Sukses

Ternyata Ini Manfaat Menyikat Gigi di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang masih menganggap menyikat gigi pada malam hari tidak perlu. Padahal, menyikat gigi di malam hari memiliki segudang manfaat. Namun, kebiasaan baik kerap diacuhkan oleh sebagian orang.

Perlu diketahui, menyikat gigi pada malam hari tak hanya memberikan kesehatan pada mulut dan gigi saja, namun bisa menjaga kesehatan organ tubuh lainnya lho. Dilansir dari Merdeka, berikut penjelasannya

Jaga kesehatan paru - paru

Manfaat pertama adalah mampu menjaga kesehatan paru - paru. Kenapa? karena bagian mulut mengandung bakteri yang bisa berdampka buruk jika berkembang biak, membentuk plak dan masalah lainnya.

Jika dibiarkan, bakteri ini dapat menyebabkan masalah besar yang berdampak lebih dari sekadar merusak gusi pelindung. Selain itu, bakteri berbahaya yang bersarang di gigi dan mulut bisa terhirup pada saluran pernapasan bagian bawah dan menyebabkan infeksi.

Penyakit gusi

Saat menerapkan sikat gigi pada malam hari Anda akan terhindar dari penyakit gusi. Penyakit itu adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak kalsifikasi.

Peradangan di gusi disebut gingivitis, yang menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak dan lunak, dan berdarah saat Anda menyikat atau membersihkan gigi.

Bau mulut

Saat malam hari Anda akan tidur, jika tidak menggosok gigi sebelum tidur kuman akan berkembang dan menyebabkan mulut mengeluarkan bau tak sedap. Tak hanya itu, sisa makanan yang ada di mulut bisa membuat menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu, dianjurkan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Hal itu untuk menjaga gigi dan mulut ketika Anda terlelap.

Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi sebelum tidur. 

 

(*)

 

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid