Sukses

Sneakers Presiden Prancis yang Dikenakan Selama di London Bikin Heboh Jagat Maya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prancis Emmanuel Macron baru-baru ini tengah jadi perbincangan hangat di jagat maya. Pilihan alas kaki Macron selama perjalanannya ke London menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II menyebabkan banjir komentar dan disinformasi online.

Dikutip dari AFP, Rabu (21/9/2022), Emmanuel Macron tertangkap kamera pada Minggu, 18 September 2022, sedang berjalan di depan Westminster Hall bersama istrinya Brigitte. Kala itu, jenazah Ratu Elizabeth II terbaring dalam peti mati menjelang pemakamannya pada Senin, 19 September 2022.

Alih-alih setelan biasa dan sepatu kulit hitam formal, Macron digambarkan terlihat sangat kasual, mengenakan kacamata hitam. Salah satu item yang mengejutkan beberapa pengamat adalah Macron mengenakan trainers (sneakers) warna biru tua.

Tampilan Macron tersebut memicu komentar kritis di jagat maya. Saluran radio talkshow Prancis RMC menyelenggarakan debat pada Senin, 19 September 2022 mengenai apakah tampilan streetwear Presiden Prancis pada kesempatan seperti itu "mengejutkan", dengan presenter Estelle Denis bersikeras ada "aturan berpakaian yang harus dihormati".

Dikutip dari The Independent, pasangan yang diapit oleh ajudan dan keamanan, dikritik dan diejek di media sosial karena pilihan pakaian mereka. "Kacamata hitam dan sepatu kets. Dan mengapa tidak jogging juga? Betapa tidak sopan!" cuit salah satu warganet media sosial Prancis.

"Penyamaran Emmanuel Macron mungkin adalah orang yang paling tidak menyamar yang pernah saya lihat," kata warganet lain, mengutip tweet video pemimpin berusia 44 tahun tersebut yang difilmkan berbicara dengan seseorang dalam bahasa Prancis sambil berjalan melewati penghalang keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tampilan di Pemakaman Ratu

Outlet media lain berusaha untuk mengoreksi narasi yang berkembang di media sosial, yang dikipasi oleh politisi sayap kanan dan kritikus presiden, bahwa Macron telah mengenakan sepatu kets untuk pemakaman ratu, yang berlangsung pada Senin.

"Tidak, Emmanuel dan Brigitte Macron tidak memberikan penghormatan kepada ratu dengan mengenakan training," kata sebuah artikel dari saluran TF1 nasional.

Pada saat pemimpin Prancis dan istrinya memberikan penghormatan di depan peti mati pada Minggu, 18 September 2022, keduanya telah berganti pakaian yang lebih formal. Kala itu, Macron tampil dalam balutan setelan hitam dan dasi hitam.

Pasangan itu mengenakan pakaian formal yang sama untuk pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey. Mereka tiba dengan bus bersama dengan para pemimpin lainnya.

Potret-potret tersebut memang menarik perhatian pada selera mahal Macron. Hal tersebut dikarenakan ia kerap disebut sebagai "presiden orang kaya" oleh para kritikus dan setelah musim panas ia digambarkan menggunakan jet-ski pada liburannya.

Sepatu yang dimaksud dibuat oleh merek fashion mewah Prancis J.M. Weston, menurut Le Figaro. Adapun sepatu tersebut dijual seharga 570 euro atau setara Rp8,5 juta sepasang.

3 dari 4 halaman

Tanda Hormat Para Pelayat

Hitam adalah warna dominan di antara sekitar 2.000 tamu yang memadati Westminster Abbey London untuk upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Dikutip dari CNN, Selasa, 20 September 2022, pilihan pakaian para hadirin terlihat mengenakan topi, bros, dan penghormatan pada pakaian nasional menambah karakter pada pakaian yang bernuansa muram.

Hiasan kepala formal tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari topi bertepi lebar hingga tukang pesona kecil dengan kerudung gelap. Desain yang lebih rumit terlihat pada Carole Middleton, ibu dari Catherine, Princess of Wales, dan Pemimpin House of Commons Inggris Penny Mordaunt, yang topinya menampilkan susunan bulu gelap.

Istri Presiden Prancis Emmanuel Macron, Brigitte, memilih topi model kotak obat dengan detail kerudung hitam kecil di bagian depan. Sedangkan, Jill Biden tampil lebih minimalis dengan desain seperti ikat kepala tipis yang berpuncak pada pita halus.

Putri Charlotte juga terlihat mengenakan topi hitam. Bocah berusia tujuh tahun tersebut juga memakai bros kecil berbentuk tapal kuda berlian di mantelnya. Itu merupakan hadiah dari nenek buyutnya, kata Istana Kensington kepada CNN.

4 dari 4 halaman

Tampilan Keluarga Ratu

Keluarga dekat Ratu lainnya mengenakan pakaian, ikat pinggang, dan medali yang ditentukan berdasarkan kepangkatan militer. Raja Charles III mengenakan seragam Royal Navy dan membawa pedang. Putranya William, Pangeran Wales yang baru diangkat, mengenakan seragam Angkatan Udara Kerajaan, sementara Pangeran Edward dan Putri Anne juga mengenakan seragam pangkat masing-masing.

Bukan lagi sebagai anggota kerajaan yang bekerja, Pangeran Andrew mengenakan morning suit yang sederhana, meskipun tetap dihiasi dengan berbagai medali dan dekorasi. Pangeran Harry juga tiba dengan pakaian sipil, setelah mundur dari tugas kerajaan pada 2020.

Kehadiran bros, pin, dan ikat pinggang bermakna yang halus. Kate Middleton mengenakan sepasang anting-anting yang terbuat dari mutiara yang diberikan kepada Ratu dan Pangeran Philip untuk pernikahan mereka pada 1947, serta Kalung Mutiara Jepang Empat Baris dari koleksi perhiasan pribadi Ratu (barang yang sebelumnya dikenakan oleh mendiang Putri Diana).

Meghan Markle mengikutinya dengan mengenakan gaun jubah yang elegan. Istri Pangeran Harry ini juga memakai sepasang anting-anting yang diberikan kepadanya oleh Ratu Elizabeth II pada 2018. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS