Sukses

6 Manfaat Air Kelapa untuk Rambut, Bikin Berkilau hingga Cegah Kerontokan

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, ternyata air kelapa juga bermanfaat untuk perawatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki masalah rambut seperti ketombe, ujung rambut bercabang, dan rambut rontok pasti akan menyebabkan stres pada rambut Anda. Masalah rambut tersebut juga dapat menghilangkan kilau alami dari rambut Anda, sehingga membuat rambut tampak kusam.

Dilansir Dr Health Benefits, Kamis (11/11/2021), Air kelapa tidak hanya memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, namun memiliki manfaat untuk kecantikan juga. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan air kelapa ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda.

Air kelapa kaya akan nutrisi dan mineral yang penting untuk membantu Anda menghilangkan rambut kering dan kusut. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu Anda mendapatkan rambut berkilau dan menjaga ujung rambut agar tidak bercabang.

Manfaat air kelapa didukung oleh kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan gizi air kelapa diantaranya Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Berikut manfaat air kelapa untuk rambut:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menambahkan Kilau pada Rambut

Anda dapat mencuci rambut Anda dengan air kelapa untuk mendapatkan rambut tampak kilau alami. Air kelapa juga merupakan kondisioner yang dapat memperbaiki kerusakan bagi mereka yang memiliki rambut rusak.

Caranya cukup campurkan air kelapa, nektar, dan yogurt dalam mangkuk, lalu oleskan campuran tersebut pada rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan lembut hingga bersih.

3 dari 8 halaman

2. Mengurangi Ketombe

Air kelapa juga membantu dalam mengurangi ketombe saat dioleskan pada kulit kepala. Sifat anti-jamur dalam air kelapa benar-benar dapat membantu mengurangi ketombe dan iritasi, sehingga membuat kulit kepala Anda lebih bersih dan sehat.

4 dari 8 halaman

3. Mencegah Rambut Rontok

Air kelapa dengan potasium dan suplemen lain dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Oleh karena itu, untuk menjaga kekuatan rambut Anda, minumlah air kelapa secara rutin untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Air kelapa juga kaya akan vitamin K dan zat besi, sehingga mampu membawa lebih banyak oksigen ke kulit kepala Anda untuk mengurangi kerontokan rambut dan menyebabkan rambut Anda tampak jauh lebih kuat.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Pembentukan kembali sel dan sifat terapeutik adalah alasan mendasar di balik mengapa air kelapa membantu perkembangan rambut yang lebih baik. Pada dasarnya, memijat kulit kepala Anda dengan air kelapa seminggu sekali, dapat membantu merangsang folikel rambut yang lemah dan mendorongnya ke dalam, sehingga dapat memajukan perkembangan rambut.

6 dari 8 halaman

5. Membuat Kondisioner Tanpa Perawatan yang Efektif

Air kelapa merupakan metode yang ideal untuk menetralkan kulit kepala yang kering dan mengganggu. Dengan menggosok air kelapa ke kulit kepala Anda juga dapat membantu merasa lebih segar.

Anda hanya membutuhkan air kelapa murni yang tanpa gula, aditif, atau tambahan, yang dapat membuat rambut Anda lengket, dan minyak jojoba atau alpukat. Gunakan sebagian besar air kelapa yang dicampur, dengan empat sendok makan minyak jojoba atau alpukat. Oleskan ke rambut Anda sebagai perawatan kulit kepala untuk memijat folikel rambut Anda, atau gunakan sebelum keramas untuk menenangkan kulit kepala Anda.

7 dari 8 halaman

6. Dapat Digunakan untuk Semua Jenis Rambut

Apa pun jenis rambut yang Anda miliki, air kelapa dapat membantu sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut Anda. Jika Anda telah mencoba minyak kelapa dan ternyata meninggalkan rambut Anda terlalu lembab, maka cobalah air kelapa.

Itulah manfaat air kelapa untuk kesehatan rambut. Selain banyak manfaatnya, air kelapa juga memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, sehingga tidak heran jika banyak yang menggemarinya.

Penulis: Vania Dinda Marella

8 dari 8 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.