Sukses

Cerita Mengharukan dalam Video Viral Pilot Salat di Pesawat

Pilot yang sedang salat itu tengah melakukan perjalanan dari Merauke ke Pontianak.

Liputan6.com, Jakarta - Mendiang Kapten Afwan, pilot Sriwijata Air SJ182, yang dikenal religius dan taat beribadah seolah jadi pengingat bahwa tanggung jawab pekerjaan bukan alasan meninggalkan salat, bahkan saat tengah terbang.

Senada dengan pesan tersebut, baru-baru ini beredar sebuah video memperlihatkan seorang pilot yang sedang salat di pesawat. Video viral itu diunggah oleh akun Tiktok @rfnoor737 pada 14 Januari 2021. Dalam klip tersebut, terlihat seorang pilot yang tengah melakukan salat dalam posisi duduk saat berada di dalam pesawat.

Berdasarkan unggahan tersebut, pilot itu tengah melakukan perjalanan dari Merauke ke Pontianak. "Jagalah lima waktumu sahabat, kita tidak tahu kapan ajal menjemput kita," tulis akun tersebut dalam keterangan video.

Di rekaman gambar tersebut, sang pilot menceritakan perjalanan udara yang dilakoni saat itu. Selama perjalanan, cuaca di Pontianak kurang bersahabat. Meski begitu, ia tetap melanjutkan penerbangan, dan saat hendak mendarat, hujan lebat pun berhenti.

Sampai akhirnya, ia bersama kru dan penumpang berhasil mendarat dengan selamat. Cerita tersebut membuat warganet terharu. Mereka mendoakan agar setiap perjalanan diberikan keselamatan.

"Semoga selalu dilindungi Alla ya capt," komentar seorang warganet.  "Alhamdulilah ya Allah. Capt Afwan jadi panutan untuk para pilot dan krunya. Subhanallah. Terharu," komentar warganet lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tayamum dan Salat

Sampai berita ini ditulis, video pilot sedang salat di dalam pesawat itu sudah dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan disukai lebih dari 199 ribu kali.

Tak hanya pilot, beberapa bulan lalu juga sempat viral seorang pramugari melakukan tayamum dan salat di dalam pesawat terbang. Dalam video TikTok tersebut, seorang pramugari terlihat bertayamum, lalu mengenakan mukena berwarna merah muda dan salat di dekat pintu pesawat.

Pada Juli lalu, akun TikTok @derissauri juga mengunggah video seorang pramugari mengenakan mukena cokelat muda. Saat itu, ia sedang melipat bagian bawah mukena. Awalnya, ia tak sadar sedang direkam, tapi tak lama dari itu, ia menengok ke arah kamera.

Seketika wanita tersebut tersenyum dan tersipu malu, kemudian menutupi wajahnya dengan mukena. Pemilik akun itu adalah awak kabin yang mengaku spontan merekam rekannya saat selesai salat.

3 dari 3 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.