Sukses

Darjeeling, Spesialis Aroma Terapi untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta -  Di masa pandemi ini cukup banyak beredar produk-produk kesehatan. Salah satunya dilincurkan oleh PT Darjeeling Sembrani Aroma. Mereka mengeluarkan produk kesehatan yaitu essential oil Darjeeling.  Produk-produk Darjeeling ini aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami, seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian.

Owner sekaligus Dirut PT Darjeeling Sembrani Aroma, Ratu Shofura Maryam menjelaskan selama mengikuti instruksi pemakaian, produk essential oil dari Darjeeling aman untuk digunakan bahkan jenis carrier oil juga dapat dikonsumsi.

"Namun penggunaan essential oil perlu dikombinasikan dengan carrier oil sebelum diaplikasikan ke kulit karena essential oil bersifat konsentrat. Selain dari itu, untuk penggunaan aroma terapi atau diffuser juga aman digunakan," ujar Ratu baru-baru ini.

Saat ini PT Darjeeling Sembrani Aroma telah merilis beberapa produk seperti essential oil, carrier oil, frankinsence, kayu gaharu dan beberapa jenis minyak wangi. Untuk lebih lengkapnya dapat bisa lihat di website Darjeeling Sembrani Aroma. Semua produk tersebut minim efek samping dalam pemakaiannya karena semua terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian.

Namun, efek samping bisa saja tetap terjadi terutama bagi pengguna yang memiliki riwayat alergi terhadap biji-bijian. Sebab itu, tidak semua produk Darjeeling cocok dengan semua jenis kulit, karena carrier oil mengandung bahan dari biji-bijian yang dapat memicu alergi terhadap pengguna yang memiliki riwayat alergi terhadap biji-bijian atau kacang.

"Tapi yang mengandung unsur biji-bijian hanya produk-produk tertentu saja, tidak semuanya," jelas Ratu yang suka travelling. Beberapa produk Darjeeling justru aman untuk kulit bayi termasuk carrier oil dan essential oil yaitu virgin coconut oil, jojoba olive oil, essential oil seperti Bulgarian lavender, blood orange, citrus, grapefruit, lime, mandarin, roman chamomile, dan jerman chamomile.

Disebutkan, essential oil memiliki manfaat yang berbeda, salah satunya yakni manfaat menenangkan, menambah nafsu makan, membantu tidur, dan lainnya. Khusus carrier oil, selain untuk kulit juga bisa dikonsumsi dan digunakan sebagai pelembab dan serum. Penggunaan produk Darjeeling dapat meminimalisir chemical impact (pengaruh bahan kimia), dan lebih aman digunakan dibandingkan produk yang mengandung bahan-bahan kimia.

"Prinsipnya produk Darjeeling ini lahir karena dorongan ingin kembali ke alam. Darjeeling juga punya visi untuk membawa kesenangan dan kekuatan healing dari essential oil dan aromatherapy ke setiap rumah di Indonesia," ungkap Ratu.

Proses Pembuatan

Dalam pembuatannya, produk Darjeeling seperti essential oil diproses dengan metode pembuatan steam distillation yaitu distilasi uap yang menghasilkan essential oil dan hydrosol. Hydrosol dapat digunakan sebagai toner atau pengganti rose water pada masker. Proses pembuatan produk Darjeeling sepenuhnya mendukung dari sisi sustainability (keramahan) lingkungan contohnya dengan tidak menggunakan plastik/merkuri.

"Seperti halnya filosofi Darjeeling yaitu “origins” yang artinya menjual produk yang diketahui darimana asalnya," terang Ratu. Jangka waktu ideal penggunaan produk paling singkat dua tahun, karena tidak memakai pengawet. Akan tetapi apabila disimpan dengan baik, ditutup rapat dan tidak terpapar sinar matahari langsung dapat bertahan sampai lebih dari dua tahun.

Semua produk Darjeeling sudah melalui tahap uji laboratorium. Untuk essential oil uji laboratorium dilakukan di India dan hasilnya GC analysis sebagai standar globalnya. Selama di bawah standar global tidak akan dijual. Sementara untuk carrier oil dilakukan FAME test untuk menguji fatty acid di laboratorium UGM.

Awal Berdiri

PT Darjeeling Sembrani Aroma awalnya berdiri ketika Owner sekaligus Dirut PT Darjeeling Sembrani Aroma, Ratu, yang suka travelling pada 2017 datang ke India menemui putri kerajaan di Istana dan ditunjukkan bermacam essential oil yang kemudian 10 jenis produk diantaranya dibawa pulang ke Indonesia.

Sedangkan supplier produk Darjeeling sendiri berasal dari 14 negara yang berbeda. Kehadiran produk Darjeeling yang masih setingkat industri menengah mendapat sambutan pasar yang positif.

"Jadi yang awalnya kita fokus pada essential oil karena dilihat prospektif bagi perusahaan, Darjeeling kemudian mulai membuat offline store, website, dan lainnya dengan tujuan ingin membawa manfaat essential oil yang bagus," imbuh Ratu.

Produk Darjeeling dijual dengan harga mulai dari Rp 16.500. Untuk produk best seller-nya eucalyptus oil 5 ml dihargai Rp 16.500. Ini sesuai dengan misi PT Darjeeling Sembrani Aroma untuk memberikan produk aroma terapi terbaik dari seluruh dunia dengan harga yang terjangkau.