Sukses

5 Ide Sarapan untuk Maksimalkan Penurunan Berat Badan

Anda tengah meenurunkan berat badan? Untuk memaksimalkannya, Anda dapat mengintip rekomendasi sarapannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga, menjalani hidup sehat, hingga menjaga pola makan jadi sederet upaya yang dapat Anda tempuh untuk menurunkan berat badan. Namun tak sedikit yang memilih untuk diet ekstrem yang ternyata tak hanya dapat menghilangkan nutrisi, tapi memiliki efek samping lainnya.

Dilansir dari laman Times of India, Senin, 1 Februari 2021, menurunkan berat badan dengan diet ekstrem dapat menyebabkan kelelahan hingga kantung mata. Maka, sarapan jadi makanan penting dalam perubahan sederhana untuk memaksimalkan penurunan berat badan.

Ada beberapa ide sarapan bagi Anda yang ingin memaksimalkan penurunan berat badan. Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Salmon dan alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan sumber serat yang sangat baik. Setengah buah alpukat mengandung 25 persen dari nilai serat harian yang direkomendasikan.

Sebuah penelitian menemukan saat orang makan setengah buah alpukat untuk makan siang, keinginan mereka untuk makan berkurang hingga 40 persen dalam tiga jam berikutnya. Menggabungkan alpukat dengan beberapa salmon kaya protein membuat makanan yang sehat yang membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Yogurt dan berries

Yoghurt dan berries menghasilkan kombinasi yang sama sehatnya. Yogurt dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah, berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil dan lemak tubuh yang lebih rendah.

Berries adalah tambahan yang bagus untuk yogurt karena kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid yang menurut penelitian terkait dengan manajemen berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Telur dan sambal

Telur dapat diolah jadi beragam santapan. Paduan telur dengan sampal dapat mengurangi nafsu makan dan membantu membakar lebih banyak kalori, kata para peneliti dari Universitas Purdue.

Senyawa capsaicin yang ditemukan dalam cabai, merangsang penurunan berat badan pada tingkat molekuler dengan mengubah protein utama yang ditemukan dalam lemak. Saus pedas mengandung capsaicin, yang meningkatkan laju metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

4. Selai kacang dan oat

Oat jadi salah satu pilihan sarapan paling favorit banyak orang. Menambahkan satu atau dua sendok mentega kacang ke dalam oat dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Oat kaya serat dan memasukkan selai kacang menambah protein dan lemak sehat ke dalamnya dan membuat makanan yang mengenyangkan.

3 dari 4 halaman

5. Bubuk protein dan buah beku

Bubuk protein ketika dipasangkan dengan buah-buahan beku dapat memaksimalkan penurunan berat badan Anda. Meningkatkan asupan protein dalam makanan Anda dengan mengurangi asupan karbohidrat olahan dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan manfaat metabolisme.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.