sedikit berbeda. Jika disatukan, ia menyebut, angka "7" dalam desain tatonya akan membentuk kata "BTS."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.