Sukses

Sosok Biker Wanita Berhijab Keliling India dengan Motor Besar

Liputan6.com, Jakarta Tiap wanita berhak mengekspresikan dirinya sendiri, meski dilakukan dengan cara yang tak biasa. Hal ini pun dilakukan oleh seorang wanita berhijab asal India bernama Roshni Misbah. Ia adalah seorang biker (pengendara motor) wanita yang gemar naik motor besar mengelilingi India.

Roshni membuktikan kalau pengendara motor besar tak selalu identik dengan pria. Wanita pun bisa melakukannya. Dilansir dari laman News18, Kamis, 29 Oktober 2020, wanita berusia 23 tahun ini merupakan seorang marga Punjabi beragama Islam yang sedang menempuh pendidikan jurusan Arab dan Studi Islam di Jamia Millia Islamia New Delhi, India.

Misbah sangat menyukai dunia otomotif, terutama motor, hingga ia sering dijuluki Hijabi Biker of New Delhi. Ia bahkan dikenal oleh penduduk New Delhi karena sering berkeliling kota mengendarai Honda CBR 250 cc miliknya. Meski berhijab, hal itu tak menghalagi kegiatannya untuk berkelilng naik motor besar.

Dalam akun Instagramnya yang punya lebih dari 154 ribu penggemar, Misbah mengklaim kalau dirinya adalah satu-satunya wanita India yang memiliki sepeda motor tercepat. Kecintaannya pada sepeda motor dimulai saat masih di bangku SMP setelah belajar naik motor teman dan ayahnya. 

"Beda dengan wanita lainnya, aku ingin naik motor daripada skuter.  Aku selalu berminat pada sepeda motor terutama motor besar dan ini saat yang tepat untuk menjalankannya," ucap Misbah seperti dikutip dari Hindustan Times.

Misbah termasuk sering mengelilingi India. Kalau ditotal, biker berhijab ini sudah berkeliling ke berbagai kota di India dengan menempuh jarak 24 ribu kilometer dengan 60 jenis motor berbeda. Bukan itu saja, Misbah juga aktif dalam grup Bikerni, komunitas untuk pengendara motor wanita yang berbasis di New Delhi.

Meski termasuk seorang influencer yang populer, hal tersebut tak menghalanginya untuk berkumpul atau sekadar menyapa para penggemar atau pengikutnya saat naik motor besar dan bertemu di jalanan. Begitu pula di kampusnya, ia kerap mendapat pujian dari teman-temannya dan bahkan sering minta diajarkan cara mengendarai motor.

Misbah yang terkenal dengan ciri khas celana jeans, jaket rider dan pashmina ini mengatakan masih akan terus mengelilingi India bersama dengan sepeda motornya.

2 dari 3 halaman

Kuliah S3 dan Bisnis Keluarga

Namun saat sedang tidak berkeliling dengan motornya, Misbah memilih untuk menyiapkan kuliah S3 nya di bidang budaya Arab sekaligus membantu bisnis keluarga yang dirintis ayahnya.

Meski punya hobi yang identik dengan kaum pria, Misbah tetap tampil modis dan memikat. Ia bahkan sering menyesuaikan warna motor yang dikendarainya dengan pakaiannya. Saat mengendarai sebuah motor besar berwarna abu-abu, ia terlihat mengenakan blus tangan panjang berwarna biru muda dan celana jeans biru, hitam berwarna hitam serta sepati dan helm yang juga berwarna senada.

Tak hanya di India, di Indonesia juga ada biker berhijab. Salah satunya adalah Dian Ayu, seorang selebritas dan mantan pembawa berita. Sebelum dan sesudah memutuskan memakai hijab, Dian memang suka mengendarai motor besar.

Istri dari presenter Ananda Omesh ini pun kerap membagikan foto dirinya sedang naik motor besar di media sosial. Namun berbeda dengan Roshni Misbah, wanita yang akrab disapa Ayu ini tidak berkeliling ke berbagai daerah dengan motor besar. Persamaannya, Ayu dan Misbah sama-sama tetap tampil modis meski menyukai motor besar.

Seperti dalam sebuah foto yang diunggah di akun Instagramnya, beberapa bulan lalu, Ayu terlihat berpose di atas motor gede berwarna putih. Ia memakai atasan berwarna hitam serta blus lengan panjang bermotif stripe sebagai innernya, celana hitam dan hijab yang juga berwarna hitam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: