Sukses

Misi Berbagi Brand Kecantikan Lokal, Fokus ke Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi satu aspek yang semakin hari kian banyak diperhatikan berbagai pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi kepada sesama dapat diwujudkan dalam beragam cara, termasuk berfokus pada kesehatan mental. Terlebih dua tahun belakangan kehidupan kian pelik akibat hantaman pandemi Covid-19 yang melanda seantero jagat.

Semangat berbagi ini pula yang digaungkan dari salah satu label kecantikan lokal, Skin Soul. Mengusung tema Skin Soul Capture The Soul, kampanye Skin Soul Peduli memiliki misi ingin mengajak setiap individu untuk saling merangkul dan bangkit dari keterpurukan.

"Kebahagiaan susah untuk dicari, tapi dibangun kita sendiri. Kampanye ini kita mencoba untuk berbagi kebahagiaan sebisa mungkin kita bagi agar mereka bisa merasakan," kata Amanda Manopo selaku Founder and CEO Skin Soul di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Amanda Manopo melanjutkan bahwa kampanye yang diusung pihaknya adalah berfokus pada kesehatan mental. Selain itu, pihaknya juga akan mengunjungi panti jompo, panti asuhan, bahkan Orang dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) tahun 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Sedangkan, sebanyak lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Bukan tanpa alasan pula hingga akhirnya Amanda Manopo memilih berfokus pada kesehatan mental pada kampanye Skin Soul tahun ini. Semua berawal ketika dulu ia ikut di sebuah komunitas yang peduli akan ODGJ.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi

"Dulu aku sering ke suatu daerah yang di mana banyak orang-orang yang terlantar di pinggir jalan, mereka tidak diurus, mandi pun enggak pernah bertahun-tahun. Dari situ, saya punya ketertarikan kita membantu orang-orang di sana," terang Amanda Manopo.

Chief Marketing Officer Skin Soul Angelica Manopo menyampaikan bahwa setahun ke depan pihaknya akan memiliki deretan kampanye. Pihaknya juga berencana akan berkolaborasi dengan musisi dan desainer fesyen.

"Tidak menutup kemungkinan ini dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Di masa pandemi sulit mendapatkan kerja, semoga bisa membuat suatu perubahan yang lebih baik," terang Angela.

Head of Marketing Communications and PR Skin Soul Indra Daniel Mawu menjelaskan kampanye ini bentuk kepedulian Skin Soul di tengah pandemi pada mereka yang terdampak. Pihaknya juga saling berbagi kebahagiaan dengan Komunitas Skin Soul Skin Besties.

"Sharing ke Skin Besties apa saja bentuk cerita yang mereka bagikan," ungkap Indra Daniel.

3 dari 4 halaman

Ragam Kegiatan

"Kita ajak Skin Besties kumpul bareng, sharing apa yang mereka rasakan. Mereka berbagi kisahnya masing-masing, mereka juga refill setelah release yang ada di perasaan dan kembali bisa melakukan aktivitas. Ke depannya, kita akan kolaborasi dengan seniman dan para desainer yang terdampak karena pandemi," terangnya.

Kampanye yang nantinya juga akan berkunjung ke panti jompo berencana mengajak para makeup artist dan barber. Hal tersebut dilakukan untuk berbagi kebahagiaan kepada orang tua di panti jompo dan memberikan mereka kepercayaan diri.

Indra menjelaskan untuk melaksanakan kampanye ini, pihaknya telah menghubungi beberapa desainer lokal dan seniman untuk diajak berkolaborasi. Rencananya, Skin Soul dan desainer nantinya akan membuat karya bersama.

"Karya rancangannya Skin Soul X desainer tersebut, dari sana kita coba perkenalkan ke media untuk produk khusus. Sedangkan bersama seniman, akan bikini mini concert," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Amanda Manopo Bisnis Kecantikan

Di tengah kesibukkan di dunia akting, Amanda Manopo menjalani bisnis kecantikan Skin Soul. Genap satu tahun sudah brand milik Amanda Manopo ambil bagian di industri kecantikan Tanah Air. Dalam proses berjalannya bisnis, aktris berusia 22 tahun ini juga berpartner dengan sang kakak, Angelica Manopo.

"Kalau bagi waktu, saya serahkan semua kepada Angel sebagai CMO. Nanti dia report ke saya dan saya kasih ide dan inovasi terbaru," kata Amanda Manopo dalam konferensi pers Skin Soul 1st Anniversary #TheMeaningfulJourneyofUS di kawasan Setiabudi, Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022.

Amanda melanjutkan dalam menggarap bisnis ia tidak mau setengah-setengah, salah satunya tampak dari konsep iklan sari Skin Soul yang dilaksanakan di alam terbuka. "Konsep iklan bukan sembarangan, sempat ke gunung. Next time coba hal yang baru. Enggak bisa kasih tahu sekarang karena surprise," lanjutnya

Amanda Manopo tak memungkiri bisnis kecantikan ia tentu ingin menaikkan penjualan. "Kita memberi sesuatu yang bisa dipakai jangka waktu panjang untuk investasi ke kulit," tambahnya.

Amanda Manopo juga menyampaikan dirinya kerap berkomunikasi dengan orang-orang yang telah lebih lama berbisnis. Ia mengaku banyak belajar saat memutuskan terjun ke industri kecantikan.

"Banyak pelajaran yang belum pernah saya dapatkan dan di Skin Soul saya dapat banyak pelajaran juga," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.