Sukses

Desainer Alexander Wang Bantah Tuduhan Lakukan Pelecehan Seksual

Desainer Alexander Wang menyebut bahwa tuduhan pelecehan seksual itu sama sekali tak mendasar.

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan ini, akun Instagram S Model Management (SMM) dan Diet Prada masing-masing membagikan unggahan berupa tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan desainer kenamaan, Alexander Wang. Konten itu sendiri berupa kumpulan keterangan diduga korban pelecehan seksual yang dilakukan perancang busana 37 tahun tersebut.

Sempat diam, pada Kamis 31 Desember, Wang menanggapi klaim tersebut dan rentetan kritik yang dihadapi secara daring. Ia membantah dengan mengatakan telah menerima tuduhan pelecehan seksual yang sangat tak mendasar. Terlebih, tudingan itu jadi semakin besar setelah diunggah akun dengan jumlah pengikut yang banyak.

"Klaim ini telah dibesar-besarkan secara keliru oleh akun media sosial yang terkenal karena mengunggah materi berisikan fitnah dari sumber dirahasiakan atau anonim tanpa bukti maupun cek fakta," begitu keterangan perwakilan Wang seperti dilansir dari Insider, Sabtu (2/1/2021).

"Melihat kebohongan tentang saya yang dikemas seolah sebagai kebenaran sangat menyebalkan. Saya tak pernah berperilaku mengerikan seperti yang diceritakan dan tak akan melakukan seperti yang dituduhkan," sambungnya.

Selain itu, Wang juga meminta pertanggungjawaban dari siapa pun yang menyebarkan tuduhan pelecehan seksual secara daring.

Sebelumnya, Nick Ward menulis melalui akun Twitter-nya, di mana ia mengaku pernah jadi korban pelecehan desainer tersebut di sebuah kelab di Brooklyn, New York, pada 2017. "Saat ia (Wang) lewat, ia mengayunkan, memegang saya, dan terus berjalan," kata Ward dalam cuitannya.

Ward juga menjelaskan bahwa malam itu, sang desainer bersama teman-temannya berjalan begitu cepat dengan melakukan hal tak wajar terhadapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Diduga Korban Lain

Kemudian, model pria bernama Owen Mooney juga mengaku jadi salah satu korban pelecehan seksual Alexander Wang. Kejadian ini diceritakan lewat video yang diunggah ke akun media sosial.

Pengakuan ini jadi viral setelah dibagikan kembali oleh media sosial Shit Model Management (SMM) dan akun "pengawas mode" Diet Prada, di mana masing-masing punya 230 ribu dan 2,4 juta pengikut.

Mooney merinci pertemuan dengan Wang di sebuah klub di New York, Amerika Serikat, pada 2017. Ia mengklaim, mantan direktur kreatif Balenciaga ini melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

New York Times menuliskan, dalam pertemuan itu, Wang meraba tubuh Mooney. Ia pun kaget dan merasa tak nyaman mendapat perlakuan tersebut. 

Mooney mendorong "korban" lain untuk berbagi cerita serupa soal apa yang dilakukan Wang. Cerita yang dibagikan SMM pun kebanjiran balasan dari diduga para korban mengenai pengalaman bersama Wang.

Pada 2019 lalu, rapper Azelia Banks juga pernah membagikan tuduhan anonim terhadap Wang dalam unggahan Instagram Stories.

Wang kini jadi salah satu dari banyak figur di dunia mode yang dituduh melakukan pelecehan seksual karena meningkatnya keberanian korban untuk bicara seiring bergejolaknya gerakan #MeToo di media sosial. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Waspadai Eksploitasi Seksual Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.