Sukses

Tata Cara Salat di Pesawat, Tak Sesulit yang Dibayangkan

Ada dua hal utama yang dipersiapkan pramugari untuk salat di pesawat, yaitu mukena dan plastik disposal.

Liputan6.com, Jakarta - Pramugari, seperti awak kabin lainnya, menghabiskan banyak waktunya di dalam pesawat terbang. Namun, itu bukan jadi alasan bagi mereka yang muslim untuk menunaikan salat lima waktu. Kapan pun dan dimana pun berada, salat wajib lima waktu tidak boleh ditinggalkan, termasuk ketika berada di dalam pesawat.

Sudah beberapa kali beredar video pramugari sedang melaksanakan salat di pesawat yang sedang mengudara. Tapi, video-video tersebut hanya sekilas saja dan biasanya direkam secara diam-diam.

Yang terbaru, seorang pramugari membagikan video cara melakukan salat di pesawat. Caranya simpel dan tidak sulit. Dilansir dari video unggahan akun Youtube ‘pramugari channel’ pada 20 April 2021, seorang pramugari dengan akun tiktok @fayantinurhasanah26 membagikan tutorial tentang bagaimana cara pramugari salat di pesawat.

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 3,2 juta kali dan disukai lebih dari 79 ribu kali. "Jika memungkinkan, sebaiknya salat di darat. Jika tidak memungkinkan, pramugari bisa melakukan di pesawat," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Tahapannya dimulai dari cara mengambil wudu. Sebelum salat, pramugari akan berwudu menggunakan air yang ada di toilet pesawat. Namun jika dalam keadaan darurat dan tidak memungkinkan untuk berwudu menggunakan air di pesawat, tayamum bisa jadi solusi.

Saat akan melaksanakan salat di pesawat, ada dua hal utama yang harus dipersiapkan, yaitu mukena dan disposal bag atau tas pembuangan. Tas atau kantong tersebut digunakan sebagai alas kaki pramugari ketika salat agar menjaga kaki tetap dalam keadaan suci.

Kalau kita biasanya melaksanakan salat sambil berdiri menghadap kiblat, maka sang pramugari salat dalam keadaan duduk menghadap ke mana arah pesawat sedang terbang.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mukena Bagian Bawah

Usai mengambil wudu, pramugari terlebih dahulu mengenakan mukena bagian bawah, kemudian duduk di jump seat dan memakai shoulder harness pesawat.

Pemakaian shoulder harness atau tali pengikat bahu dilakukan untuk berjaga-jaga jika dalam keadaan darurat, pramugari sudah dalam keadaan aman. Setelahnya dilanjutkan mengenakan mukena bagian atas. Salat pun dilaksanakan seperti biasanya.

Di tahun lalu, momen pramugari tayamum dan salat di pesawat sempat terekam kamera dan videonya viral usai diunggah di TikTok dan diunggah kembali oleh akun Twitter @rakyatjelataTV pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Dalam video TikTok milik akun @kusditrans24 ini, pramugari tersebut terlihat bertayamum lalu mengenakan mukena berwarna merah muda dan salat di dekat pintu pesawat.

3 dari 3 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.