Sukses

Kiprah 32 Tahun LG di Indonesia, Sang Perangkat Elektronik Lintas Generasi

Liputan6.com, Jakarta 32 tahun sudah PT. LG Electronics Indonesia (LG) berkiprah di industri elektronik Indonesia. Tepatnya pada tanggal 28 November 1990, perusahaan elektronik multinasional asal Korea Selatan tersebut menjejakan bisnisnya di Tanah Air.

Selama 32 tahun berkiprah serta pelbagai inovasi yang dilahirkannya, LG telah menjadi bagian dan turut mendampingi kehidupan sehari-hari lintas generasi di Indonesia.

Bagaimana tidak? Perangkat elektronik dari LG kerap menjadi penunjang guna memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga. Tak hanya kebutuhan rumah tangga semata, perangkat elektronik LG pun mampu menemani gaya hidup lintas generasi di Indonesia dengan ragam inovasi yang dilahirkannya. Dari kedua hal tersebut, LG turut menjadi teman dari kehidupan lintas generasi di Indonesia. 

"Sepanjang beroperasinya di Indonesia, LG telah menjadi bagian dan mendampingi kehidupan beberapa generasi," ungkap President of LG Electronics Indonesia Lee Taejin.

Sepanjang 32 tahun LG berkiprah di Indonesia, pabrikan elektronik tersebut tak hanya fokus pada inovasi teknologi sebuah produk semata, namun juga memiliki andil dalam memberdayakan masyarakat di Indonesia.

Sebagai teman lintas generasi, LG terus berupaya dalam memberikan kontribusi positif untuk kehidupan secara luas dengan berbagai cara yang dilakukan, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Program CSR LG untuk Lintas Generasi

Berbagai upaya telah dilakukan LG secara konsisten dalam memberdayakan lintas generasi di Indonesia. Upaya-upaya tersebut disalurkan melalui tiga program CSR dari LG. 

Ketiga program CSR yang dijalankan oleh LG, seperti LG Loves Green, LG Loves and Cares, dan LG Loves School. Sampai detik ini, LG masih konsisten dalam menjalankan ketiga program CSR-nya tersebut.

Program CSR yang faktual sudah dilakukan oleh LG adalah LG Lovers Green. Bertepatan dengan 32 tahun LG beroperasi di Indonesia, penanaman 32 ribu pohon dilakukan di beberapa titik wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Kalimantan, dan Sumatera.

Khusus wilayah Jakarta, LG Electronics Indonesia memberikan sebanyak 4,000 bibit tanaman mangrove yang akan ditanam di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. Keseluruhan kegiatan tersebut akan berlangsung secara simultan yang direncanakan berakhir pada April 2023 nanti.

Menurut Marketing and Relations Director Jay Jang, penanaman pohon ini menjadi penanda konsistensi LG dalam mendukung upaya pemerintah dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. 

"Terlepas dari seremoninya, kegiatan ini merupakan simbol konsistensi LG guna memberikan perhatian pada keberlangsungan lingkungan hidup di Indonesia," ujarnya.

Selain aspek lingkungan, program CSR LG juga menyasar pada ranah pendidikan di Indonesia. Pada 15 Juli 2022 lalu, LG memberikan dukungan dalam bentuk dua ruang praktek kelas industri dan sejumlah perangkat elektronik sebagai pendukung proses pembelajaran jurusan Teknik Pendinginan dan Tata Udara di SMK Negeri 1 Warungasem, Batang.

Tak hanya dukungan berupa ruang praktek kelas semata, LG juga memberikan perangkat penyejuk ruangan dan perangkat pendingin penyimpan bahan makanan. 

Untuk perangkat penyejuk ruangan terbagi menjadi dua bagian, yaitu AC untuk hunian LG DualCool with Watt Control dan juga AC bagi bangunan komersial yang meliputi AC Floor Standing dan AC Cassette. 

Sementara di sisi lain, LG juga memberikan freezer, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu serta kulkas premiumnya kategori side by side.

"Melalui pilar CSR LG yang lebih menitikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan, kami berharap dukungan fasilitas ini dapat memberikan peningkatan kompetensi siswa yang diperlukan saat melangkah ke dunia kerja nantinya,” ujar Marketing and Relations Director Jay Jang.

