Sukses

Aksi Tipu-Tipu Pria di China Pakai Kecoak demi Dapat Ganti Rugi dari Restoran

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita makan di restoran tentunya ingin merasakan makanan yang enak dan suasana yang nyaman. Kalau menemukan sesuatu yang sangat menganggu dengan makanan atau pelayanan mereka, sejumlah restoran tak jarang memberikan kompensasi sebagai wujud tanggung jawab.

Namun, hal ini dimanfaatkan seorang pria di Shenzen, China, demi mendapatkan uang ganti rugi dari salah satu restoran hotpot terkenal.  Dilansir dari Asiaone, Selasa, 22 Juni 2021, belum lama ini viral cerita seorang pria sengaja memasukkan kecoak ke dalam makanan demi mendapatkan uang pengganti.

Kecoak itu dibawanya dari rumah dan dimasukkan ke dalam hotpot pesanannya. Tak lama kemudian, ia berpura-pura syok dan komplain kepada restoran. 

Mengetahui hal tersebut, pihak restoran langsung memberi pria itu dengan sejumlah uang. Parahnya lagi, ia tidak melakukan ini sekali saja.

Ia ketagihan menipu di gerai restoran lainnya. Dari aksinya itu, pria tersebut berhasil mendapatkan kompensasi sekitar Rp 3,5 juta. Apa yang dialami pria itu mulai tersebar luas. Aksi tipu-tipunya sempat membuat publik China heboh. 

Pihak restoran langsung mencoba menginvestigasi ulahnya dengan mengecek kembali rekaman CCTV. Dugaan mereka benar. Pria tersebut menipu agar mendapatkan uang pengganti.

"Kami bisa melihatnya menjatuhkan benda asing ke dalam kuah hotpot ketika ia menuangkan sayuran," ungkap manajer restoran.

2 dari 5 halaman

Pernah Jadi Pelayan

Fakta mengejutkan tentang pria ini bukan itu saja. Ia ternyata pernah menjadi salah satu pelayan restoran. Karena pengalamannya, ia berpikir restoran dengan mudah dapat ditipu oleh pelanggan. Ia pun melakukan hal serupa.

Beda cerita dengan pria di atas, kali ini kecoak benar-benar ditemukan di dalam makanan juga pernah dialami mereka yang memesan makanan secara daring. Hal ini dialami seorang wanita di Chaosan, Guangdong, China, beberapa waktu lalu.

Ia menemukan 40 anak kecoak di menu makanannya. Dikutip dari Oriental Daily, dirinya menemukan puluhan kecoak mati itu di dalam semur bebek pesanannya.

Awalnya, dia menemukan satu kecoak mati dalam semur bebeknya dan langsung kehilangan nafsu makannya. Tak berhenti, dirinya kembali menemukan kecoak mati hingga akhirnya berjumlah 40.

3 dari 5 halaman

Bahaya Kecoak

Dia kemudian mengambil foto dari kecoak-kecoak tersebut dan mengunggahnya di media sosial.  Sontak saja warganet mengaku jijik dengan hal tersebut. Wanita itu lantas melaporkan kejadian ini kepada polisi dan petugas kebersihan makanan setempat untuk menginvestigasi restoran tempat dia memesan makanan tersebut.

Apa sebenarnya pengaruh kecoak pada makanan yang akan kita konsumsi? Mengutip data dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecoak merupakan hewan yang bebas tinggal di tempat-tempat kotor seperti selokan,dan  saluran pembuangan. Lalu, aneka makanan senang dihinggapi oleh hewan ini mulai dari feses sampai dengan makanan yang ada di atas meja makan.

"Kecoak mengonsumsi feses juga makanan manusia, sehingga kecoak rentan menyebarkan kuman penyakit," seperti tertulis dalam laman resmi WHO yang dilansir dari kanal Health Liputan6.com.

Tak heran bila makanan tersebut sudah dihinggapi kecoak bisa menyebabkan diare dan disentri. Kehadiran kecoak juga bisa membuat reaksi alergi pada beberapa orang seperti dermatitis, gatal, pembengkakan kelopak mata, bahkan masalah pernapasan.

4 dari 5 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: