Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Sejarah Lapis Legit, Kue Wajib di Imlek Hasil Akulturasi Budaya Indonesia dan Belanda

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang kue lapis legit yang termasuk salah satu makanan wajib di perayaan Imlek orang Indonesia. Padahal, kue ini menurut sejarahnya merupakan hasil akulturasi budaya Nusantara dengan Belanda ketika masih menjajah Indonesia.

Lapis legit diperkenalkan dengan nama spekkoek oleh Belanda. Kata spek berarti lemak babi yang berlapis karena lapisan di kue tersebut terlihat seperti lemak babi. Sedangkan, kata koek berarti kue atau bolu dalam bahasa Belanda.

Kue tersebut lalu dimodifikasi dengan penggunaan rempah-rempah yang dicocokkan dengan lidah masyarakat Indonesia sehingga rasanya tentu berbeda dengan versi aslinya.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang kampanye "It’s Time to Meat Up" Subway Indonesia kembali menyapa di tahun baru 2023.

Kali ini mereka menghadirkan dua menu baru dalam jumlah terbatas, yang mana salah satunya bernuansa Tahun Baru Imlek. Dua varian sandwich tersebut, yakni Beef Mala Szechuan dan Roast Beef Black Pepper. 

"Roast Beef Black Pepper ini populer sekali. Menu ini sudah ada tahun lalu, dan harusnya terus ada sampai tiga bulan, tapi sudah habis dalam waktu 1,5 bulan," sebut Head of Marketing Subway, Silvia Muryadi.  Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Kiky Saputri dan Muhammad Khairi yang akan menikah pada 28 Januari 2023.

Jelang hari bahagia, komedian perempuan itu menggelar acara pengajian dan siraman pada Sabtu, 21 Januari 2023. Momen itu berjalan khidmat dan lancar. Penampilan komika bernama lengkap Rizhky Nurasly Saputri itu pun mencuri perhatian.

Ia tampak sangat cantik dan anggun dalam balutan abaya warna biru muda. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Sejarah Lapis Legit, Kue Wajib di Imlek Hasil Akulturasi Budaya Indonesia dan Belanda

Siapa yang tidak tahu lapis legit? Kue yang biasanya menggunakan banyak telur sebagai bahan baku itu termasuk salah satu makanan wajib di perayaan Imlek orang Indonesia.Padahal, kue ini menurut sejarahnya merupakan hasil akulturasi budaya Nusantara dengan Belanda ketika masih menjajah Indonesia.

Melansir Kemendikbud pada Senin (23/1/2023), lapis legit diperkenalkan dengan nama spekkoek oleh Belanda. Melansir dari laman Indonesia Travel, kata spek berarti lemak babi yang berlapis karena lapisan di kue tersebut terlihat seperti lemak babi. Sedangkan, kata koek berarti kue atau bolu dalam bahasa Belanda.

Selanjutnya…

Mencicipi 2 Menu Terbatas Subway Indonesia, Sandwich Laris Hadir Kembali

Kampanye "It’s Time to Meat Up" Subway Indonesia kembali menyapa di tahun baru 2023. Kali ini, rantai gerai sandwich itu menghadirkan dua menu baru dalam jumlah terbatas, yang mana salah satunya bernuansa Tahun Baru Imlek.

"Karena itu, peluncurannya memang sengaja berdekatan dengan perayaan Imlek," kata Head of Marketing Subway, Silvia Muryadi, dalam jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Jumat, 20 Januari 2023.

Selanjutnya…

Gaya Kiky Saputri Pakai Abaya di Pengajian Jelang Pernikahan

Hari pernikahan Kiky Saputri dengan kekasihnya, Muhammad Khairi yang akan digelar pada 28 Januari 2023 tinggal menghitung hari. Jelang hari bahagia, komedian perempuan itu menggelar acara pengajian dan siraman pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Momen yang berlangsung di gedung The Tribrata, Jakarta Selatan itu berjalan khidmat dan lancar. Penampilan komika bernama lengkap Rizhky Nurasly Saputri itu pun mencuri perhatian.

Selanjutnya…

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS