Sukses

Cara Menggunting Rambut Keriting supaya Menghasilkan Gaya Airy Bob

Berbeda dengan rambut lurus dan bergelombang, gaya airy bob pada rambut keriting bisa membuatnya terlalu megar.

Liputan6.com, Jakarta - Berkaca pada pengurangan frekuensi kunjungan ke salon selama pandemi COVID-19, Art Director Hairbeat Beauty Lounge, Diana Hadisuwarno, mencatat bahwa karakter gaya rambut pada tahun 2021 lebih effortless dan ringan.

"Klien tidak banyak waktu untuk blow ke salon. Jadi, lebih mengutamakan wash and go look," tuturnya dalam kelas virtual kedua Pitstop Virtual Learning CBD Hair Institute bertajuk "Violette Blust," Selasa, 23 Maret 2021.

Mendukung gagasan tersebut, Diana mengatakan bahwa potongan rambut airy bob sangat cocok. Inti guntingan rambut ini, yakni teknik disconnection yang memberi potongan bob dengan kesan lebih ringan.

"Jadi, dipendekinnya sedikit-sedikit. Dilihat lagi, potong lagi, begitu terus sampai nemu yang pas. Jangan langsung dipotong sekaligus," imbuh Diana. Sementara rambut lulus dan bergelombang masih cukup mudah dibentuk dengan potongan demikian, tapi beda kasus pada rambut keriting.

Membuatnya tidak terlalu megar setelah selesai dipotong, Diana menyarankan teknik disconneting sesuai inti gaya rambut tersebut. "Dalam (rambut) pendek, dan luarnya panjang. Kalau potongannya continue, itu juga bikin megar. Kemudian, bagian atasnya jangan terlalu pendek. Ambil batas (pendek) maksimal di bawah telinga," ucapnya.

Kemudian, jangan terlalu ditipiskan karena "rambut keriting butuh berat untuk membuatnya tidak megar." "Itu juga berlaku buat yang rambutnya keriting banget," kata Diana, menambahkan bahwa sebaiknya penarikan saat cutting jangan terlalu kuat.

Kendati, ia tetap merekomendasikan untuk melakukan texturizing yang dimulai dari rambut bagian bawah. "Pakai teknik dry cut supaya potongan rambut bob jadi benar-benar ringan," Diana menjelaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pewarnaan Rambut

Menciptakan gaya rambut violette blust, Diana memadukan potongan rambut airy bob dengan sentuhan warna ungu. "Ungu itu warna yang melambangkan keanggunan, mewah, dan selalu fashionable. Makanya jadi favorit masyarakat Indonesia," ucapnya.

Dalam pengaplikasiannya, Diana memilih metode shadow root. Karena memilih warna terang seperti ungu harus melakukan full bleaching, teknik tersebut membuat antara akar rambut dan bagian yang telah di-bleaching jadi tidak "terlalu patah" saat rambut tumbuh.

"Warna lebih gelap di dekat akar rambut juga bisa bikin skin tone seseorang tidak terlalu pucat untuk warna-warna (rambut) seperti itu," imbuhnya. Karena sudah mengandalkan full bleaching, ada dua hal yang mesti diperhatikan.

Pertama, hairdresser harus pakai teknik yang tepat untuk menjaga kondisi rambut. Pun dengan penggunaan developer, cara mengoles, waktu, dan analisa awal. "Kemudian, harus ada edukasi ke klien. Setelah di-bleaching mesti ada komitmen merawat rambut di rumah dengan pakai sampo, conditioner, dan masker khusus untuk rambut yang sudah di-bleeching," imbuhnya.

Tahap demi tahap gaya violette blust secara keseluruhan nantinya akan melengkapi materi edukasi di laman cbd-professional.com yang akan dirilis pada akhir Maret 2021, dan bisa ditonton berulang kali.

3 dari 3 halaman

3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.