Sukses

6 Fakta Menarik Meksiko, Negara yang Punya Piramida Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak tahu Meksiko? Negara yang terletak di Amerika Utara ini berada di peringkat ke-3 terbesar di Amerika Latin dan ke-5 di Amerika. Andrés Manuel López Obrador menjadi presiden Meksiko pada saat ini, memimpin negara meksiko sebanyak 130 juta jiwa. 

Meksiko memiliki makanan khas Taco, negara ini merupakan negara federasi yang terdiri dari 31 negara bagian dan sebuah distrik federal, yaitu ibu kota. Sama halnya dengan Amerika Serikat, pastinya Meksiko memiliki identitas, kebiasaan, dan budaya yang unik.

Meksiko memiiki jumlah situs warisan dunia yang diklaim oleh UNESCO sebanyak 31 situs dan merupakan negara yang paling banyak di kunjungi dengan rata-rata kedatangan internasional sebanyak 21,4 Juta orang per tahun. Pariwisatanya cukup maju, pada 2011 Meksiko merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih dari 22 juta kedatangan internasional. 

Sebagian besar orang mengetahui Meksiko sebagai salah satu kota dengan budaya yang kaya. Meksiko memiliki banyak bahasa, makanan kelas dunia, dan pilihan destinasi wisata menarik yang dapat wisatawan kunjungi. 

Salah satu negara yang sempat dijajah oleh Spanyol inimemiliki destinasi wisata bersejarah, yaitu piramida terbesar yang tersembunyi di bawah gunung bahkan merupakan piramida terbesar yang pernah ada.

Masih banyak hal lain tentang Meksiko. Berikut enam fakta menarik Meksiko yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis, (1/12/2022).  

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Piramida Terbesar

Ternyata bukan Mesir yang memiliki piramida terbesar di dunia tetapi Meksiko. Piramida Agung Cholula di Meksiko adalah bangunan yang memiliki tingginya mencapai 60 meter persegi dengan ukuran 400x400 meter.

Menurut Yucatan Magazine, piramida ini didirikan pada abad ke-5 SM sebagai sebuah desa kecil, kemudian Cholula terus berkembang selama ribuan tahun menjadi salah satu pusat terpenting di seluruh Mesoamerika klasik. Piramida ini memiliki mural yang terkenal yaitu “The Drunks” yang menggambarkan sosok manusia seukuran sedang minum minuman, kemungkinan pulke atau minuman yang terbuat dari jamur halusinogen.

Jika dilihat, piramida ini secara signifikan lebih besar daripada piramida Giza, meskipun kurang populer. Walaupun ukurannya empat kali lebih besar daripada Piramida Giza, Piramida ini jarang diketahui karena berada tersembunyi di bawah Gunung. Konstruksi yang megah sebenarnya adalah gereja yang dibangun oleh para penakluk Spanyol di atas piramida dan menjadi salah satu situs ziarah terpenting di Meksiko selama festival tahunannya.

3 dari 5 halaman

2. Banyak Museum

Meksiko tidak diragukan lagi adalah negara yang menawarkan banyak hal dalam hal budaya. Dengan jumlah museum yang luar biasa, menjadikannya kota terbesar kedua di dunia dalam hal museum.

Dilansir dalam laman situs resmi Negara Meksiko, dalam penelitian yang dilakukan oleh Dewan Nasional untuk Kebudayaan dan Seni pada 2010, negara Meksiko memiliki sekitar 1.121 museum, dan memiliki sekitar 141 bangunan budaya.

Beberapa museum seperti Museum Kebudayaan Nasional, Museum Nasional Antropolog Museum of Temple Mayor merupakan tempat yang cocok untuk anda dapat mempelajari kekayaan budaya dan warisan orang Meksiko. Kota ini tidak hanya memiliki jumlah museum terbanyak, tetapi juga memiliki beberapa museum yang unik di dunia, diantaranya Museum Kartun, Museum Pena, Museum Sepatu.

Museum sepatu ini bernama The Borcegui, sudah beroperasi mulai 1865 dan memiliki 2000 pasang sepatu yang dipamerkan. Model sepatu yang disajikan di sini dikumpulkan dari seluruh dunia dan berasal dari periode sejarah yang berbeda.

Selain sepatu kayu, kaca, porselen, jerami atau kulit, ada artefak yang menarik, seperti alas kaki astronot. Beberapa museum yang disebutkan juga sering mengadakan pameran yang menampilkan seni dan budaya Meksiko.

4 dari 5 halaman

3. Punya 69 Bahasa

Di Meksiko, selain bahasa spanyol, terdapat 68 bahasa lain, seperti náhuatl, mixteco, dan otomi. Tidak ada negara lain di benua Amerika yang memiliki keragaman bahasa asli yang sebanding seperti Meksiko sehingga Meksiko terkenal dengan keanekaragaman bahasa terkaya di dunia.

Bahasa yang sering digunakan selain bahasa spanyol adalah Nahuatl. Nahuatl adalah bahasa asli suku Aztec dan digunakan lebih dari 1,7 juta masyarakat di Meksiko.

4. Tujuan Wisata Populer

Dilansir dari laman WMP Mexico Advisors, menurut laporan Organisasi Pariwisata Dunia, Meksiko adalah negara Amerika Latin dengan jumlah pengunjung internasional tertinggi dan berada di peringkat 10 di seluruh dunia. Hal ini tentu tidak mengejutkan lagi, mengingat keragaman yang ditawarkan Meksiko dalam hal budaya dan alam.

Ada 32 lokasi di negara ini telah dianugerahi sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Meksiko memimpin peringkat di Benua Amerika dalam kategori ini serta menempati posisi 6 di seluruh dunia.  

5 dari 5 halaman

5. Masakan Meksiko

Makanan dari Meksiko begitu terkenal. Salah satunya adalah Taco. Pada 2010, UNESCO menambahkan masakan Meksiko ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia Nonmateri.

Akar masakan Meksiko berasal dari zaman kolonial di mana masakan Spanyol bertemu dengan olahan asli sehingga menciptakan perpaduan yang unik. Bahan-bahan asli termasuk jagung, alpukat, kacang-kacangan, coklat dan banyak lagi.

Di Meksiko, ada 64 varietas jagung yang berbeda. Tidak ada negara lain di dunia yang dapat mengklaim keragaman seperti itu.

6.  Di bangun dari Danau

Kabarnya, kota Meksiko di bangun di atas danau sehingga kota ini tenggelam sekitar 12cm setiap tahunnya. Danau tempat Meksiko di bangun disebut Cenote.

Danau ini dipilih oleh suku Aztec sebagai lokasi suci untuk membangun ibu kota mereka, Tenochtitlan. Kemudian, orang Spanyol memutuskan untuk membangun kota mereka di atas konstruksi Aztec dan melahirkan kota baru, yaitu Meksiko. Salah satu bukti bahwa Kota Meksiko dibangun di atas danau adalah, Menara Pisa karena ibu kota di bawah tanah berlumpur dan terus tenggelam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS