Sukses

Bandara Changi Jadi Klaster Covid-19 Aktif Terbesar di Singapura, Lebih dari 100 Kasus

Cluster Covid-19 di Bandara Changi telah membengkak menjadi lebih dari 100 orang dalam waktu kurang dari sebulan.

Liputan6.com, Singapura - Dalam waktu kurang dari sebulan, klaster COVID-19 di Bandara Changi telah menanjak menjadi lebih dari 100 orang, termasuk pekerja bandara yang pekerjaannya tidak mengharuskan mereka berinteraksi dengan penumpang, anggota keluarga staf lini depan, dan pengunjung.

Sekarang, itu menjadi klaster aktif terbesar di Singapura, dan menyumbang empat dari 30 kasus komunitas baru yang dilaporkan pada Jumat (21/5/2021).

Asiaone melaporkan, langkah-langkah ketat - termasuk pembatasan ketat pada pertemuan sosial dan pengujian proaktif staf bandara - saat ini diterapkan untuk memagari klaster dan mencegah penularan lebih lanjut di komunitas yang lebih luas.

Tetapi bagaimana Singapura bisa sampai pada situasi ini?

Pada awal April, kasus COVID-19 di India mulai meningkat, menimbulkan pertanyaan apakah Singapura harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penerbangan dari negara tersebut.

Pada 22 April, negara itu mengumumkan akan melarang semua pemegang izin masuk jangka panjang dan pengunjung jangka pendek yang bepergian ke India dalam 14 hari terakhir. Seminggu kemudian, pembatasan ini diperluas ke empat negara tetangga: Bangladesh, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

Tetapi pada saat itu, virus B1617 baru yang lebih dapat ditularkan telah membuat terobosan signifikan di Singapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bergantung pada Tenaga Kerja Asing

Sebagai negara berwawasan ke luar dengan ekonomi global, Singapura sangat bergantung pada pekerja dari luar negeri untuk beberapa industri utama.

Associate Professor Natasha Howard, dari Universitas Nasional Singapura Saw Swee Sekolah Kesehatan Masyarakat Hock, mengatakan bahwa Singapura akan mengambil "keputusan strategis untuk tetap buka selama mungkin".

Oleh karena itu diharapkan beberapa kasus akan diimpor bahkan dengan langkah-langkah pengawasan perbatasan yang ketat, mengingat betapa berbedanya virus telah dikendalikan di banyak negara, katanya.

"Dengan kata lain, menghentikan penerbangan dari negara-negara berisiko tinggi hanya akan menunda hal yang tak terhindarkan," kata Associate Professor Jeremy Lim, juga dari Sekolah Saw Swee Hock.

Meski begitu, penundaan ini bisa menjadi sangat penting dalam "memperkuat benteng", tambah Prof Lim. "Bisakah kita lockdown sebentar, untuk meninjau dan memperketat pertahanan kita?"

Associate Professor Hsu Li Yang, wakil dekan kesehatan global di sekolah tersebut, juga menunjukkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia dan lembaga lain mengklasifikasikan jenis B1617 sebagai varian yang menjadi perhatian hanya pada awal Mei, setelah infeksi di Singapura terjadi.

"Meskipun wabah luar biasa di India - dan mungkin yang lebih penting, perpindahan semua varian lain di India oleh varian ini - akan menandakan bahwa kehati-hatian yang lebih besar diperlukan di sini."

3 dari 3 halaman

Penyebaran Virus

Hasil tes filogenetik dari gelombang awal pekerja bandara yang terinfeksi menemukan bahwa mereka memiliki varian B1617, dan cukup mirip sehingga mereka menunjukkan sumber infeksi yang umum.

Tanda-tanda awal menunjukkan bahwa penularan awal ini bisa saja terjadi melalui seorang pekerja bandara yang telah membantu keluarga dari Asia Selatan, kata Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dan Grup Bandara Changi dalam pernyataan bersama, Jumat (21/5/2021). Keluarga itu kemudian dinyatakan positif terkena virus.

Masih belum jelas persis bagaimana virus kemudian menyebar ke pekerja lain dan anggota masyarakat, meskipun dokter telah menunjuk pada lingkungan ber-AC sebagai faktor yang mungkin berkontribusi.

Beberapa pekerja yang terinfeksi yang makan di foodcourt Terminal 3 juga dapat membuat pengunjung lain terpapar virus.

Selain itu, bandara telah memisahkan aula imigrasi, sabuk bagasi, dan toilet yang digunakan oleh penumpang yang masuk dari berbagai kategori risiko, menunjukkan bahwa area ini juga dapat dicurigai.

Karena varian Covid-19 yang lebih mudah menular tampaknya dapat menyebar di ruang tertutup meskipun ada protokol pencegahan dan pengendalian infeksi, langkah-langkah ini mungkin perlu ditingkatkan.

Ada kemungkinan juga bahwa tes reaksi berantai polimerase saat ini mungkin tidak mendeteksi beberapa infeksi yang disebabkan oleh varian virus, tambah pakar penyakit menular Paul Tambyah, presiden Asia Pacific Society of Clinical Microbiology and Infection. 

"Itu mungkin telah berkontribusi pada penularan diam-diam oleh orang-orang yang mungkin dites negatif, tetapi sebenarnya telah terinfeksi," katanya.

Dr Leong Hoe Nam, pakar penyakit menular lainnya dari Klinik Rophi, menjelaskan bahwa ketidaknyamanan bekerja berjam-jam dengan peralatan pelindung pribadi - termasuk masker N95, pelindung wajah dan baju medis serta sarung tangan - mungkin juga telah meningkatkan kemungkinan penyimpangan dalam langkah-langkah pengendalian infeksi.

"Saya sendiri kesulitan ... Mengenakan tutup kepala penuh tanpa istirahat sangat menantang," katanya. "Oleh karena itu, implementasi dan kepraktisan menjadi perhatian besar."

Semua ahli menekankan pentingnya vaksinasi dalam membantu menjaga kasus tetap ringan dan cluster terkendali.

"Saya percaya wabah di garis depan bandara pekerja akan menjadi lebih besar, jika bukan karena fakta bahwa banyak dari pekerja ini telah divaksinasi," ucap Teo Yik Ying.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.