Sukses

Mencicipi Sensasi Kuliner Asia dan Barat Bergaya Fusion Kontemporer di Convoi Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Convoi, restoran bergaya kontemporer yang menyajikan kuliner Asia dan Barat hadir di selatan Jakarta. Restoran modern yang berlokasi di kawasan Bintaro itu diklaim sebagai restoran berkonsep kontemporer pertama di wilayah tersebut. 

Restoran ini menempati sebuah bangunan berfasad modern, memilih desain yang mengedepankan nuansa santai dengan misi membawa tamu sejenak menjauh dari keramaian kota. Desain ruang yang apik tersebut dipercantik dengan taman rindang serta sebuah kolam berkesinambungan untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Tata ruang restorannya terbagi menjadi ruang makan utama dan area bar, dua area outdoor, sebuah lantai mezzanine, serta ruang privat berkapasitas hingga 16 orang. Secara keseluruhan, Convoi sanggup mengakomodasi hingga 210 tamu.

"Kami mendesain Convoi agar menjadi restoran yang terbuka bagi semua tamu, mulai dari tamu keluarga hingga anak muda dan kaum urban, serta dapat bertransformasi menjadi tempat kongkow jika malam tiba. Kami berjanji akan melakukan yang terbaik guna menghadirkan koleksi makanan paripurna serta pertunjukan musik akustik terbaik di kawasan ini," ujar Henry Marheroso, General Manager Convoi kepada Liputan6.com, saat pembukaan pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Ia mengatakan, Jakarta Selatan merupakan sebuah destinasi kuliner yang memikat dengan skena makanan dan minuman yang impresif. Pihaknya merasa beruntung bisa menempati lokasi strategis di jalan utama yang menghubungkan Jakarta Selatan dengan Tangerang Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menu Fusion

Convoi menyuguhkan menu Asia dan Barat yang dimodifikasi dengan menggabungkan cita rasa tradisional dengan teknik masak modern. Langkah berani ini adalah ide dari Chef Agus Sutikno, koki berpengalaman lebih dari 15 tahun dengan bekerja di restoran serta hotel bintang lima.

Convoi fokus pada sajian comfort food. Beberapa hidangan andalan Convoi Sunset French Toast, yakni roti bakar bercita rasa gurih dengan daging sapi renyah. Dua bahan utama diolah menggunakan bawang beraroma minyak truffle, garlic emulsion, balsamic truffle, dan selada air di atasnya kemudian disajikan dengan maple syrup terpisah.

Selanjutnya ada Sei Sapi Pizza yaitu hidangan Piza ala Italia dengan topping daun singkong, udang rebon goreng, jagung bakar sambal matah, berpadu keju mozzarella, dan saus tomat bakar. Menu yang bisa dipesan bersama keluarga ini cukup unik karena topping tak biasa.

Salah satu menu yang saya coba adalah Spaghetti Sambal Matah. Hidangan Italia itu menjadi sangat lokal dengan ikan cakalang asap yang dimasak selama enam jam.

Rasa khas yang tertinggal di lidah dari cakalang asap ini ikut dikombinasikan bersama kecombrang, serta jeruk, rebon goreng, minyak kelapa, dan sambal matah khas Bali. Chef Agus menerangkan bahwa pasta sengaja tidak dimasak al dente, agar rasanya masuk dengan ikan cakalang sebagai highlight di menu. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kudapan Unik

Masih ada beberapa menu unggulan di Convoi yang harus pecinta kuliner coba. Di antaranya adalah Thai Duck and Lychee Curry, merupakan versi modern dari hidangan klasik kari Thailand lengkap dengan daging bebek, buah leci, buncis, nasi gurih dan ditutup dengan selada apel dan mentol.

Kemudian ada kudapan unik seperti Regal Soft Cookie Skillet, berupa biskuit Regal lembut dengan sejenis tumbuhan kacang-kacangan badam dan tuile, disajikan dengan es krim vanila di atasnya. Tak kalah menarik adalah Es Puter Binaria yang dulu sangat terkenal di Ancol. Kudapan ini hadir sebagai versi kontemporer dari minuman pencuci mulut khas Indonesia yang berisi es krim kelapa, nangka, toddy, madu, emping melinjo, saus manis dan orange gastrique.

"Kami ingin mendedikasikan Convoi kepada semua kalangan tamu. Oleh karena itu, kami menawarkan beragam pilihan comfort food yang patut dicoba," sambung Chef Agus.

Semua makanan yang ada di menu disebutkan telah melalui riset panjang serta didesain untuk menjawab permintaan pasar. Tamu diharapkan akan menyukainya dan bakal kembali datang untuk mencoba menu lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Festival Kuliner Tangerang

 

Masih belum puas dengan kuliner bergaya fusion kontemporer, Anda juga bisa mampir ke festival kuliner yang diselenggarakan di kota Tangerang. Setelah vakum dua tahun lebih, Festival Kuliner Rame Rame Jajan Kuliner bertemakan Pasar Raya dihelat di halaman parkir Tangcity Mall Kota Tangerang.

Layaknya pasar jajanan rakyat, berbagai menu dihadirkan dan langsung diserbu masyarakat tiap harinya. Pihak penyelenggara memulainya sejak pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap hari. Berbagai menu jajanan nusantara ala street food, korean food, chinese food, sampai jajanan jadul ala tahun 90-an juga disediakan di festival kuliner tersebut.

"Kali ini ada sebanyak tenant 80 tenant yang disediakan, terdiri dari 73 booth makanan, lima food truck," kata Cornelia Agnes, Promo and Event Manager Tangcity Mal, Jumat 5 Agustus 2022.

Festival kuliner itu akan berlangsung sampai 21 Agustus 2022. Lokasi kegiatan dihiasi ratusan lampion sebagai tema utama kegiatan. 

Sejumlah hiburan akan memeriahkan acara tersebut, di antaranya Hip Hop Dance Competition, Fun Community Show, dan Kpop Dance Cover Competition. Ada juga lomba yang akan digelar yakni lomba makan duren dan lomba makan porsi besar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS