Sukses

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia yang Spektakuler Dibuka di Ceko

Liputan6.com, Jakarta - Berjalan dari satu gunung ke gunung lainnya, tergantung tinggi di atas tanah dengan hanya lembah luas yang menganga di bawah, bukan untuk orang yang lemah hati. Tetapi para pencari sensasi - dan pecinta infrastruktur - akan berbondong-bondong ke resor liburan Dolní Morava di timur laut Republik Ceko untuk mendaki jembatan gantung terpanjang di dunia yang baru, dikutip dari CNN, Sabtu (14/5/2022).

Dalam pembangunan selama dua tahun terakhir, jembatan yang membentang sepanjang 721 meter (2.365 kaki), dengan tepat bernama Sky Bridge 721, secara resmi dibuka pada 13 Mei 2022. Jalan setapak ini menjanjikan pemandangan spektakuler pegunungan Jeseníky yang diselimuti awan, dan pemandangan yang menggetarkan. , meskipun sedikit menakutkan, pengalaman.

Blogger Austria Victoria Fellner mengunjungi Sky Bridge 721 awal pekan ini sebagai bagian dari acara pratinjau, berbagi foto di akun Instagram-nya.Fellner mengatakan kepada CNN Travel bahwa mengambil langkah pertamanya di jembatan memberinya "perasaan mual."

Tapi ketakutan awal ini mereda saat dia mengagumi pemandangan di sekitarnya."Saya takut jembatan gantung itu akan banyak bergoyang, tapi tidak seburuk itu," kata Fellner. "Pemandangannya sangat mengesankan dan Anda bahkan dapat melihat hutan di bawah melalui teralis! Untungnya saya tidak takut ketinggian."

Sky Bridge 721, digantung dengan kabel, menggantung 95 meter di atas dasar lembah dan membentang antara 1.110 dan 1.116 meter di atas permukaan laut. Jembatan dapat diakses dengan kereta gantung dan berjalan melintasi adalah kesepakatan satu arah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Biaya Masuk

Saat keluar dari jalan setapak di sisi lain, pengunjung dapat berjalan di sepanjang jalan hutan beraspal yang dilapisi dengan tanda-tanda yang merinci sejarah Ceko. Ada juga game telepon realitas virtual yang sesuai.

Sky Bridge selebar 1,2 meter terbuka untuk anak-anak dari segala usia dan tinggi badan, tetapi tidak cocok untuk orang dengan kursi dorong atau kursi roda. Wisatawan saat ini harus memesan tiket Sky Bridge 721 sebelumnya di situs web Dolní Morava, dengan harga untuk dewasa mulai dari sekitar 14,60 dolar AS atau Rp250 ribu.

Dolní Morava, terletak di perbatasan Ceko dengan Polandia, adalah tempat liburan yang juga merupakan rumah bagi lereng ski, roller coaster alpine yang diklaim sebagai yang terpanjang kedua di Eropa, restoran di puncak gunung dan atraksi yang disebut Sky Walk -- struktur melengkung dengan jalan setapak dan perosotan kayu yang terletak 1.116 meter di atas permukaan laut.

Jembatan Langit Republik Ceko 154 meter lebih panjang dari jembatan gantung pemegang Rekor Dunia Guinness saat ini, Jembatan Baglung Parbat di Provinsi Gandaki, Nepal. Sky Bridge 721 berjarak sekitar 2,5 jam berkendara dari ibu kota Ceko, Praha.

3 dari 4 halaman

Jembatan Gantung Spanyol

Portugal baru saja membuka wisata jembatan gantung khusus pejalan kaki baru-baru ini. Dilansir dari laman CNN, Minggu, 2 Mei 2021, jembatan tersebut dinamai 516 Arouca.

Penamaan tersebut lantaran jembatan gantung itu memiliki panjang 516 meter dan berada di Kota Arouca. Tempat wisata itu menghubungkan dua air terjun, yakni Aguieiras dan Ngarai Paiva. Saat melintas, turis bisa merasakan sensasi yang memacu adrenalin.

Wahana itu merupakan fasilitas terbaru di Arouca Geopark, yang terkenal dengan olahraga ekstrim. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk melintasi jembatan dengan alas kawat berlubang yang di bawahnya mengalur Sungai Paiva. Ketika melintas, mereka akan menikmati pemandangan panorama air terjun dan sungai yang bergerak cepat melalui bawah kaki.

Jembatan 516 Arouce dibangun bergaya Tibet, ditopang oleh kabel baja dan dua menara besar berbentuk V, dengan tinggi 1.692 kaki. Didesain oleh Studio Itecons, proses pembangunan jembatan yang diselesaikan pada Juli 2020 itu membutuhkan waktu tiga tahun.

"Jembatan ini bertujuan untuk menyasar minat berbagai jenis orang seperti pecinta teknik, penikmat alam, dan orang yang menyukai kegiatan ekstrem," kata Dewan Lokal Kota Arouca dalam pernyataan tertulis, beberapa waktu lalu.

Jembatan itu terletak di bagian timur Geopark, tepatnya berada di Arouca yang masuk dalam Jaringan Geoparks Global UNESCO. Membutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara dari Porto untuk sampai di tempat wisata tersebut. Harga tiket masuknya adalah 12 Euro atau sekitar Rp208 ribu per orang.

 

4 dari 4 halaman

Jembatan Khusus Pejalan Kaki

Kehadiran 516 Arouca menggeser posisi jembatan gantung pejalan kaki terpanjang yang berlokasi di Swis. Jembatan gantung Charles Kuonen membentang sepanjang 498 meter dan dibuka pada 2017. Jembatan tersebut menawarkan pemandangan Matterhorn, Weisshorn, dan Bernese Alps.

Selain itu, ada jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Amerika Serikat. Jembatan yang diberi nama SkyBridge membentang sepanjang 680 kaki melintas di lembah Great Smoky Mountains.

Jembatan itu dibuka untuk umum pada Mei 2019. Namun, kini ditutup sebentar pada Juni 2020 setelah seorang wisatawan sembrono mencoba bergaya bermain bisbol di panel kaca, yang menyebabkan lantai menjadi pecah.

Sementara, Tiongkok memiliki jembatan gantung tertinggi dengan alas kaca bernama Jembatan Kaca Zhiangjiajie. Pengunjung bisa menguji nyalinya dengan bungee jumping dari ketinggian 853 kaki.