Sukses

Kisah Hidup Farida Nurhan, Lulusan SMP yang Jadi YouTuber Terkenal

Sempat jadi TKW dan bisnis properti, Farida Nurhan banting setir jadi YouTuber.

Liputan6.com, Jakarta - Farida Nurhan kembali menjadi sorotan usai mengaku pernah hamil di luar nikah. Sontak publik terkejut mendengar pengakuan itu.

Pengakuan jujur Farida Nurhan tersebut jadi perbincangan. Di luar hal itu, Farida saat ini sedang menikmati waktunya sebagai YouTuber terkenal.

Perempuan yang akrab disapa Rida itu aktif sebagai YouTuber yang rutin mengunggahnya. Meski dikenal luas sebagai salah satu YouTuber ternama, tak banyak orang yang mengetahui perjalanan karier Rida.

"Aku dulu waktu umur 17 tahun itu ke luar negeri untuk menjadi TKW. Aku bekerja 11 bulan di Singapura, kemudian dikirim ke Hong Kong," ucap Farida dikutip dari YouTube Ussy Andhika Official, Kamis, 6 Januari 2022.

Di waktu libur di Hong Kong, Farida memanfaatkan waktunya untuk berjualan rokok di Taman Victoria Park dari pagi hingga sore. Ia harus membawa ransel untuk menaruh rokok-rokoknya dijualnya.

"Uangnya aku tabung semua," ujar Farida Nurhan. "Aku itu pakai baju bekas-bekas aja dan nggak pernah beli hp-hp baru. Uangku aku tabung semua," imbuhnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis Properti

Setelah bekerja lebih dari enam tahun sebagai TKW, Farida memutuskan kembali ke Indonesia. Ia bertekad tak mau kembali ke luar negeri, kecuali urusan liburan.

Ia memilih untuk membesarkan anaknya. Di Indonesia, ia terjun di bidang properti selama delapan tahun.

"Saya harus memutuskan bekerja di agen properti atau YouTuber, akhirnya aku pilih sebagai YouTuber," ujar Farida yang mengaku hanya tamatan SMP di Lumajang itu.

 

3 dari 4 halaman

YouTuber Sukses

Farida secara resmi memulai kariernya sebagai seorang YouTuber pada 2016. Alasan ia memilih sebagai YouTuber karena merasa lebih fleksibel urusan waktu.

Saat ini Farida telah memiliki lebih dari empat juta subscriber. Ia membagikan video-video ulasan tentang makanan.

"Awalnya semua aku lakukan sendiri. Dari subscribernya hanya enam orang, sampai 30 orang. Lalu, aku menemukan passion-ku di dunia kuliner, " ungkap Farida. Dari situ hingga kini namanya terus eksis jadi sosok terkenal.

4 dari 4 halaman

Infografis Kontroversi YouTuber dan Selebgram di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.