Sukses

Resep Oyakadon ala Chef Kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Japan Online Festival 2020 telah berlangsung pada Sabtu, 10 Oktober 2020 dengan berbagai agenda. Di salah satu sesinya memuat chef kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Chef Hori Ikuo, berbagi resep Washoku atau makanan tradisional Jepang, yakni oyakadon.

"Oyakadon berasal dari kata oyaku yang berarti anak dan orangtua. Diibaratkan orangtua makan pakai daging ayam, sementara anak melahap telur," katanya menjelaskan. Karenanya, dua bahan tersebut jadi bahan utama dalam pembuatan comfort food ala Negeri Matahari Terbit tersebut.

Bahan-bahan dan langkah pembuatannya cukup mudah disontek. Maka dari itu, bukan tak mungkin Anda mempraktikan resep oyakadon berikut di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat oyakadon: (porsi empat orang)

2 potong daging paha atas

1/2 buah bawang bombai, potong memanjang

2 batang daun bawang, potong tipis menyerong

8 butir telur

Secukupnya nasi hangat

Bahan kuah:

300 cc air matang

40 gram madu

20 gram gula

60 cc soyu kental

 

 

 

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan

 

Langkah 1

Pukul ringan daging ayam dengan bagian bawah pisau supaya uratnya lebih halus. Potong seukuran gigitan. Tiriskan.

Langkah 2

Masukkan air, gula, madu, dan soyu ke dalam panci. Hidupkan kompor.

Langkah 3

Tambahkan bawang bombai dan potongan ayam. Pakai api normal sampai mendidih, lalu kecilkan untuk mengurangi buih. Matikan kompor, dan tiriskan.

Langkah 4

Siapkan teflon. Bagi porsi untuk satu orang dengan memasukkan 2--3 sdm kuah beserta isinya. Kocok dua buah telur (jangan sampai menyatu sepenuhnya) dan tuangkan dua per tiganya. Goyang penggorengan supaya tak lengket.

Langkah 5

Saat telur sudah setengah matang, masukkan sisanya. Goyang lagi penggorengannya supaya sajian tak lengket. Masukkan irisan daun bawang. Angkat dan tuangkan ke nasi hangat. Bila mau, bisa tambahkan lagi irisan daun bawang sebagai pemanis.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: