Sukses

Restoran Indonesia di Singapura Tutup Setelah Beroperasi Selama 24 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 masih banyak berdampak pada berbagai bidang usaha, termasuk restoran. Salah satu restoran Indonesia di Singapura, The Rice Table resmi tutup setelah beroperasi selama 24 tahun. Penutupan restoran ini terjadi di tengah pandemi yang masih melanda Singapura.

Dilansir dari laman Mothership.sg, 20 Mei 2021, The Rice Table termasuk restoran Indonesia legendaris di Singapura. Namun pandemi membawa dampak besar bagi bisnis restoran di Negara Singa yang membuat banyak tempat makan gulung tikar. Meski sudah berdiri selama puluhan tahun, restoran itu tetap tak mampu bertahan dan berujung tutup.

The Rice Table mempunyai konsep restoran autentik rijsttafel ala Belanda. Konsepnya hampir mirip dengan rumah makan khas Padang, di mana semua menunya disajikan langsung di atas meja pelanggan. Para pengunjung bebas memilih makanan serta menyesuaikan dengan porsi dan selera mereka.

Mereka mengumumkan keputusan menutup restoran itu melalui akun Facebook resminya pada 19 Mei 2021. Alasan utamanya, karena kontrak sewa gedung sudah berakhir. Mereka juga berencana tak melanjutkan bisnisnya lagi.

"Kami berterima kasih pada semua pegawai maupun tim The Rice Table dan kepada para pelanggan setia, yang membuat kami mampu bertahan selama 24 tahun. Kami akan terus menyimpan semua kenangan ini," bunyi pengumuman yang diunggah akun The Ricetable Indonesian Restaurant.

Pengumuman tersebut tentunya jadi kabar menyedihkan bagi para pelanggan setia mereka, terutama bagi pencinta makanan Indonesia di Singapura.

2 dari 4 halaman

Menu Andalan

"Terima kasih sudah menyajikan makanan yang enak. Ini masih menjadi kabar yang sedih, terutama bagi para perantau. Semoga kalian semua dapat yang terbaik di masa depan nantinya," tulis salah satu pelanggan mereka.

Pelanggan lainnya pun ikut menyampaikan perasaan mendalam mereka, bahkan ikut mendoakan nasib restoran ke depannya. Restoran yang berlokasi di Orchard ini memiliki menu andalan, di antaranya gado-gado, ikan asam manis, gulai ayam, satai ayam, sup ayam khas Jawa, tumis kangkung, tahu telur, sambal goreng udang, sampai rendang.

Namun jika Anda kangen dengan masakan Indonesia saat berada di Singapura, tak perlu khawatir. Di Singapura, masih ada sejumlah restoran Indonesia yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Tambuah Mas Indonesia Restaurant, yang termasuk restoran Indonesia tertua di Singapura yang sudah buka sejak 1981.

Menu andalannya antara lain, tahu telur dan kembang tahu adonan telur yang digoreng. Menu unggulan lainnya termasuk ikan acar, dibuat dengan kepala ikan yang direbus dengan saus asam, dan nasi goreng istimewa, lengkap dengan udang, satai ayam, dan acar.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: