Sukses

Aksi Haru Bocah 4 Tahun Bagi-Bagi 50 Boks Sandwich di Hari Ultah

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan ulang tahun ke-4, Jarrett tidak ingin hanya ia dan orang-orang terdekatnya yang merasakan kebahagiaan perayaan itu. Karenanya, bocah lelaki itu memutuskan membagi emosi ini dengan orang-orang kurang beruntung selama pandemi COVID-19.

Melansir Says, Kamis, 29 Juli 2021, inisiasi ini berawal ketika Jarrett dan teman-teman sekelasnya didorong menemukan cara membantu yang kurang mampu. Ini merupakan bagian dari tugas sekolahnya yang disebut "Fifty for the Needy."

Jadi, ketika orangtuanya bertanya bagaimana ia ingin merayakan ultahnya, Jarrett mengatakan bahwa ia ingin membuat makanan favoritnya, sandwich selai kacang dan cokelat, untuk mereka yang kurang beruntung. Meski masih sangat muda, Jarrett memahami perjuangan yang dihadapi orang Malaysia selama pandemi.

"Kami tidak bisa lebih bangga pada Jarrett karena memulai tindakan tanpa pamrih seperti itu. Kami siap membelikannya mainan seperti biasa, tapi ia bersikeras bahwa ini adalah cara yang ia inginkan untuk menghabiskan hari ulang tahun," kata ibu Jarrett.

Momen itu pun digunakannya untuk membuat 50 sandwich dan mengemasnya ke dalam boks. Ini dilakukan Jarrett dengan bantuan saudara perempuannya yang berusia tujuh tahun, Maya. Keluarga itu juga membuat poster penggalangan dana yang dibagikan di Facebook dan WhatsApp.

Mereka kemudian mengirimkan boks-boks sandwich ke inisiatif bank makanan yang sedang berlangsung. Itu merupakan medium orang-orang dapat berkontribusi dalam mengisi rak dengan makanan dan barang-barang penting untuk diberikan secara gratis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Salurkan Donasi

Hanya dalam dua hari, Jarrett berhasil mengumpulkan 2,3 ribu ringgit (Rp7,8 juta) dari 54 pendonor. Dana ini kemudian disalurkannya ke bank makanan Caltex melalui taman kanak-kanaknya.

"Saya sangat senang bahwa saya dapat menghabiskan hari ulang tahun saya berbagi sandwich favorit saya dengan yang membutuhkan. Saya harap ini mencerahkan hari mereka!" kata Jarrett.

Ibu Jarrett pun mendorong semua orang untuk mempraktikkan tindakan kebaikan dengan cara apa pun yang mereka bisa. "Kita tentu perlu merayakan kemenangan kecil dan terus mendorong satu sama lain setiap saat," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Dorongan Saling Membantu

Selain bank makanan, stasiun Caltex juga mengirimkan barang-barang penting pada anggota komunitas mereka sebagai sarana pendukung selama masa sulit. Namun, ini tentu bukan satu-satunya inisiatif sosial di masa pandemi.

Sejak tahun lalu, publik sudah menggagas berbagai upaya untuk saling membantu. Gerakan yang sempat ramai di media sosial termasuk ikut membelikan makanan pada pengemudi ojek online.

Juga, tidak sedikit orang yang berbagi dengan kurir pengantar barang. Mereka meninggalkan air minum dan makanan ringan untuk dinikmati secara gratis sebagai "ucapan terima kasih" karena telah mengantar kebutuhan sehari-hari selagi pembatasan berlaku.

4 dari 4 halaman

Infografis Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah COVID-19