Program CSR LG juga menyasar ranah bencana alam. Melalui LG Loves dan Cares, LG Tak hanya fokus pada donasi semata, namun turut terjun langsung kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Langkah tersebut merupakan upaya LG dalam upaya pemulihan korban terdampak bencana di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ragam Inovasi Teknologi

LG terus menekankan pentingnya inovasi untuk memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari lintas generasi. Teknologi pada setiap sisi perangkat elektronik yang dihadirkan LG terus mengalami inovasi. Seperti TV, monitor, mesin cuci, penyejuk ruangan, hingga yang terbaru adalah kulkas.

Kulkas LG Macaron dilengkapi dengan rangkaian inovasi khas LG yang terkenal sebelumnya. Mulai dari Linear Cooling yang memastikan dinamika rendah bagi perubahan suhu dalam kabin, hingga Door Cooling yang memastikan tingkat suhu di rak belakang bilah pintu dan daerah sekitarnya setara dinginnya dengan titik dalam kabin penyimpan. 

Selain itu, kulkas dengan desain estetis ini juga memiliki kapasitas kabin yang bervariasi. Mulai dari kapasitas bersih 315 liter yang terkecil, hingga yang terbesar mencapai kapasitas 395 liter. Kulkas ini pun hemat energi, karena tersemat kompresor inverter yang membuat kulkas dengan freezer atas ini makin hemat.

LG juga melakukan inovasi dalam produk penyejuk ruangannya. Terbaru, LG menghadirkan AC floor standing ini mampu mengalirkan udara sejuk hingga 20 meter dari tempatnya diletakkan. Menariknya, walau dengan kapasitas pendinginan besar, penyejuk ruangan ini hemat energi.

Hal ini dikarenakan AC LG Floor Standing memiliki basis teknologi inverter pada kompresornya yang membuatnya mampu bekerja menyesuaikan kecepatan sesuai kebutuhan tanpa harus berulang kali melewati proses kompresor yang mati dan menyala kembali.

LG pun melakukan inovasi pada monitor komputer. LG menghadirkan monitor LG UltraGear yang merupakan Monitor Gaming OLED pertama dari LG yang masuk ke pasar Indonesia.

Panel OLED yang tersemat di monitor ini mampu memberikan kualitas gambar dengan contrast ratio tak terhingga dan memiliki kemampuan untuk menangani gambar dengan dinamika perubahan sangat cepat.

Ketiga varian produk yang penuh inovasi dari LG tersebut mampu menjawab kebutuhan sehari-hari lintas generasi. Mulai dari kebutuhan dapur, gaya hidup, hingga hiburan.

4 dari 4 halaman

Basis Produksi Pasar Domestik dan Global

Ragam produk yang dihadirkan oleh LG terasa spesial. Bukan hanya dari sisi inovasinya saja, namun dari sisi produksinya pun amat spesial. Ya, LG menempatkan basis produksi perangkat elektroniknya di Indonesia. 

Terdapat dua pabrik yang menjadi basis produksi LG untuk pasar domestik dan global. Dua pabrik tersebut terletak di Legok yang memproduksi penyejuk ruangan, kulkas, serta mesin cuci, dan di Cibitung yang memproduksi TV serta monitor. 

Bahkan produksi kulkas LG Macaron di Indonesia, menjadi basis bagi pemenuhan kebutuhan pasar mancanegara. Pangsa pasar utama yang dituju adalah negara Asia, bahkan merambah ke Korea Selatan yang menjadi negara asal LG.

Pabrik LG yang terletak di Cibitung juga menjadi pusat regional baru. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi TV LG di seluruh dunia, dengan Gumi mempertahankan statusnya sebagai pusat pengendalian (control tower) yang melakukan pekerjaan yang lebih banyak untuk bisnis LG lainnya yang sedang berkembang.

Peningkatan kapasitas produksi tersebut akan memungkinkan LG untuk menyediakan produk bagi konsumen secara lebih baik dari sebelumnya, khususnya untuk negara Asia dan Australia.

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS