Sukses

Desa di Italia Tawarkan Bayaran Besar bagi Pemuda yang Ingin Jadi Penduduk

Program ini bertujuan memungkinkan penduduk desa di Italia tersebut bisa melanjutkan hidup.

Liputan6.com, Jakarta -  Desa di Italia kembali memberi penawaran menarik. Setelah Desa Teora yang akan membayar mereka yang bersedia tinggal di sana, kini desa lain di Italia juga menawarkan hal yang sama. Desa ini bahkan menawarkan insentif cukup besar yaitu 52.022 dolar AS atau sekitar Rp761 juta bagi penduduk yang tinggal di sana.

Dilansir dari laman Fox News, Rabu, 4 November 2020, desa kecil bernama Santo Stefano di Sessanio ini sedang mencari penduduk yang ingin tinggal dan menetap di sana. Tujuannya hampir sama dengan desa-desa lainnya yang memberikan insentif yaitu agar ada lebih banyak orang yang mau tinggal dan bekerja di desa tersebut.

Santo Stefano di Sessanio merupakan desa di selatan Italia yang berjarak sekitar dua jam dari Roma, ibu kota Italia. Meski punya pemandangan yang indah, desa yang dihuni hanya 115 orang ini ternyata didera dengan masalah, di mana proses regenerasi penduduknya tidak berjalan baik.

Desa itu lebih banyak dihuni penduduk yang sudah memasuki usia senja, tak sebanding dengan penduduk berusia muda. Lebih dari setengah penduduk adalah pensiunan, sementara jumlah anak-anak berusia di bawah 13 tahun di sana tidak sampai 20 orang.

Akibat krisis tersebut, Santo Stefano di Sessanio akhirnya menawarkan insentif menarik bagi mereka, khususnya para pemuda yang ingin menetap dan membuka usaha di sana. Anda yang berusia mulai dari 18-40 tahun dipersilakan untuk mendaftarkan jadi penduduk di sana.

Siapa pun bisa melamar, bahkan mereka yang sudah tinggal di Italia dan seluruh Eropa. Namun, mereka yang pindah harus siap tinggal di Santo Stefano setidaknya selama lima tahun dan menjalankan usaha.

Mereka yang bersedia tinggal akan diberikan penawaran, termasuk tunjangan yang diberikan selama tiga tahun pertama. Jumlah tunjangan yang diberikan per tahunnya adalah 9.500 dolar AS atau Rp138 juta.

Bukan itu saja, Desa Santo Stefano juga akan memberikan hibah sebesar 18 ribu Euro atau sekitar Rp306 juta. Hibah ini diberikan kepada mereka yang membangun usaha yang dapat membantu desa tersebut, seperti usaha makanan atau jasa.

Wali Kota Fabio Santavicca mengatakan, program ini berbeda dengan program rumah 1 euro yang diiklankan di Italia. Program untuk desa ini bertujuan memungkinkan penduduk desa di sana melanjutkan hidup. "Kami tidak menjual apa pun untuk siapa pun. Ini bukan masalah bisnis," ujar Santavicca, seperti dilansir dari The Sun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran Ditutup 15 November 2020

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 1.500 pendaftar. Sebagian besar dari mereka merupakan pasangan-pasangan muda. Pendaftaran untuk program ini sudah dibuka sejak awal Oktober dan akan ditutup pada 15 November 2020. Program seperti ini memang sudah beberapa kali diadakan di Italia.

Pada tahun lalu misalnya, ada tawaran untuk tinggal di desa-desa mereka di wilayah Molise. Tawaran itu diberikan karena wilayah di sebelah timur Roma yang indah tersebut kini terabaikan.  Otoritas Italia telah mengumumkan akan membayar sebesar 27 ribu dolar AS atau sekitar Rp379 juta bagi siapa saja yang mau tinggal di antara 106 desa yang kekurangan penduduk.

Mereka mengupayakan agar desa-desa tersebut kembali hidup.Siapa pun yang menerima tawaran itu akan menerima 700 Euro per bulannya selama kurang lebih tiga tahun, demi membantu mereka untuk bisa hidup di daerah yang diselimuti padang rumput, kebun zaitun atau puncak bersalju tersebut.

Mereka yang menerima tawaran tersebut harus berkomitmen untuk memulai bisnis kecil, dan berkontribusi pada ekonomi lokal. Alasan utama diadakannya program tersebut adalah ribuan orang telah meninggalkan Molise dalam beberapa tahun terakhir.

Statistik resmi mengatakan jumlah orang yang tinggal di sana telah turun hampir 9.000 sejak 2014, mendorong populasi wilayah itu menjadi hanya 305.000. Ada 106 dari 136 desa di wilayah Italia ini memiliki kurang dari 2.000 penduduk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.