Sukses

Ternyata Pijatan dan 8 Bahan Alami Ini Berkhasiat Menumbuhkan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota terindah yang berharga dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Karena itu sangat normal bila setiap wanita selalu merawat rambutnya, terlebih ingin rambutnya segera panjang kembali agar tampak feminim dan cantik.

Sayangnya, cara menumbuhkan rambut dengan cepat bukan perkara mudah. Kamu memerlukan perawatan khusus dan kontinu. Dikutip dari healthline.com, berikut ini adalah beberapa cara dan bahan alami untuk membantu merangsang pertumbuhan dan mempercantik rambut.

1. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat membantu memulihkan pertumbuhan rambut. Kamu dapat melakukannya bersamaan dengan minyak rambut maupun masker. Ini merangsang kulit kepala dan dapat meningkatkan ketebalan rambut. 

Meluangkan waktu untuk memijat kulit kepala setiap hari juga dapat membantu kamu meredakan stres dan ketegangan. Kekuatan peregangan selama pijatan diperkirakan mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut.

2. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati rambut rontok. Bahan alami ini juga menenangkan kulit kepala dan merawat rambut. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi ketombe dan membuka penghalang folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih. 

Karena manfaat itu, tak heran kalau banyak produk shampo dan kondisioner yang memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan rambut. Bahkan, ekstrak Aloe Vera pada shampo mengandung enzim, mineral, asam amino, dan polisakarida yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi hitam dan subur.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah kamu keramas, tergantung pada jenis rambut kamu. 

4. Minyak ikan

Mengkonsumsi asam lemak omega dapat membantu memperbaiki rambut kamu dari dalam, karena mengandung nutrisi dan protein. Memakan minyak ikan dengan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Ini juga mengurangi rambut rontok. Selain itu, asam lemak omega membantu sel-sel kamu bekerja dengan benar dan dapat meningkatkan kekebalan, sehingga menghasilkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. 

2 dari 2 halaman

Gingseng - Lemon

5. Ginseng

Ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menstimulasi folikel rambut. Senyawa yang tergandung dalam ginging adalah terpenoid glycosides atau ginsenosida yang berfungsi sebagai zat penguat ekstra untuk akar rambut. senyawa anti bakteri dalam ginseng yang berfungsi buat mencegah timbulnya ketombe yang berlebihan karena kotoran dan bakteri.

6. Jus bawang merah

Jika kamu bisa mengatasi bau jus bawang merah, kamu mungkin menemukan bahwa manfaatnya sepadan. Jus bawang merah telah terbukti berhasil mengobati Alopecia areata (kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun). Selain itu, jus bawang juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi akar rambut. 

7. Minyak rosemary

Rosemary adalah salah satu minyak esensial pertama yang dipilih orang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak rosemary merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati masalah kerontokan rambut.

8. Minyak geranium

Minyak geranium dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi akar rambut. Selain itu, minyak geranium juga dapat membantu memperkuat, melembabkan, dan memulihkan rambut kamu.

9. Lemon

Lemon tentu termasuk bahan alami untuk mengatasi rambut rontok karena dapat dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Mama bisa menggunakan jus lemon segar atau minyak lemon untuk melakukan perawatannya.

Jika kamu ingin memperbaiki rambut, buatlah rencana dan jalankan secara konsisten. Tetap positif dan lakukan yang terbaik untuk mempertahankan gaya hidup sehat yang akan melengkapi rencana perawatan rambut kamu.

 

(*)